Kenalan dengan Bungee Jumping, Olahraga Ekstrem Pemicu Adrenalin


Bungee jumping adalah olahraga ekstrem yang dilakukan dengan melompat dari ketinggian puluhan hingga ratusan meter di atas permukaan tanah menggunakan tali pengaman yang terbuat dari karet dan lateks.

(0)
02 Apr 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Bungee jumping adalah olahraga ekstremBungee jumping adalah olahraga melompat dari ketinggian puluhan meter menggunakan tali
Bungee jumping adalah olahraga yang dilakukan dengan melompat dari ketinggian puluhan meter di atas permukaan air. Dilengkapi dengan tali pengaman serta pendamping berpengalaman, aktivitas ekstrem ini sering diburu para pencinta adrenalin.Arti kata bungge adalah karet pada tali pengikat yang harus dipasang saat melakukan lompatan. Karena terbuat dari karet, saat orang yang melompat sudah mencapai titik terbawah atau dekat ke permukaan air, tubuhnya akan kembali sedikit tertarik ke atas. Hal ini akan menghindari menghantam permukaan air pada kepala.Di Indonesia, bungee jumping sudah cukup populer, hanya saja tidak banyak orang yang mendalaminya sebagai olahraga. Kebanyakan orang melakukannya sebagai bagian dari salah satu pilihan rekreasi.

Sejarah bungee jumping

Bungee jumping pertama kali dilakukan di atas pohon sebagai tradisi di Vanuatu
Bungee jumping pertama kali dilakukan menggunakan akar rambat pohon
Bungee jumping berasal dari sebuah upacara adat di kepulauan Ventacost, Vanuatu. Di sana, anak laki-laki yang sudah memasuki usia remaja (akil balig) harus melakukan sebuah ritual mengikat kakinya dengan akar rambat dan melompat dari ketinggian.Lalu pada akhir tahun 1970-an, olahraga ini mulai dikenal di benua Eropa saat ada beberapa orang mulai mencoba melompat dari jembatan dengan mengikatkan kaki mereka menggunakan sebuah tali.Selanjutnya, pada tahun 1980-an, lokasi lompat yang tadinya hanya di jembatan mulai bertambah, mulai dari gedung-gedung tinggi hingga menara Eiffel.

Alat yang digunakan untuk bungee jumping

Alat yang digunakan untuk bungee jumping terdiri dari tali pengaman
Tali bungee dan pengaman adalah perlengkapan utama dalam bungee jumping
Bungee jumping hanya boleh dilakukan bagi yang sudah berusia 16 tahun ke atas. Setiap tempat dengan fasilitas kegiatan ini biasanya sudah menyediakan semua peralatan yang diperlukan, sehingga Anda tidak perlu membawa apapun.Berikut ini peralatan yang digunakan saat bungee jumping untuk memastikan keamanan Anda.

• Tali bungee

Tali bungee adalah komponen utama dalam bungee jumping. Tali ini akan diikatkan ke pergelangan kaki dan dihubungkan ke sebuah tali lebih panjang menggunakan rantai sehingga kuat menopang berat badan.Tali bungee sendiri biasanya terbuat dari karet atau lateks yang fleksibel. Tali ini diganti secara berkala untuk memastikan kekuatan dan elastisitasnya tetap terjaga.

• Tali pengaman

Sabuk atau semacam tali pengaman akan dipasang di badan dan lagi-lagi di pergelangan kaki untuk memastikan Anda benar-benar aman saat melompat.

• Ekstra tali karet

Beberapa fasilitas bungee jumping juga menyediakan pengaman tambahan berupa ekstra tali karet.

Hal yang perlu diperhatikan saat bungee jumping

Setiap fasilitas memiliki peraturan spesifik tersendiri yang perlu diikuti. Petugas akan menjelaskan semuanya secara rinci saat Anda tiba di lokasi. Jika Anda takut melompat sendiri, beberapa tempat juga bisa memfasilitasi melompat secara berpasangan.Selama memilih bungee jumping di fasilitas yang terdaftar dan terdapat pendamping profesional, Anda tidak perlu latihan atau pengalaman untuk melakukan olahraga ekstrem ini.Beberapa hal lain yang biasanya perlu diperhatikan saat akan melakukan bungee jumping antara lain:
  • Tidak ada peraturan khusus untuk pakaian yang harus digunakan. Meski begitu, gaun dan sepatu hak tinggi biasanya tidak disarankan.
  • Sebaiknya jangan makan terlalu banyak sebelum melompat.
  • Saat melompat, simpan barang-barang berharga seperti ponsel dan dompet di tempat lain selain pakaian untuk menghindari kerusakan apabila tidak sengaja terjatuh dari pakaian.
  • Pastikan Anda mengikuti instruksi yang diberikan oleh petugas atau pendamping dengan baik.

Spot bungee jumping di Indonesia

Spot bungee jumping di Indonesia
Bungee jumping dari jembatan
Di Indonesia sudah terdapat beberapa spot bungee jumping yang bisa Anda datangi untuk memicu adrenalin, seperti berikut ini.

1. Jembatan Duwet, Yogyakarta

Jembatan yang terletak di kabutapen Kulon Progo ini merupakan salah satu spot bungee jumping yang bisa Anda coba. Ketinggian titik loncatnya adalah 60 meter dan di sekelilingnya terdapat pemandangan hijau dari Kali Progo yang siap menyambut.

2. Jembatan Gantung Lau Hulung, Deli Serdang

Ini adalah salah satu tempat tertinggi yang digunakan untuk bungee jumping di Indonesia Ketinggian titik lompatnya mencapai 120 meter.

3. Jalan Arjuna, Seminyak, Bali

Lokasi ini menawarkan salah satu fasilitas terlengkap untuk mencoba bungee jumping. Letaknya memang di atas menara, tapi Anda tidak perlu repot-repot menaiki tangga untuk bisa sampai ke atas, karena sudah ada lift yang tersedia.

4. Jembatan Rajamandala, Bandung

Terletak di desa Mandalawangi, Kabupaten Bandung Barat, spot bungee jumping ini menawarkan suasana yang asri. Jika Anda ingin memacu adrenalin, maka ini tempat yang dapat dipilih untuk didatangi.

5. Desa Blangsinga, Gianyar, Bali

Tempat bungee jumping yang satu ini adalah salah satu yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan. Di desa yang sama juga terdapat Air Terjun Tegenungan, sehingga Anda juga dapat menikmati kesegarannya sambil mencoba lompat dari ketinggian puluhan meter.Bungee jumping adalah olahraga ekstrem yang kini lebih banyak dijadikan sebagai wahana wisata. Meski terdengar menyeramkan, tapi dengan keamanan yang ada, olahraga ini sebenarnya bisa dilakukan oleh setiap orang, meski tanpa pengalaman sekalipun.
olahragatips olahraga
Universtias Atmajaya Yogyakarta. http://e-journal.uajy.ac.id/2061/2/1TA12086.pdf
Diakses pada 19 Maret 2021
Britannica. https://www.britannica.com/sports/bungee-jumping
Diakses pada 19 Maret 2021
Pegasus. https://www.flypgs.com/en/extreme-sports/bungee-jumping
Diakses pada 19 Maret 2021
Go Travelly. https://www.gotravelly.com/blog/bungee-jumping-di-indonesia/
Diakses pada 19 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait