Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Bra Sport untuk Sehari-Hari

0,0
28 Jun 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Pemakaian bra sport untuk sehari-hari punya kekurangan dan kelebihanPemakaian sport bra untuk sehari-hari memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan
Sport bra atau bra sport adalah jenis pakaian dalam wanita yang didesain khusus untuk dipakai saat berolahraga. Sebagian orang mungkin gemar menggunakan bra sport untuk sehari-hari karena dianggap lebih nyaman daripada bra biasa.Fokus desain sport bra adalah untuk menyangga dan meminimalisir pergerakan payudara sekaligus menyerap keringat selama berolahraga. Sementara itu, bra biasa dirancang untuk dipakai sehari-hari dengan fokus untuk menyangga, membentuk siluet payudara, dan estetika.Terlepas dari rasa nyaman yang dapat diberikannya, sebenarnya bolehkah sport bra dipakai sehari-hari? Untuk menjawab pertanyaan ini, terdapat sejumlah kelebihan dan kekurangan pemakaian sport bra untuk sehari-hari yang patut Anda pertimbangkan.

Kelebihan dan kekurangan bra sport untuk pemakaian sehari-hari

Sport bra memiliki banyak penggemar karena menawarkan kenyamanan dan dukungan bagi payudara yang lebih banyak ketimbang bra biasa. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak perempuan yang kerap memakai bra sport untuk sehari-hari.Meskipun penggunaan sport bra dianggap membawa keuntungan bagi kesehatan payudara penggunanya, faktanya ada pula sejumlah kekurangan yang perlu Anda perhatikan dalam pemakaian sport bra untuk sehari-hari.

1. Kelebihan memakai sport bra untuk sehari-hari

Sport bra didesain untuk menemani wanita dalam melakukan berbagai aktivitas olahraga, bahkan yang berat sekalipun, seperti berlari atau aerobik. Sport bra memiliki sejumlah varian untuk menemani kegiatan olahraga Anda, baik yang intensitasnya rendah, sedang, atau tinggi.Sejumlah kelebihan sport bra yang dapat Anda nikmati, di antaranya:
  • Sport bra dirancang untuk mencegah guncangan sehingga Anda dapat menghindari ketidaknyamanan saat payudara bergerak naik turun, yang tidak jarang dapat menyebabkan nyeri pada sebagian wanita. Selain itu, sebuah studi yang dirilis National Library of Medicine mengungkapkan bahwa bra olahraga dapat memberi dukungan dalam mengurangi nyeri payudara, terutama bagi wanita yang memiliki payudara lebih besar.
  • Mengenakan sport bra untuk sehari-hari bisa mencegah peregangan jaringan payudara akibat guncangan. Peregangan ini berpotensi menyebabkan payudara menjadi kendur.
  • Tidak hanya mencegah jaringan payudara turun atau kendur, mengenakan bra sport untuk sehari-hari juga dapat mencegah kulit di sekitar payudara dari peregangan.

2. Kekurangan memakai sport bra untuk sehari-hari

Meski demikian, ada pula sejumlah kekurangan pemakaian sport bra untuk sehari hari, apalagi jika digunakan terlalu lama. Berikut adalah sejumlah kekurangan yang perlu Anda ketahui.
  • Sport bra umumnya dirancang lebih ketat dari bra biasa. Bahkan, banyak sport bra yang terlalu ketat untuk dikenakan. Mengenakan sesuatu yang terlalu ketat atau sempit sepanjang hari berpotensi melemahkan otot punggung, menyebabkan nyeri bahu, serta merusak postur tubuh Anda.
  • Dilansir dari Real Simple, bra yang terlalu ketat dapat menekan sistem limfatik. Sejumlah penelitian mengklaim bahwa tekanan ekstra ini berkaitan dengan potensi kanker. Namun, menurut American Cancer Society, tidak ada bukti ilmiah yang mengaitkan penggunaan bra dengan kanker payudara. Asumsi ini diperkuat dengan sebuah studi dari Cancer Epidemiol Biomarkers Prev. yang tidak menemukan hubungan antara memakai bra dengan risiko kanker payudara pada 1513 partisipan wanita pascamenopause
  • Menggunakan bra sport untuk sehari-hari juga bisa menyebabkan masalah kulit, seperti ruam hingga infeksi jamur.

Tips menggunakan bra sport untuk sehari-hari

Sport bra
Pemakaian sport bra perlu dibatasi setiap harinya
Potensi bahaya penggunaan bra sport untuk sehari-hari dapat terjadi jika dikenakan dalam jangka waktu lama.Jika Anda terlanjur merasa nyaman dengan penggunaan sport bra, Anda tetap boleh menggunakannya sehari-hari. Namun, ada sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

1. Batasi pemakaian sport bra setiap harinya

Sebaiknya Anda jangan menggunakan sport bra sepanjang hari karena bisa menyebabkan sejumlah konsekuensi buruk bagi kesehatan. Sebaiknya, istirahatkan payudara dari pemakaian sport bra setelah sekitar 8 jam penggunaan.

2. Sport bra yang berjenis high-impact hanya boleh dipakai saat berolahraga

Bra sport jenis high-impact sebaiknya dilepas setelah selesai berolahraga. Anda bisa menggantinya dengan jenis bra sport untuk sehari-hari yang lebih longgar dan lembut, serta lebih ideal untuk dipakai bersantai dalam jangka panjang.

3. Kenali jenis sport bra yang sesuai

Sport bra tersedia dalam berbagai macam jenis dan model. Sebaiknya Anda membeli beberapa jenis yang berbeda supaya bisa dipakai sesuai kebutuhan. Jenis-jenis sport bra yang ada di pasaran, di antaranya:
  • Sport bra kompresi
  • Sport bra enkapsulasi
  • Sport bra dengan tali belakang silang (berbentuk X)
  • Sport bra racerback dengan tali belakang berbentuk Y
  • Sport bra pullover
  • Sport bra dengan pengait di belakang.
Setiap jenis sport bra ini memiliki fungsi yang berbeda. Sebagian dapat terasa lebih nyaman digunakan sebagai sport bra untuk sehari-hari, misalnya sport bra dengan pengait di belakang atau pullover yang tidak terlalu ketat.Sementara itu, beberapa jenis lainnya, seperti sport bra enkapsulasi dan sport bra racerback, hanya disarankan untuk digunakan ketika berolahraga saja. Anda juga perlu menghindari penggunaan bra yang terlalu ketat, baik bra biasa atau bra sport untuk sehari-hari.Jika Anda merasakan gesekan, tusukan, bra meninggalkan bekas lekukan pada permukaan kulit, atau menyebabkan rasa sakit, maka gantilah bra tersebut. Kemungkinan Anda telah memilih bra yang terlalu sempit dan malah bisa menyebabkan gangguan kesehatan.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan wanitapayudara
Clovia. https://www.clovia.com/blog/hello-fitness-freak-heres-all-you-need-to-know-about-sports-bra/
Diakses 15 Juni 2021
Real Simple. https://www.realsimple.com/health/preventative-health/breast-health/what-happens-when-you-wear-sports-bra-all-day
Diakses 15 Juni 2021
Well and Good. https://www.wellandgood.com/wearing-sports-bra-every-day/
Diakses 15 Juni 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/are-bras-bad-for-you#sports-bras
Diakses 15 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait