Mengenal Manfaat Jus Wortel yang Baik untuk Kesehatan

(0)
25 Nov 2019|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat jus wortel untuk kesehatanJus wortel mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh
Wortel dikenal sebagai sayuran yang kaya akan vitamin A sehingga baik untuk kesehatan mata. Tak hanya dimakan langsung, wortel juga seringkali diolah menjadi jus yang menyegarkan.Kandungan nutrisi yang terkandung dalam jus wortel pun begitu melimpah. Sehingga, sayuran ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Mari mengenal lebih jauh seputar manfaat jus wortel.

Nutrisi yang terkandung dalam jus wortel 

Wortel adalah sayuran berwarna oranye dengan rasa yang khas. Sayuran ini seringkali dicampurkan dengan buah atau sayuran lain untuk dijadikan jus. Satu gelas jus wortel mengandung berbagai nutrisi berikut:
  • 94 kalori
  • 21,9 gram karbohidrat
  • 1,89 gram serat
  • 2,24 gram protein
  • 0,35 gram lemak
  • 2,256 mcg vitamin A
  • 0,217 mg tiamin atau vitamin B-1
  • 0,512 mg vitamin B-6
  • 20,1 mg vitamin C
  • 36,6 mg vitamin K
  • 689 mg kalium.
Untuk merasakan manfaatnya, Anda dapat membeli jus wortel atau membuatnya sendiri di rumah. Jika Anda memutuskan untuk membuat sendiri, Anda dapat mengontrol gula yang ingin ditambahkan ataupun tidak memakai gula sama sekali. Selain itu, Anda juga dapat mencampur jus wortel dengan buah atau sayur lain sesuai keinginan Anda. Untuk membuat jus wortel yang sehat, pilihlah wortel yang segar dari petani lokal, pasar, ataupun supermarket.

Manfaat jus wortel untuk kesehatan

Minum jus wortel menjadi cara yang paling mudah untuk mengonsumsi wortel, jika Anda tidak suka memakannya secara langsung. Berikut manfaat jus wortel yang perlu Anda ketahui:
  • Memperkuat penglihatan

Jus wortel adalah sumber vitamin A yang baik, dan merupakan salah satu antioksidan beta karoten paling kuat. Vitamin A yang terdapat dalam jus wortel dapat membantu menguatkan penglihatan dan melindungi permukaan mata.Selain itu, kandungan lutein dalam wortel dapat melindungi mata dari kerusakan akibat cahaya. Jus wortel bahkan juga mampu menangkal berbagai jenis gangguan mata, seperti degenerasi makula, katarak, dan kebutaan.
  • Meningkatkan metabolisme

Jus wortel dapat meningkatkan sekresi empedu. Hal ini membuat metabolisme tubuh turut meningkat sehingga tubuh mengubah makanan menjadi energi dengan cepat. Tak hanya itu, jus wortel juga adalah minuman yang rendah kalori dan mengenyangkan sehingga dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Minum jus wortel dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi, dan menjaga kesehatan fisik Anda karena kandungan vitamin C-nya. Selain itu, antioksidan dalam jus wortel juga bisa membantu melawan radikal bebas, kerusakan sel, dan peradangan.
  • Memperbaiki masalah kulit

Jika Anda memiliki masalah kulit, seperti ruam atau psoriasis, maka minum jus wortel dapat membantu memperbaiki penampilan kulit Anda. Vitamin C dalam wortel memiliki sifat menyembuhkan sehingga membantu kulit pulih lebih cepat dari luka atau trauma. Tak hanya itu, beta karoten dalam jus wortel juga mampu mengurangi peradangan kulit.
  • Menjaga kolesterol

Jus wortel juga dapat mengontrol kolesterol Anda. Sebagai sumber potasium yang baik, jus ini bisa membantu menjaga kadar kolesterol supaya tetap sehat. Memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.
  • Mengurangi risiko kanker

Antioksidan dalam jus wortel dapat membantu menghentikan kerusakan sel, serta memberi perlindungan terhadap berbagai jenis kanker sehingga mengurangi risiko Anda terkena kanker.Sebuah studi menunjukkan bahwa diet beta karoten dalam wortel dapat memberi perlindungan terhadap kanker prostat. 
  • Memperkuat fungsi otak

Menurut ahli, kandungan beta karoten dalam jus wortel mampu memperkuat fungsi otak dan meningkatkan daya ingat. Nutrisi ini bahkan juga mampu mengurangi risiko demensia dan masalah ingatan yang terkait dengan usia. 
  • Membantu kehamilan yang sehat

Minum jus wortel disarankan selama kehamilan karena kaya akan kalium, vitamin A, kalsium, folat, dan magnesium. Kalsium dapat membantu janin mengembangkan tulang yang kuat, sementara folat dapat mencegah cacat lahir. Selain itu, vitamin A dan C dalam jus wortel akan melindungi ibu dan janin dari radikal bebas, serta menurunkan risiko infeksi. Namun, sebaiknya minumlah jus wortel yang diolah tanpa pemanis buatan.
  • Membantu mencegah alzheimer

Polifenol yang terdapat dalam wortel juga berpotensi mencegah penyakit Alzheimer. Kandungannya dapat meningkatkan sekresi empedu, menurunkan kadar kolesterol dan lipid dalam darah, dan menunjukkan sifat antimikroba terhadap Staphylococcus aureusMeski memiliki banyak nutrisi dan manfaat yang baik, sebaiknya Anda hanya mengonsumsi jus wortel secukupnya. Asupan beta karoten yang berlebihan dari jus wortel dapat mengubah warna kulit menjadi kuning atau oranye. Oleh sebab itu, pastikan Anda tidak mengonsumsinya dengan berlebihan.
hidup sehatworteljus wortel
Healthline. https://www.healthline.com/health/carrot-juice-benefits#side-effects
Diakses pada 25 November 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320297.php#juicing-tips-and-recipes
Diakses pada 25 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait