9 Kegiatan Mendidik di Rumah untuk Mengisi Libur Sekolah Anak

Salah satu kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan saat libur sekolah adalah menggambar
Menggambar bersama anak dapat menjadi kegiatan menyenangkan saat libur sekolah

Imbas merebaknya COVID-19 di Indonesia membuat sejumlah daerah menerapkan proses belajar-mengajar secara online hingga kebijakan libur sekolah. Hal ini sesuai dengan anjuran pemerintah agar masyarakat memperbanyak aktivitas di dalam rumah sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Kasus COVID-19 yang kian meningkat juga memperbesar peluang proses belajar-mengajar di rumah maupun libur sekolah diperpanjang. Dengan tidak adanya aktivitas sekolah dan imbauan untuk tetap tinggal di rumah, tentu dapat membuat anak cepat bosan.

Untuk mengatasinya, Anda dan si Kecil dapat melakukan sejumlah aktivitas positif yang dapat menjadikan libur sekolah mereka semakin berkesan. Lantas, apa saja kegiatan anak yang mendidik untuk mengisi libur sekolah?

Kegiatan mendidik untuk mengisi libur sekolah anak

Kendati hanya dilakukan di dalam rumah, berbagai kegiatan mendidik berikut dapat menjadi momen untuk mempererat hubungan Anda dan anak.

1. Memasak bersama

Libur sekolah yang panjang dapat dimanfaatkan dengan melakukan kegiatan memasak bersama buah hati Anda.

Anda dapat mengajak anak memasak menu makanan favoritnya. Selain mempererat hubungan Anda dengan si Kecil, kegiatan ini dapat menjadi bekal mereka di kemudian hari untuk belajar mandiri.

2. Mendaur ulang barang bekas

Kegiatan edukatif lainnya untuk mengisi libur sekolah anak adalah mendaur ulang barang bekas. Anda dapat menanamkan rasa cinta lingkungan dengan memanfaatkan barang-barang yang tidak lagi digunakan di rumah dengan mendaur ulang barang-barang tersebut.

Ajak anak mendaur ulang barang-barang bekas atau sampah menjadi barang-barang bermanfaat yang dapat digunakan sehari-hari, seperti mendaur ulang kaleng susu menjadi kotak pensil dan mobil-mobilan.

3. Membuat origami

Anda juga dapat mengenalkan anak seni melipat kertas atau membuat origami. Kegiatan ini dapat merangsang kreativitas mereka.

Buatlah origami menggunakan pola-pola sederhana sehingga anak Anda mudah mengikutinya, seperti origami perahu hingga origami berbentuk angsa. Hasil karya origami ini juga dapat dipajang di kamar Si Kecil.

4. Membaca buku

Untuk mengisi libur sekolah anak, Anda juga dapat melakukan kegiatan bersama dengan mengenalkannya buku-buku cerita anak, sejarah singkat, maupun ilmu pengetahuan umum yang menarik. Jika perlu, Anda dapat membacakannya untuk mereka.

Kegiatan ini juga dapat mengasah rasa ingin tahu anak mengenai informasi dalam buku yang mereka baca atau dibacakan oleh orangtua.

5. Bermain game asah otak

Kegiatan lainnya yang bisa jadi alternatif mengisi libur sekolah anak adalah bermain game asah otak. Anda dapat mengajak anak memainkan serangkaian game asah otak bersama-sama dari gawai Anda, sepert Math Bingo atau Math Games for Kids. Si Kecil pun dapat belajar matematika dengan cara yang menyenangkan.

6. Menulis cerita

Untuk mengisi waktu luang Si Kecil, Anda dapat memintanya untuk menuliskan cerita mengenai berbagai hal yang ia alami hari itu. Kegiatan ini bermanfaat untuk mengasah daya ingat anak.

Anda pun dapat membuat perjanjian sederhana dengan anak, untuk membacakan kembali cerita tersebut jelang tidur ataupun pada keesokan harinya.

7. Mendekorasi kamar sendiri

Manfaatkan waktu liburan panjang ini dengan memberikan kesempatan lebih pada anak untuk mendekorasi kamarnya sesuka hati. Bila perlu, Anda dapat membantu untuk mengecat kamarnya sesuai warna favorit mereka. Dengan demikian, si Kecil akan menjadi lebih betah bermain di kamarnya dan dapat meredam keinginan mereka main di luar.

8. Menggambar bersama

Anda juga dapat mengajak anak menggambar bersama menggunakan krayon maupun melukis menggunakan cat air. Melalui kegiatan menggambar dan melukis bersama, Anda juga dapat merangsang kreativitas dan imajinasi yang dimiliki anak.

9. Olahraga

Meski ruang gerak terbatas, Anda dapat mengajak si Kecil olahraga untuk mengisi libur sekolahnya. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan pentingnya berolahraga sejak dini. Dengan olahraga secara rutin, kesehatan Anda dan si Kecil pun senantiasa terjaga.

Olahraga sederhana di rumah dapat dilakukan dengan mengikuti gerakan senam yang mudah dilakukan melalui internet, atau bila Anda punya halaman rumah, olahraga seperti bulu tangkis dan sepakbola juga dapat dilakukan dalam skala kecil.

Kegiatan-kegiatan di atas memiliki berbagai manfaat yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Lakukan variasi dari beberapa kegiatan di atas agar mereka tidak mudah bosan.

Education World
https://www.educationworld.com/a_curr/profdev073.shtml
Diakses pada 7 April 2020

We Are Teachers
https://www.weareteachers.com/school-holiday-countdown/
Diakses pada 7 April 2020

Community Today
https://community.today.com/parentingteam/post/10-back-to-school-activities-for-post-holiday-intro-lesson
Diakses pada 7 April 2020

Kemenkes
https://covid19.kemkes.go.id/category/situasi-infeksi-emerging/info-corona-virus/
Diakses pada 7 April 2020

Artikel Terkait