5 Kemungkinan Penyebab Pusing Setelah Makan Daging yang Bisa Terjadi

(0)
30 Mar 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Pusing setelah makan daging sapi atau kambung bisa disebabkan oleh sejumlah kondisi tertentuPusing setelah makan daging dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi
Apakah Anda pernah merasa pusing setelah makan daging? Ternyata, kasus sakit kepala atau pusing setelah makan daging merupakan hal yang biasa terjadi. Kondisi ini umumnya dikaitkan dengan adanya gangguan kesehatan, seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol.Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab pusing setelah makan daging sapi atau kambing. Karena alasannya berbeda-beda, sebaiknya Anda perlu mencari tahu penyebab pusing setelah makan daging jika Anda pernah atau sering mengalaminya.

Penyebab pusing setelah makan daging

Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan Anda mengalami pusing setelah makan daging. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Alergi daging

Selalu merasa pusing setelah makan daging sapi, kambing, atau lainnya, bisa menjadi tanda bahwa Anda memiliki alergi daging. Alergi daging sapi merupakan salah satu jenis alergi daging yang paling sering terjadi.Reaksi tubuh saat mengalami alergi adalah menghasilkan histamin, yang salah satunya dapat menyebabkan pusing atau sakit kepala. Selain itu, alergi ini biasanya juge disertai dengan sejumlah gejala lain, seperti kulit gatal, bersin-bersin, dan mual. 

2. Keracunan daging

Jika Anda mendadak mengalami pusing atau sakit kepala setelah makan daging, bisa saja masalah ini disebabkan keracunan daging.Infeksi bakteri penyebab penyakit, seperti salmonella, E. coli, atau listeria, dapat menyebabkan keracunan dan memicu sakit kepala atau pusing setelah makan daging kambing atau daging lainnya.

3. Kelebihan zat besi

Daging merah merupakan salah satu sumber zat besi. Namun, mengonsumsi zat besi secara berlebihan, termasuk dari daging merah, dapat menyebabkan keracunan zat besi. Nah, sakit kepala atau pusing adalah salah satu masalah yang dapat dipicu oleh keracunan zat besi.

4. Kandungan tiramin

Tiramin merupakan salah satu senyawa alami yang terdapat pada tumbuhan dan hewan, termasuk pada daging merah. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung tiramin dapat memicu sakit kepala atau pusing.Alasan mengapa tiramin bisa menyebabkan kepala pusing setelah makan daging adalah senyawa ini dapat menyebabkan pembuluh darah mengalami pelebaran dan penyempitan, khususnya jika Anda memiliki kondisi lainnya, seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi.

5. Hipotensi ortostatik

Kebanyakan orang duduk saat makan dan segera berdiri setelah selesai makan. Sebagian orang dapat mengalami penurunan tekanan darah secara tiba-tiba saat berdiri.Pada kasus ini, sebenarnya penyebab pusing bukan karena pada makanannya, tetapi perubahan mendadak dari posisi duduk ke berdiri yang disebut dengan hipotensi ortostatik

Cara mengatasi dan mencegah pusing setelah makan daging

Mengalami pusing setelah makan daging tidak selamanya merupakan tanda adanya gangguan kesehatan serius, terutama jika hal ini hanya terjadi sesekali saja.Namun, jika Anda sering atau selalu merasa pusing setelah makan daging, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Cara mengatasi pusing setelah makan daging dapat disesuaikan dengan penyebabnya.
  • Jika karena alergi, dokter mungkin akan meresepkan obat antialergi dan melarang Anda untuk mengonsumsi daging. Dokter juga dapat menyarankan Anda untuk mengonsumsi makanan lain sebagai sumber zat besi dan protein.
  • Jika penyebab pusing setelah makan daging dikarenakan porsi yang berlebihan atau kesulitan mencernanya, maka perubahan pola makan bisa dilakukan. Misalnya, mengurangi porsi daging dan mengunyahnya dengan baik sebelum ditelan.
  • Apabila pusing setelah makan daging disebabkan oleh gangguan masalah kesehatan, dokter akan memberikan perawatan dan pengobatan yang sesuai. 
Anda juga dapat minum sebelum dan saat makan untuk mencegah pusing karena makan daging. Selain itu, gaya hidup sehat dapat menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan agar Anda tidak mudah sakit.Segera hubungi dokter jika pusing setelah makan daging disertai gejala stroke, seperti kelemahan atau kelumpuhan pada satu sisi tubuh atau wajah, pandangan buram, kebingungan, kesulitan berjalan, tidak bisa tersenyum, dan sakit kepala hebat.Jika Anda punya pertanyaan seputar makanan sehat, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehatsakit kepalapusing
Len Med. https://eng.len-med.com/5715535-3-things-that-can-cause-you-often-dizziness-after-eating-meat
Diakses 17 Maret 2021
Penn Medicine. https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/neuroscience-blog/2015/november/foods-that-can-trigger-headaches
Diakses 17 Maret 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326174#low-blood-pressure
Diakses 17 Maret 2021
Bustle. https://www.bustle.com/wellness/11-signs-your-body-might-not-be-properly-digesting-meat-what-to-do-about-it-34422
Diakses 17 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait