7 Kemungkinan Penyebab Puting Masuk ke Dalam yang Patut Diwaspadai

(0)
08 Mar 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Puting masuk ke dalam dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi medis.Kondisi medis seperti mastitis hingga kanker payudara dapat menyebabkan puting masuk ke dalam.
Puting masuk ke dalam atau inverted nipple bisa terjadi pada salah satu atau kedua payudara wanita. Sebagian wanita dapat terlahir dengan kondisi ini. Dalam beberapa kasus, kondisi ini juga bisa terjadi akibat cedera. Namun, jika kondisi ini baru muncul saat sudah dewasa, bisa jadi ada kondisi medis tertentu yang menyebabkannya.Kenali berbagai penyebab dan tingkat keparahan kondisi puting masuk ke dalam yang sebaiknya mulai Anda waspadai.

Tingkat keparahan puting masuk ke dalam

Terdapat berbagai jenis dan tingkat keparahan dari kondisi puting masuk ke dalam, di antaranya:
  • Tingkat 1

Puting masuk ke dalam tingkat 1 dapat dengan mudah ditarik ke posisi semula dan terkadang juga bisa kembali ke posisi normalnya dengan rangsangan serta cuaca dingin. Wanita yang mengalami kondisi puting masuk ke dalam di tingkat 1 ini masih bisa menyusui.
  • Tingkat 2

Pada tingkat kedua, puting dapat ditarik ke posisi normalnya. Sayangnya, puting akan kembali masuk ke dalam dengan cepat. Wanita dengan kondisi ini akan berpotensi kesulitan menyusui.
  • Tingkat 3

Kondisi puting masuk ke dalam tingkat 3 dinilai yang paling parah karena puting tidak bisa ditarik sama sekali dan wanita yang mengalaminya tak bisa menyusui.

Penyebab puting masuk ke dalam

Puting masuk ke dalam dapat disebabkan oleh kondisi medis
Puting masuk ke dalam dapat disebabkan berbagai macam kondisi medis
Terdapat beberapa penyebab puting masuk ke dalam yang patut diwaspadai, di antaranya:

1. Faktor penuaan

Mulai dari usia 30 tahun, payudara akan mulai mengalami perubahan. Proses perubahan ini akan terus berlangsung seiring bertambahnya usia.Salah satu perubahan yang akan terjadi adalah memendeknya saluran susu saat mendekati fase menopause. Terkadang, hal ini dapat menyebabkan puting masuk ke dalam.Penting bagi wanita untuk selalu datang ke dokter jika ada perubahan pada payudaranya. Sebab, risiko kanker payudara akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia.

2. Cedera

Proses menyusui anak ternyata juga bisa menyebabkan puting masuk ke dalam. Saat ibu menyusui, saluran susu dapat mengalami cedera dan menyebabkan posisi puting masuk ke dalam kulit. Prosedur operasi atau cedera juga bisa menyebabkan puting masuk ke dalam.

3. Terlahir dengan kondisi puting masuk ke dalam

Sebagian wanita dapat terlahir dengan kondisi puting yang masuk ke dalam. Kondisi ini bahkan mulai terbentuk saat Anda masih berada di dalam rahim.Jika dasar puting tidak membesar atau saluran susu tidak berkembang sepenuhnya, bayi perempuan dapat terlahir dengan puting yang masuk ke dalam.

4. Mammary duct ectasia

Saluran yang membawa susu ke puting dapat mengalami pelebaran atau tersumbat. Kondisi ini dikenal dengan sebutan mammary duct ectasia. Kondisi ini umumnya terjadi pada wanita berusia 45-55 tahun.Selain perubahan pada puting, mammary duct ectasia dapat menyebabkan kulit kemerahan di sekitar puting, rasa nyeri, hingga cairan berwarna putih, hijau, atau hitam.Biasanya, saluran susu yang tersumbat akan sembuh dengan sendirinya. Jika tidak kunjung sembuh, dokter akan memberikan obat antibiotik atau merekomendasikan prosedur operasi.

5. Mastitis

Puting masuk ke dalam bisa disebabkan oleh mastitis
Mastitis dapat menyebabkan puting masuk ke dalam
Bakteri dapat masuk ke dalam saluran susu dan menyebabkan infeksi. Kondisi ini dikenal dengan sebutan mastitis periduktal, yang biasanya terjadi pada wanita yang baru melahirkan dan ibu menyusui.Bakteri bahkan juga bisa masuk jika Anda memiliki puting yang pecah-pecah atau ditindik. Jika puting yang masuk ke dalam disebabkan oleh mastitis periduktal, akan ada gejala lain yang muncul, seperti:
  • Rasa panas pada payudara
  • Rasa nyeri
  • Kulit kemerahan
  • Keluarnya cairan atau darah dari puting
  • Munculnya benjolan di belakang puting.
Untuk mendiagnosis kondisi ini, dokter akan melakukan ultrasound atau memasukkan jarum ke dalam payudara untuk mengambil sel-sel di area yang terinfeksi.Pengobatan mastitis yang paling umum adalah obat antibiotik. Terkadang, kondisi ini juga bisa sembuh tanpa pengobatan.

6. Abses di bawah areola

Infeksi juga bisa terjadi pada kelenjar yang terletak di bawah areola. Kondisi ini dapat menyebabkan munculnya area yang berisikan nanah (abses). Kemunculan abses dapat menyebakan masuknya puting ke dalam kulit payudara.Meskipun jarang terjadi, abses di bawah areola dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok, menindik puting, dan diabetes.Dokter akan mengobati abses ini dengan obat antibiotik atau mengeringkannya dengan jarum atau prosedur operasi.

7. Kanker payudara

Jika satu atau kedua puting Anda masuk ke dalam secara tiba-tiba, kondisi ini bisa saja mengindikasikan adanya kanker payudara.Kanker payudara umumnya juga akan memunculkan gejala lain, seperti benjolan dan kulit payudara menebal.Pengobatan untuk kanker payudara akan didasari oleh tingkat keparahannya. Dokter bisa merekomendasikan operasi untuk mengangkat benjolan atau payudara, terapi radiasi, kemoterapi, dan terapi hormon.

Catatan dari SehatQ

Kondisi puting masuk ke dalam tidak boleh diremehkan. Selain menghalangi Anda untuk menyusui, kondisi ini juga bisa menandakan penyakit yang berbahaya seperti kanker payudara misalnya.Jika Anda khawatir dengan kesehatan payudara, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
kesehatan wanitaputing lecetkanker payudaraabses payudara
Web MD. https://www.webmd.com/women/inverted-nipples-causes#1
Diakses pada 22 Februari 2021
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/inverted_nipple/symptoms.htm
Diakses pada 22 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait