Kenali Kelebihan dan Kekurangan Memakai Kondom Saat Berhubungan Seksual


Mengetahui kelebihan dan kekurangan memakai kondom bisa memberikan Anda kenyamanan dalam berhubungan seksual. Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang cukup efektif untuk mencegah kehamilan.

0,0
24 Aug 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Mengetahui kelebihan dan kekurangan memakai kondom bisa memberikan Anda kenyamanan dalam berhubungan seksualSetiap kondom memiliki tanggal kedaluwarsa dan informasi tersebut tertulis pada kemasannya
Salah satu cara mencegah infeksi menular seksual adalah dengan menggunakan kondom saat berhubungan seks. Tak hanya itu, kondom juga dapat membantu mencegah terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan. Meski sebagian pria merasa kurang nyaman, namun ada kelebihan dan kekurangan memakai kondom saat bercinta.Buat sebagian orang, kondom merupakan penyelamat untuk mencegah penularan penyakit. Sayangnya, pemakaian kondom pun tidak menjamin Anda 100 persen aman dari gangguan saat memakainya. Hal ini bisa disebabkan oleh risiko kondom bocor, alergi bahan kondom, atau cara penggunaannya yang kurang tepat.

Cara menggunakan kondom yang benar

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan memakai kondom, Anda perlu tahu cara menggunakannya dengan benar. Pasalnya, masih banyak orang melupakan hal ini sehingga mereka hanya menganggap kondom mengganggu kenyaman ketika bercinta.Sebagai informasi, setiap kondom memiliki tanggal kedaluwarsa dan informasi tersebut tertulis pada kemasannya. Jangan menggunakan kondom yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa karena besar kemungkinan teksturnya sudah rusak.Namun, kondom pun bisa rusak akibat penyimpanan yang buruk. Menyimpan kondom di dalam dompet atau tas yang isinya penuh berpotensi merusak kemasan dan kondom itu sendiri. Sebaiknya, Anda memeriksa kondom yang ingin digunakan. Kondom yang rusak biasanya akan berubah warna, memiliki bau yang tidak sedap, dan teksturnya menjadi agak kasar.Setelah yakin kondom tidak ada masalah, Anda harus memakainya dengan benar. Begini cara menggunakan kondom yang tepat:
  1. Buka kemasan kondom dengan hati-hati. Jangan menggunakan gigi, gunting, atau benda tajam karena bisa membuat kondom rusak. Sebaiknya, siapkan dulu kondom di sebelah Anda sebelum melakukan hubungan seksual.
  2. Pakai kondom saat penis sudah ereksi
  3. Tekan bagian ujung kondom supaya tidak bergelembung saat dipakai. Lalu, tempelkan di bagian ujung penis. Pastikan Anda memegang sisi kondom yang benar.
  4. Buka gulungan kondom hingga menyelimuti pangkal penis. Jika salah menempatkan sisi kondom, ada baiknya mengganti dengan kondom yang baru karena kemungkinan ada air mani yang telah menempel di sisi luar kondom.
  5. Untuk menambah sensasi, Anda bisa memberikan pelumas berbahan dasar air pada bagian luar kondom setelah digunakan. Pelumas ini bisa digunakan untuk mengurangi gesekan saat melakukan hubungan seksual.
  6. Dengan menggunakan kondom, Anda bisa melakukan ejakulasi di bagian dalam vagina. Namun, ada baiknya tetap lakukan ejakulasi di luar vagina untuk Anda yang benar-benar ingin mengurangi risiko kehamilan.
  7. Jika ejakulasi di dalam vagina, cabut penis saat masih ereksi. Pegang kondom saat menarik penis keluar agar tidak terlepas dan air mani menetes. 
  8. Lepas kondom dengan cara menggulungnya perlahan sampai terlepas dari penis. Jaga agar cairan di dalam kondom tidak menetes.
  9. Sebelum dibuang, ikat kondom dengan rapat. Buanglah kondom pada tempat sampah. Jangan membuang kondom pada kloset karena bisa menyebabkan mampet.

Kelebihan menggunakan kondom saat berhubungan seksual

Kondom hadir untuk memberikan banyak manfaat bagi para pasangan yang hendak berhubungan seksual. Berikut beberapa kelebihan memakai kondom:
  • Kondom bisa didapatkan dengan bebas di berbagai tempat dengan harganya tergolong terjangkau.
  • Tidak memerlukan arahan dokter dalam menggunakan kondom, berbeda dengan alat kontrasepsi lainnya.
  • Kondom sangat mudah digunakan tanpa perlu keahlian khusus.
  • Kondom tidak mengganggu kesuburan seseorang dan bisa digunakan kapan pun.
  • Kondom merupakan alat kontrasepsi sekali pakai, jadi Anda tidak perlu memikirkan cara membersihkan dan menyimpan setelah menggunakannya.
  • Kondom mencegah terjadinya perpindahan cairan tubuh yang umumnya menjadi penyebab penyakit menular seksual seperti HIV. Orang yang cenderung berganti pasangan seksual disarankan untuk selalu menggunakan kondom saat berhubungan seksual.
  • Kondom bisa mencegah kehamilan apabila digunakan dengan benar.
  • Kondom hadir dengan berbagai varian untuk memberikan sensasi yang berbeda dalam setiap hubungan seksual. Beberapa kondom juga dipercaya bisa memperpanjang durasi permainan para pria.
  • Pemilihan kondom bisa dijadikan topik obrolan menarik bersama pasangan bahkan membangun fantasi seksual bersama.
Dengan kata lain, kondom merupakan alat kontrasepsi yang bisa digunakan oleh masyarakat. Penggunaan kondom sangat disarankan untuk mencegah kehamilan dan penularan penyakit seksual.

Kekurangan memakai kondom

Di samping kelebihan yang dimiliki, beberapa orang juga menemukan adanya kekurangan dari memakai kondom saat berhubungan seksual. Berikut kekurangan yang mungkin Anda bisa dapatkan juga dari kondom:
  • Bila Anda alergi terhadap bahan lateks, hindari memakai kondom karena dapat menimbulkan ruam dan gatal.
  • Meski kemungkinannya sangat kecil, masih ada risiko kehamilan dan penularan penyakit seksual biarpun sudah menggunakan kondom saat berhubungan. Biasanya ini terjadi jika menggunakan kondom rusak, kedaluwarsa, atau cara menggunakannya yang kurang tepat.
  • Kondom bisa robek saat digunakan jika melakukan gesekan yang berlebihan selama berhubungan seksual.
  • Kondom bisa menurunkan kenikmatan untuk sebagian orang yang menginginkan adanya sentuhan langsung.
  • Memakai kondom membuat Anda harus berhenti sejenak sebelum melakukan penetrasi seksual. Kadang, hal ini membuat sensasi bercinta turun.
Jika ditemukan adanya ketidaknyamanan selama menggunakan kondom, ada baiknya konsultasikan masalah ini kepada dokter. Anda bisa memilih alat kontrasepsi lain untuk mencegah kehamilan.

Catatan dari SehatQ

Menggunakan kondom sewaktu berhubungan seksual sangatlah disarankan untuk mencegah penularan penyakit seksual. Bicarakan dengan pasangan saat memilih kondom untuk mengurangi ketidaknyamanan saat memakainya.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar kelebihan dan kekurangan memakai kondom, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakit menular seksualkontrasepsiinfeksi menular seksual
Mayo Clinic https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/condoms/about/pac-20385063
Diakses pada 12 April 2021
News Medical Net https://www.news-medical.net/health/Condoms-Advantages-and-Disadvantages.aspx
Diakses pada 12 April 2021
Healthline https://www.healthline.com/health/how-to-use-condom#is-the-condom-safe-touse?
Diakses pada 12 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait