Keluar Flek Coklat Saat Hamil 9 Bulan tapi Tidak Mules, Pertanda Apa?

(0)
30 Oct 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Flek coklat saat hamil 9 bulan tapi tidak mules bisa muncul akibat hubungan seksFlek coklat saat hamil 9 bulan tapi tidak mules belum tentu pertanda bahaya
Satu dari sepuluh ibu hamil trimester akhir akan mengalami flek. Pada beberapa kasus, kondisi ini tidaklah berbahaya. Namun pada kasus lainnya, keluarnya darah dari vagina bisa menandakan adanya gangguan serius pada kehamilan.Ibu hamil 9 bulan yang mengalami flek, harus melaporkan kondisinya ke dokter. Berbahaya atau tidaknya keadaan tersebut adalah suatu keputusan yang perlu dibuat oleh dokter yang merawat, dan bukan oleh ibu hamil sendiri.

Penyebab flek saat hamil tua

Sebelum mengenal penyebabnya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara flek dengan perdarahan. Saat mengalami flek, darah yang keluar hanya sedikit, tidak sampai memenuhi panty liner.Sementara itu jika Anda mengalami perdarahan, maka volume darah yang keluar lebih banyak, hampir serupa dengan menstruasi.Penyebab flek saat hamil tua sendiri biasanya tidak berbahaya, seperti berikut ini.
Berhubungan seks saat hamil bisa sebabkan flek saat hamil tua
Berhubungan seks bisa picu keluarnya flek saat hamil tua

• Gesekan saat berhubungan seks

Saat hamil, sel-sel yang ada di serviks atau leher rahim akan mengalami perubahan, sehingga menjadi mudah beradarah. Hal ini lah yang membuat hubungan seks berisiko menyebabkan flek saat hamil tua. Namun, kondisi ini tidaklah berbahaya.

• Penggunaan alat tertentu saat pemeriksaan kandungan

Jika pada pemeriksaan kandungan, dokter melakukan pemeriksaan internal, maka tidak heran jika setelahnya akan muncul flek saat hamil tua. Sebab pada pemeriksaan tersebut, dokter akan memasukkan alat khusus ke dalam vagina.

• Tanda-tanda akan melahirkan

Pada trimester akhir kehamilan, segala gejala dan tanda yang muncul pasti akan dikaitkan dengan proses persalinan, termasuk juga jika keluar flek. Flek yang keluar mendekati masa persalinan biasanya disertai juga dengan lendir.Lendir tersebut adalah komponen yang tadinya menutupi rahim untuk melindungi janin. Lendir yang keluar atau terlepas, menandakan rahim sudah terbuka dan siap untuk melahirkan.Kondisi ini biasanya terjadi beberapa hari sebelum Anda merasakan kontraksi. Namun pada beberapa orang, lendir tersebut juga bisa keluar di hari yang dengan proses persalinan.Baca Juga: 8 Tanda Waktu Persalinan Sudah DekatApabila volume darah yang keluar cukup banyak, beberapa gangguan yang bisa menyebabkannya, yaitu:
Flek saat hamil tua juga bisa tandakan bahaya bagi janin
Masalah kehamilan juga bisa sebabkan flek saat hamil tua

• Plasenta previa

Plasenta previa terjadi ketika plasenta berada di bagian bawah rahim hingga menutupi serviks. Kondisi ini bisa menyebabkan perdarahan berat dan berbahaya bagi janin maupun ibu.Perubahan posisi plasenta ini akan membuat janin sulit dikeluarkan secara normal, sehingga untuk keluar, operasi Caesar perlu dilakukan.Menurut jurnal terbitan American Family Physician, perdarahan yang terjadi akibat kondisi ini biasanya tidak terasa sakit, kecuali jika menandakan akan terjadinya persalinan atau abrupsio plasenta.

• Abrupsio plasenta

Abrupsio plasenta atau solusio plasenta adalah kondisi berbahaya yang ditandai dengan terlepasnya plasenta dari dinding rahim, meski belum waktunya melahirkan. Gangguan ini bisa menyebabkan peradarahan bisa juga tidak.Namun, ibu hamil yang mengalaminya akan merasakan sakit perut dan nyeri.

• Vasa previa

Vasa previa adalah kondisi langka yang terjadi ketika sebagian pembuluh darah bayi keluar menembus membran penutup leher rahim. Jika hal ini terjadi, maka saat air ketuban pecah. Maka, pembuluh darah tersebut juga akan pecah dan menyebabkan perdarahan di vagina maupun pada bayi, hingga pada tahap yang membahayakan. Untuk mengetahui pasti penyebab keluarnya flek atau perdarahan saat hamil tua, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, USG, maupun tes darah untuk mendapatkan diagnosisnya.

Apa yang harus dilakukan jika flek keluar saat hamil tua?

Flek saat hamil tua perlu diperiksakan ke dokter kandungan
Periksakan kondisi flek saat hamil tua ke dokter kandungan
Ibu hamil trimester ketiga yang mengalami flek, disarankan untuk langsung menghubungi dokter kandungan. Meski tidak selalu berbahaya, apabila perdarahan tersebut disebabkan oleh suatu penyakit, maka kesehatan janin maupun ibu bisa terganggu.Untuk mengatasi flek ataupun perdarahan yang keluar, dokter akan menyesuaikannya dengan penyebab awal kondisi ini terjadi. Pada kondisi plasenta previa, ibu hamil biasanya akan dianjurkan untuk menjalani tirah baring atau bed rest dalam rawat inap, dan dokter akan memantau perkembangannya. Apabila setelah istirahat, darah berhenti keluar, barulah dokter akan mengizinkan ibu hamil untuk pulang. Namun, jika darah masih terus keluar dan waktu persalinan sudah dekat, dokter biasanya merekomendasikan operasi Caesar. Cara ini juga berlaku untuk penyebab flek saat hamil tua lainnya yang cukup parah.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang penyebab flek saat hamil tua ataupun soal kehamilan lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
melahirkanmasalah kehamilanibu hamilflek kecoklatanflek darah
MSD Manual. https://www.msdmanuals.com/home/women-s-health-issues/symptoms-during-pregnancy/vaginal-bleeding-during-late-pregnancy
Diakses pada 16 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/spotting-in-pregnancy
Diakses pada 16 Oktober 2020
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/vaginal-bleeding-pregnant/
Diakses pada 16 Oktober 2020
Medline Plus. https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000627.htm
Diakses pada 16 Oktober 2020
Pregnancy Birth and Baby. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/bleeding-during-pregnancy
Diakses pada 16 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait