Kembali Hamil Saat Menyusui, "Kebobolan" yang Sering Terjadi

Kembali hamil saat menyusui sangat mungkin terjadi selama ibu sudah kembali masuk masa subur
Pada tiga bulan usia awal bayi, kemungkinan hamil saat menyusui adalah 0%

Tidak tepat jika menganggap menyusui adalah KB alami yang mencegah ibu baru mengalami kebobolan. Bahkan, hamil saat menyusui sangat mungkin terjadi selama ibu sudah kembali masuk masa subur. Bisa saja, kehamilan membuat sang ibu terpaksa menghentikan “paksa” menyusui bayinya karena memicu kontraksi.

Bukannya tanpa perencanaan, tapi tidak ada yang pernah tahu rahasia kapan seorang perempuan akan dititipi nyawa dalam kandungannya. Bahkan, hamil saat menyusui juga bisa terjadi meski anak masih kecil sekalipun.

Kemungkinan kembali hamil saat menyusui

Ada banyak jenis-jenis KB, dan salah satu yang kerap dianggap sebagai metode penunda kehamilan alami adalah ketika seorang ibu masih menyusui. Istilahnya adalah LAM atau Lactational Amenorrhea Method.

Biasanya, ciri-ciri dari kondisi ini adalah ketika sang ibu tidak kunjung mengalami haid hingga berbulan-bulan setelah persalinan. Banyak orang menganggap bahwa menyusui adalah KB alami karena efektivitasnya sekitar 98-99,5% dalam mencegah kehamilan.

Pada tiga bulan usia awal bayi, kemungkinan hamil saat menyusui adalah 0%. Sementara pada usia 3-6 bulan, kemungkinannya naik menjadi 2%. Saat bayi memasuki usia di atas enam bulan, kemungkinan hamil saat menyusui meningkat menjadi 6%.

Tentunya, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi seperti:

  • Usia bayi kurang dari enam bulan
  • Ibu belum kembali mendapatkan haid
  • Bayi masih menyusu langsung siang dan malam

Dengan beberapa kriteria di atas, artinya hamil saat menyusui sangat mungkin terjadi. Terlebih, jika frekuensi menyusu bayi sudah menurun. Bisa jadi justru itulah saat sang ibu kembali memasuki masa subur.

Selain itu, ada penelitian yang menyebutkan ibu yang tidak menyusui langsung namun hanya exclusive pumping juga berisiko hamil saat menyusui lebih tinggi 5,2% ketimbang yang menyusui langsung.

Kembali haid, periode kembalinya masa subur

Tiap ibu bisa memiliki periode yang berbeda-beda kapan mereka kembali haid setelah persalinan. Sebanyak 7% ibu kembali haid saat buah hati mereka masih berusia 0-6 bulan.

Kemudian, prevalensi itu meningkat menjadi 37% ketika bayi berusia 6-12 bulan. Lebih jauh lagi, saat bayi berusia 1-2 tahun, kemungkinan kembali haid meningkat menjadi 48%. Ini adalah periode dengan prevalensi tertinggi.

Sangat langka seorang ibu kembali hamil saat menyusui ketika belum kembali haid. Itulah mengapa, haid pertama setelah persalinan dianggap sebagai warning period kembalinya masa subur.

Namun lagi-lagi, semua ini relatif. Ada saja ibu yang bisa hamil saat menyusui bahkan tanpa ada perubahan pola menyusu dari si Kecil. Di sisi lain, ada yang perlu benar-benar tuntas menyusu sebelum bisa kembali melihat dua garis merah di test pack.

Jika sudah hamil, amankah lanjut menyusui?

Mengingat kemungkinan hamil saat menyusui itu ada, maka pertanyaan selanjutnya adalah apakah tetap aman untuk lanjut menyusui jika sudah “kebobolan”? Lagi-lagi, hal ini bergantung pada setiap ibu.

Memang benar bahwa fluktuasi hormon di masa kehamilan bisa menyebabkan adanya hormon pada ASI, namun itu tidaklah berbahaya bagi bayi.

Ada juga yang menyebut bahwa menyusui saat hamil berisiko karena bisa memicu kontraksi, tetapi hal ini bergantung pada kondisi setiap ibu.

Ada yang merasakan kontraksi cukup dominan, namun ada pula yang tidak merasakan apa-apa karena jumlah oksitosin yang dilepaskan tidak banyak. Bahkan, tidak terlalu signifikan hingga bisa memancing terjadinya kelahiran prematur.

Pun, hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa ibu yang melanjutkan menyusui bayi saat hamil meningkatkan risiko keguguran.

Semuanya kembali pada kondisi setiap ibu. Ketika diketahui hamil saat menyusui, jangan tunda berkonsultasi kepada dokter kandungan untuk tahu langkah apa yang harus diambil.

Tak melulu soal fisik dan nutrisi, kesiapan mental ibu, ayah, dan juga bayi yang masih menyusu harus diperhitungkan dengan matang.

Kelly Mom. https://kellymom.com/ages/older-infant/fertility/
Diakses 30 Januari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11172791?dopt=Abstract
Diakses 30 Januari 2020

Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/can-breastfeeding-during-pregnancy-cause-a-miscarriage-2371728
Diakses 30 Januari 2020

Artikel Terkait