Bagi kaum wanita make up merupakan hal yang menyenangkan
Untuk menghindari Anda dari bahaya make up, selalu gunakan aplikator atau kuas baru saat mencoba make up di toko.

Make up merupakan hal yang sangat disukai oleh wanita. Efek yang instan untuk mengubah tampilan wajah seseorang menjadi lebih menarik. Penggunaan make up tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi, selain manfaatnya yang dapat mempercantik tampilan, ternyata ada bahaya make up atau kosmetik yang belum banyak diketahui oleh orang banyak. Untuk terhindar dari bahaya tersebut, berikut adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya.

1. Jangan Memakai Make Up Sambil Mengemudi

Saat sedang diburu oleh waktu, terkadang banyak wanita yang baru sempat berdandan ketika berada di dalam kendaraan. Sela-sela waktu kemacetan dimanfaatkan untuk merias diri. Tetapi, hal ini justru membahayakan diri Anda.

Jika terjadi benturan atau tabrakan ketika Anda sedang menggunakan pensil alis, misalnya, maka risikonya mata Anda akan cedera.

2. Jangan Pernah Berbagi Make Up

Selalu gunakan spons baru saat mencoba produk di toko-toko kecantikan. 

3. Jaga Make Up Tetap Tertutup Rapat Saat Tidak Digunakan

Untuk menghindari bakteri yang mungkin bersarang pada make up, selalu pastikan wadahnya tertutup rapat saat tidak digunakan.

4. Jauhkan Make Up dari Matahari dan Panas

Cahaya matahari dan panas dapat membunuh pengawet di dalam make up yang membantu melawan bakteri. Jangan menyimpan make up di mobil yang panas untuk waktu lama.

Untuk menghindari bahaya make up ini, pastikan tempat penyimpanan make up di rumah aman dari matahari dan panas yang dapat merusak kandungan dalam make up.

5. Jangan Menggunakan Kosmetik Jika Anda Mengalami Iritasi Mata

Saat Anda mengalami infeksi mata seperti mata merah atau bintitan, pastikan Anda tidak menggunakan make up sementara waktu. Periksa juga tanggal kedaluwarsa pada kosmetik yang Anda gunakan.

Siapa tahu, sudah waktunya bagi Anda untuk membuang alat make up tersebut. Produk make up yang kedaluwarsa sangat berbahaya bagi Anda.

6. Jangan Pernah Menambahkan Cairan ke Produk

Pastikan Anda tidak menambahkan kandungan apa pun ke dalam produk make up yang Anda miliki, termasuk cairan, kecuali memang ada keterangan pada label yang memberi tahu Anda untuk melakukannya.

7. Buang Make Up jika Warnanya Berubah atau Mulai Berbau

Meski mungkin belum kedaluwarsa, Anda juga perlu membuang make up yang sudah mengalami perubahan warna atau mulai berbau. Hal tersebut merupakan tanda bahwa make up Anda terkontaminasi bakteri atau mengalami perubahan kandungan bahan.

8. Hati-hati Menggunakan Hairspray

Jangan pernah menggunakan hairspray atau semprotan aerosol dekat panas atau saat merokok karena akan mudah terbakar serta membahayakan Anda. 

9. Jangan Menghirup Semprotan Rambut atau Bedak

Bahaya make up lainnya yang perlu Anda waspadai adalah kerusakan paru-paru. Kerusakan ini bisa terjadi jika Anda secara sengaja menghirup semprotan rambut atau bedak.

10. Laporkan Make Up yang Dicurigai Berbahaya

Jika Anda mendapati make up yang ternyata dapat membahayakan, laporkan kepada pihak terkait agar bisa diusut dan menjauhkan orang lain dari bahaya tersebut.

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/how-can-i-protect-myself-against-dangers-cosmetics
Diakses pada Februari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed