logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

8 Barang yang Perlu Dibawa Kembali Bekerja di Kantor Saat New Normal

open-summary

Ketika harus kembali bekerja di kantor (work from office) saat new normal, Anda perlu melindungi diri dari paparan Covid-19 dengan membawa barang, seperti masker, face shield, hand sanitizer, hingga peralatan pribadi.


close-summary

3 Jun 2020

| Aby Rachman

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Ada beberapa barang yang perlu dipersiapkan saat kerja di new normal

Anda perlu melindungi diri dari paparan Covid-19 dengan membawa barang, seperti masker, face shield, hand sanitizer, hingga peralatan pribadi

Table of Content

  • Barang yang perlu dibawa saat kembali bekerja dari kantor

Menurunnya kasus positif Covid-19 di sejumlah wilayah Indonesia membuat beberapa aktivitas sektor yang sudah diizinkan beroperasi dapat kembali diteruskan. Selain itu, ada penambahan sektor lain yang beraktivitas secara bertahap, yakni perkantoran. 

Advertisement

Dengan demikian, beberapa perusahaan yang semula memberlakukan WFH atau bekerja dari rumah, harus kembali kerja dari kantor (work from office).

Namun perlu diketahui, bahwa dibutuhkan persiapan diri saat beraktivitas di luar rumah untuk work from office (WFO). Hal ini termasuk barang-barang yang dibawa ketika kembali bekerja di kantor saat new normal.

Barang yang perlu dibawa saat kembali bekerja dari kantor

Walaupun sudah kembali bekerja atau beraktivitas di luar rumah, Anda tetap perlu waspada karena virus Covid-19 masih mengintai di sekitar kita. 

Nah, untuk membantu meminimalisir risiko penularan Covid-19 saat bekerja dari kantor, berikut adalah barang-barang yang perlu dibawa saat kembali bekerja dari kantor.

1. Masker

Masker merupakan benda paling penting untuk digunakan guna mencegah penularan Covid-19. 

Bahkan, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat telah merekomendasikan penggunaan masker ganda atau masker dobel sebagai upaya yang lebih efektif dalam melindungi diri dari paparan Covid-19.

Penggunaan dua masker sekaligus dengan cara melapisi masker medis dan masker kain diyakini dapat meningkatkan perlindungan sehingga mencegah kebocoran udara dan partikel yang tidak disaring. 

Masker dobel sebagai barang persiapan new normal
Gunakan masker bedah, kemudian lapisi dengan masker kain

CDC menyarankan untuk menggunakan masker bedah sekali pakai terlebih dahulu sebagai lapisan pertama.

Pastikan garis kawat tipis yang terdapat di bagian atas masker ditekan ke arah wajah sehingga bentuknya bisa pas mengikuti bentuk hidung Anda. 

Setelah menggunakan masker medis sekali pakai, Anda bisa melapisinya dengan masker kain. Dengan demikian, pengguna masker bisa melindungi orang-orang di sekitarnya dengan lebih baik dan efektif. 

Saat bekerja di kantor atau beraktivitas di luar rumah, jangan lepas atau melonggarkan masker. Jika Anda memegang masker untuk dikendurkan, wajib cuci tangan setelahnya. Sebab, tangan sudah terpapar kuman. 

Jangan lupa untuk membawa lebih dari satu masker supaya Anda bisa menggantinya ketika masker yang digunakan sudah kotor atau rusak.

2. Hand sanitizer

Hand sanitizer merupakan benda yang tak kalah pentingnya selama pandemi Covid-19 melanda. Jika Anda tidak menemukan tempat untuk mencuci tangan dengan sabun, hand sanitizer dapat digunakan.

Pastikan Anda membawa hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen agar dapat membersihkan tangan dari paparan virus dan bakteri dengan efektif. 

Bila ingin menggunakannya, tuang hand sanitizer ke telapak tangan. Untuk melindungi tangan dari kuman, jumlah cairan yang disarankan adalah sekitar 3 ml atau sebesar koin seribuan.

Gosok kedua tangan Anda dan pastikan tidak ada permukaan yang terlewat, termasuk jari-jari, sela-sela jari, buku jari, kuku, maupun sela ibu jari.

Terus gosokkan cairan pembersih di kedua tangan selama 30 detik. Biarkan hingga benar-benar kering.

3. Face shield 

Face shield sebagai persiapan new normal
Bila perlu, gunakan face shield untuk memaksimalkan perlindungan

Selain masker, kini banyak orang yang memaksimalkan perlindungan diri terhadap paparan virus Covid-19 melalui penggunaan face shield.

Face shield wajib dipakai bersamaan dengan masker sebagai alat perlindungan ekstra untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Dengan demikian, Anda dapat melindungi area wajah dari virus yang mungkin dikeluarkan oleh orang lain melalui droplet

Tak hanya itu, face shield juga dapat membantu mencegah agar masker yang Anda gunakan tidak cepat basah.

4. Topi

Meski kecil kemungkinan, potensi virus Covid-19 menempel pada area rambut tetap ada. Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda melindungi rambut menggunakan topi. 

Penggunaan topi juga bisa mencegah Anda menyentuh rambut saat beraktivitas di luar rumah. Topi yang Anda pakai sebaiknya diganti dua atau tiga kali seminggu untuk menjaga kebersihannya.

5. Tisu kering dan basah

Selalu sedia tisu sebagai barang persiapan new normal
Selalu sedia tisu basah dan kering di dalam tas

Tisu merupakan barang penting untuk menjaga kebersihan barang-barang dan permukaan benda di sekitar Anda. 

Tisu kering dapat digunakan untuk mengeringkan tangan Anda setelah mencuci tangan. Sedangkan, tisu basah bisa dipakai untuk membersihkan barang-barang dan permukaan tertentu, seperti meja, dudukan toilet, dan semacamnya. 

Pastikan selalu sedia tisu kering atau basah di dalam tas untuk membersihkan sesuatu sehingga meminimalkan risiko kuman atau bakteri menempel di kulit.

6. Uang elektronik 

Menurut beberapa studi, uang dapat menjadi tempat singgah bagi berbagai virus dan bakteri. Meski belum ada bukti spesifik tentang virus corona, tidak ada salahnya bagi Anda untuk tetap berhati-hati.

Sebagai alternatif pembayaran, Anda bisa menggunakan uang elektronik dan smartphone yang memiliki sistem aplikasi pembayaran elektronik. 

Terlebih, pemerintah melalui protokol kesehatan yang ditetapkan juga mengimbau penggunaan uang elektronik ketimbang tunai, saat bertransaksi di luar ruangan.

7. Helm

Bagi Anda yang kerap menggunakan layanan ojek online, patikan membawa helm pribadi. 

Hindari menggunakan helm yang bukan milik sendiri. Sebab, tidak tahu apakah orang yang memakai helm sebelumnya dalam kondisi sehat atau sakit.

Jadi, lebih baik sedia helm sendiri dengan ojek online saat harus beraktivitas di luar rumah. Dengan begitu, Anda bisa memastikan kebersihan dan keamanannya tanpa perlu dihantui kekhawatiran akan helm yang digunakan.

8. Peralatan pribadi

Barang yang perlu dibawa kembali bekerja dari kantor atau beraktivitas di luar rumah adalah peralatan pribadi. 

Peralatan pribadi ini, meliputi botol minum, alat makan (sendok, garpu, kotak makan), hingga peralatan ibadah. 

Penggunaan peralatan pribadi dapat meminimalisir potensi penyebaran virus Covid-19 yang bisa menempel pada permukaan benda-benda tersebut selama berhari-hari.

no caption

Itulah beberapa barang yang perlu Anda siapkan sebelum kembali ke kantor. Melalui persiapan yang maksimal, Anda bisa meminimalisir penularan virus Covid-19 saat beraktivitas di luar rumah.

Jangan lupa juga untuk menjalankan protokol kesehatan lainnya, seperti jaga jarak aman dan tidak berkerumun, sekaligus mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat kembali beraktivitas di luar rumah.

Jika Anda masih punya pertanyaan seputar mencegah penularan Covid-19 saat beraktivitas di luar rumah, tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, pastikan unduh aplikasi melalui App Store dan Google Play.

no caption

Baca Juga

  • Panduan Mengatasi Gejala Long Covid Setelah Dinyatakan Negatif
  • Cara Membersihkan HP yang Efektif Hilangkan Virus Corona
  • Long Covid Mendera Banyak Penyintas Corona, Ini Gejalanya

Advertisement

covid-19

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved