Kembang Sepatu atau Hibiscus, Rebusannya Bantu Turunkan Tekanan Darah

(0)
14 Aug 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat kembang sepatu adalah membantu menurunkan berat badanRebusan kembang sepatu cenderung aman untuk diminum
Jika mendengar kata kembang sepatu atau hibiscus, yang terbesit di pikiran kita adalah bunga cantik dengan mahkota yang lebar. Tak hanya mempercantik pekarangan, bunga kembang sepatu juga telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional. Bunga dengan warna beragam ini menawarkan beraneka manfaat kesehatan yang mungkin tidak Anda kira sebelumnya.

Kembang sepatu, bunga cantik kaya antioksidan

Kembang sepatu atau hibiscus adalah bunga yang masuk dalam famili mallow. Bunga ini dikenal sebagai bunga bermahkota lebar, namun indah dengan warna yang beragam. Diperkirakan terdapat lebih dari 200 spesies kembang sepatu yang ada di muka bumi.Kembang sepatu atau hibiscus juga menjadi salah satu primadona dalam pengobatan tradisional. Apabila Anda belum mengetahui, bunga ini ternyata masuk sebagai bunga yang bisa dimakan, bahkan menawarkan beragam potensi manfaat kesehatan.Salah satu kelebihan bunga kembang sepatu atau hibiscus adalah mengandung zat antioksidan. Antioksidan membantu mengendalikan radikal bebas, mencegah kerusakan sel, dan menurunkan risiko penyakit kronis.Dalam memanfaatkan khasiat kembang sepatu, masyarakat biasanya meminum rebusan bagian tanaman ini. Uniknya, rasa yang diberikan rebusan kembang sepatu mirip dengan cranberry dan dapat dinikmati panas maupun dingin. Spesies yang umum diolah untuk dibuat teh rebusan kembang sepatu adalah Hibiscus sabdariffa.Rebusan kembang sepatu cenderung aman untuk diminum. Namun, riset lanjutan diperlukan terkait keamanannya untuk ibu hamil dan menyusui, anak-anak, serta penderita penyakit ginjal dan hati.

Manfaat kembang sepatu untuk kesehatan

Selain mengantongi efek antioksidan, kembang sepatu juga menawarkan beberapa manfaat kesehatan berikut ini:

1. Menurunkan tekanan darah

Salah satu potensi manfaat kembang sepatu adalah menurunkan tekanan darah. Beberapa studi membuktikan manfaat untuk tekanan darah tersebut, seperti yang dimuat dalam Journal of Hypertension. Riset ini melaporkan, rebusan kembang sepatu membantu menurunkan tekanan darah sistolik maupun diastolik – dengan rata-rata 7,58 mmHg dan 3,53 mm Hg.Manfaat kembang sepatu ini tentu mengesankan. Namun, jika Anda mengonsumsi obat diuretik hydrochlorothiazide, rebusan kembang sepatu tak bisa dikonsumsi karena keduanya dapat berinteraksi.Menurunkan tekanan darah memang menjadi salah satu manfaat kembang sepatu yang populer.

2. Memelihara kesehatan hati

Manfaat menarik lain dari kembang sepatu adalah berpotensi untuk menjaga kesehatan hati. Sebuah studi yang melibatkan 19 orang dengan berat badan berlebih menemukan, konsumsi ekstrak kembang sepatu selama 12 minggu membantu mengendalikan perlemakan hati. Kondisi ini ditandai dengan menumpuknya lemak di hati dan berisiko memicu gagal hati. Riset-riset lain juga mendapatkan temuan manfaat kembang sepatu untuk hati. Namun, riset tersebut sebelumnya banyak dilakukan pada hewan dan menggunakan ekstrak kembang sepatu. Studi lanjutan tentu diperlukan untuk menguatkan premis menarik ini.

3. Diyakini membantu menurunkan berat badan

Jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, rutin meminum rebusan kembang sepatu tentu menarik untuk dicoba. Pasalnya, ekstrak kembang sepatu dilaporkan membantu mengurangi berat badan, lemak tubuh, indeks massa tubuh, dan rasio pinggang dan pinggul.Hanya saja, riset yang sudah dilakukan juga dilakukan dengan pemberian ekstrak kembang sepatu, bukan rebusannya. 

4. Mengandung senyawa untuk turunkan risiko kanker

Bunga kembang sepatu mengandung polifenol, kelompok senyawa yang dilaporkan memiliki sifat antikanker. Sebuah studi dalam jurnal Molecular Carcinogenesis menyebutkan, ekstrak kembang sepatu dapat menghambat sel kanker di lambung.Walau menarik, penting untuk diingat bahwa studi masih dilakukan dengan uji tabung dan memanfaatkan ekstrak kembang sepatu.

5. Memiliki sifat antibakteri

Manfaat tak kalah menarik dari kembang sepatu adalah sifat antibakterinya. Walau begitu, riset yang dilakukan untuk menguak manfaat ini masih dilakukan melalui uji tabung. 

Catatan dari SehatQ

Bunga kembang sepatu ternyata tak hanya elok dipandang. Bunga ini sering diminum rebusannya karena efek antioksidan serta khasiat kesehatan. Walau menarik, sebagian besar manfaat kembang sepatu diperlukan studi lebih lanjut untuk menguatkannya.
menurunkan berat badantekanan darah tinggiherbalantioksidan
Healthline. https://www.healthline.com/health/all-you-need-to-know-hibiscus
Diakses pada 30 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/hibiscus-tea-benefits
Diakses pada 30 Juli 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15791651
Diakses pada 30 Juli 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25875025
Diakses pada 30 Juli 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24549255
Diakses pada 30 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait