Kegiatan yang Bisa Dilakukan untuk Asah Otak Anda

(0)
09 Jul 2020|Salis Annisa
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Salah satu kegiatan asah otak adalah main kartuMain kartu dapat membantu mengasah otak Anda
Seiring bertambahnya usia, penting bagi Anda untuk terus mengasah otak agar kinerjanya dapat terjaga dengan baik. Pasalnya, kemampuan kognitif seseorang dapat menurun sehingga daya ingat dan kemampuan berpikir menjadi lebih sulit.Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kinerja otak adalah dengan mempraktikkan kegiatan-kegiatan asah otak. Berbagai kegiatan ini bertujuan untuk mengubah sel-sel otak yang tidak aktif menjadi lebih sehat dan kembali aktif. Sama halnya dengan tubuh Anda yang perlu dilatih agar senantiasa sehat, otak pun demikian.

Kegiatan-kegiatan asah otak

Mempraktikkan aktivitas baru dan menantang termasuk opsi yang baik untuk membangun dan mempertahankan kemampuan kognitif otak. Selain itu, berikut adalah beberapa pilihan kegiatan asah otak yang bisa Anda lakukan.

1. Rutin berolahraga

Tidak banyak yang tahu bahwa olahraga mampu membantu menjaga kesehatan dan ketajaman otak Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa latihan fisik secara teratur adalah salah satu cara untuk meningkatkan fungsi kognitif, seperti konsentrasi, daya ingat, dan kemampuan memecahkan masalah.Contohnya ketika Anda berenang. Selain menggunakan anggota tubuh, Anda juga dituntut untuk berpikir dan belajar secara terus-menerus. Pasalnya pada saat berenang, Anda harus memerhatikan ritme pernapasan dan gerakan tubuh.

2. Bermain kartu

Bermain kartu tidak hanya menyenangkan, tapi juga dijadikan sebagai kegiatan asah otak. Sebuah studi menunjukkan bahwa permainan kartu dapat meningkatkan volume di beberapa wilayah otak, meningkatkan kemampuan berpikir, dan mempertajam daya ingat pemainnya.Beberapa jenis permainan kartu yang bisa Anda jadikan sebagai kegiatan asah otak, di antaranya poker, blackjack, hingga capsa.

3. Mempelajari kemampuan baru

Penelitian menunjukkan bahwa mempelajari hal baru dapat membantu meningkatkan kemampuan memori pada orang dewasa. Tak hanya dapat memperkuat koneksi di otak Anda, mencoba hal baru dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menarik.Cobalah Anda pikirkan, apakah ada hal baru yang ingin Anda pelajari? Bentuk-bentuk kemampuan baru yang dimaksud dapat berupa bahasa, alat musik yang ingin Anda kuasai, kemampuan olahraga baru, dan masih banyak lagi.Mempelajari olahraga baru, misalnya Zumba atau salsa, dapat membantu meningkatkan kecepatan otak dalam memproses dan mengingat. Jika Anda tidak ingin mengikuti kelasnya, Anda bisa menonton video online dan melakukannya sendiri di rumah.

4. Mengajar

Tak hanya belajar hal baru, mengajar juga dapat membantu memperluas pembelajaran Anda. Pasalnya saat mengajarkan sesuatu kepada orang lain, Anda diharuskan untuk mampu menjelaskan konsep pembelajaran dengan baik sehingga otak dapat dilatih untuk terus berkembang.

Makanan untuk menjaga ketajaman otak

Tak hanya melakukan kegiatan asah otak, Anda juga perlu memenuhi kebutuhan gizi untuk menjaga ketajaman otak. Contohnya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3, membatasi kalori dan lemak jenuh, memperbanyak buah dan sayuran, serta mengonsumsi teh hijau.Makanan yang mengandung asam lemak omega-3, seperti ikan salmon, tuna, sarden, dan kembung, dapat membantu menjaga kesehatan otak Anda. Jika Anda tidak menyukai jenis ikan tersebut, Anda dapat menggantinya dengan brokoli, bayam, rumput laut, dan kedelai.Sedangkan untuk buah dan sayur, cobalah untuk memilih yang berwarna cerah. Pasalnya, buah dan sayur berwarna cerah mengandung antioksidan yang dapat memperbaiki dan melindungi sel otak dari kerusakan.Selain itu, cokelat hitam turut dipercaya mampu meningkatkan kemampuan otak Anda. Saat Anda mengonsumsi jenis cokelat ini, otak akan menghasilkan dopamin yang membantu Anda mengingat dan belajar lebih cepat.Tak hanya itu, cokelat hitam juga mengandung antioksidan dan flavonoid yang juga dapat meningkatkan fungsi otak Anda.Otak merupakan salah satu organ yang perlu Anda perhatikan dengan baik kesehatannya supaya fungsinya tetap terjaga. Jadi, kapan Anda ingin mulai melakukan beberapa kegiatan asah otak di atas?
kesehatan otak
Harvard
https://www.health.harvard.edu/mind-and-mood/train-your-brain
Diakses 21 Juni
Healthline
https://www.healthline.com/health/mental-health/brain-exercises#teach-a-skill
Diakses 21 Juni
Lifehack
https://www.lifehack.org/articles/productivity/8-ways-train-your-brain-learn-faster-and-remember-more.html
Diakses 21 JUni
Helpguide
https://www.helpguide.org/articles/healthy-living/how-to-improve-your-memory.htm
Diakses 21 Juni
EHE Health
https://www.ehe.health/blog/brain-training#:~:text=Brain%20training%20encourages%20neuroplasticity%20through,function%2C%20and%20brain%20processing%20speed.
Diakses 21 Juni
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait