logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

Bukan Mistis, Ini Arti Kedutan Mata Kiri Atas Sebenarnya

open-summary

Kedutan mata kiri atas dapat menandakan mata lelah, ketidakseimbangan nutrisi, distonia, hingga bell’s palsy. Untuk mengatasinya, beberapa perawatan rumahan hingga medis dapat dilakukan.


close-summary

14 Agt 2022

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Kedutan mata kiri atas dapat terjadi karena mengonsumsi kafein berlebih

Kedutan mata kiri atas bisa terasa mengganggu

Table of Content

  • Apa itu kedutan mata?
  • Arti kedutan mata kiri atas menurut medis
  • Jenis kedutan mata
  • Cara mengatasi kedutan mata kiri atas

Pernahkah Anda mengalami kedutan mata kiri atas? Menurut primbon, ini dipercaya menandakan rezeki, kebahagiaan, hingga bertemu kekasih yang lama terpisah. Faktanya, ada penjelasan medis mengenai arti kedutan mata kiri atas atau di bagian mata lainnya.. 

Advertisement

"Kedutan terjadi karena gangguan pada sinaps saraf motorik dan otot-otot kelopak mata," kata dr. Hisar Daniel, Sp.M. kepada SehatQ. Sebenarnya, kedutan mata adalah hal yang umum terjadi dan biasanya tidak berbahaya.

Kedutan dapat terjadi di berbagai bagian tubuh, seperti mata kiri atas, mata kiri bawah, bibir atas, bibir bawah, hingga tangan kanan atau kiri. Kondisi ini umumnya hanya berlangsung selama beberapa menit. 

Apa itu kedutan mata?

“Kedutan mata adalah bergetarnya urat-urat pada kelopak mata yang dianggap sebagai alamat atau pertanda dari penyakit atau gangguan tertentu,” tutur Dr. Hisar. 

Kedutan mata terjadi ketika mata bagian atas, kelopak mata, atau mata bagian bawah berdenyut secara berulang. Kejangnya otot-otot kecil dan saraf di sekitar mata dapat memicu kedutan. 

Istilah medis untuk kedutan mata adalah myokymia. Kedutan mata kiri atas dapat menjadi tanda adanya masalah yang menyebabkan kejang pada otot ataupun saraf di sekitar mata.

Beberapa orang bisa mengalami mata kedutan dalam waktu yang cukup panjang. Berhari-hari, minggu, atau bahkan bulan. Jika terus terjadi, kondisi ini tentu saja mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. 

Lantas, apa arti kedutan mata kiri atas?

Arti kedutan mata kiri atas menurut medis

Mulai dari kondisi biasa hingga masalah medis yang memerlukan perhatian, berikut adalah arti kedutan mata kiri atas.

1. Stres

Kedutan mata kiri atas dapat menjadi tanda bahwa Anda mengalami stres. 

Ketika stres, otot-otot dan saraf di sekitar tubuh, termasuk mata, bisa menegang secara berlebihan. Kedutan biasanya berangsur hilang ketika stres mereda.

2. Mata lelah

kedutan mata kiri atas akibat mata lelah
Kedutan mata kiri atas akibat mata lelah

Kebiasaan begadang hingga kurang tidur, terlalu sering menatap ponsel, atau membaca buku dengan durasi waktu yang lama, dapat menyebabkan mata Anda kelelahan.

Mata lelah bisa memicu terjadinya kedutan, termasuk mata kiri atas kedutan. 

Sebaiknya, tidurlah dengan cukup dan hindari kebiasaan yang membuat mata Anda bekerja secara berlebihan.

3. Alergi

Arti kedutan kelopak mata kiri atas dapat menandakan konjungtivitis alergi. 

Kondisi ini dapat menyebabkan mata gatal sehingga sering kali penderitanya mengucek mata untuk menghilangkan rasa tidak nyaman tersebut.

Mengucek mata bisa memicu pengeluaran histamin yang akhirnya dapat mengiritasi mata sehingga memicu terjadinya kedutan. Selain itu, mata dapat menjadi kering, bengkak, ataupun berair. 

Anda bisa menenangkan mata dengan obat tetes mata. Untuk mendapat penanganan yang tepat, sebaiknya periksakan mata Anda ke dokter.

4. Mata kering

Kedutan kelopak mata kiri atas juga bisa menandakan mata kering. Ketika mata terlalu kering, secara tidak sadar Anda menjadi lebih sering berkedip agar mata tetap lembap.

Kedipan tersebut dapat memicu saraf di sekitar mata untuk berkedut. Hindarilah hal-hal yang dapat membuat mata Anda kering, misalnya terlalu lama menatap layar gadget.

5. Nutrisi tidak seimbang

Arti kedutan mata kiri atas terus-menerus bisa menjadi pertanda bahwa nutrisi dalam tubuh Anda tidak seimbang. 

Ketika kekurangan air atau vitamin B, otot dan saraf di sekitar mata dapat terganggu sehingga terjadilah kedutan pada bagian tersebut.

6. Mengonsumsi kafein berlebih

Alasan lainnya kenapa mata kiri atas kedutan adalah konsumsi kafein secara berlebihan. 

Mengonsumsi terlalu banyak kafein dapat membuat sistem saraf menjadi terlalu aktif sehingga menyebabkan kelopak mata berkedut. 

Untuk itu, perhatikan asupan kafein harian Anda. Sebab, semakin tinggi asupan kafein, semakin besar kemungkinan terjadinya kedutan. 

7. Obat-obatan tertentu

Arti kedutan mata kiri atas juga bisa menandakan efek samping obat-obatan tertentu, terutama yang mengobati psikosis dan epilepsi. 

Jika dirasa mengganggu, Anda dapat berkonsultasi pada dokter mengenai efek samping ini. Hindari juga berhenti mengonsumsi obat tanpa saran dari dokter.

8. Distonia 

distonia sebabkan mata kedutan
Kedutan mata kiri atas dapat menjadi tanda distonia

Distonia adalah gangguan kontraksi otot yang menyebabkan gerakan berulang. Kondisi ini dapat mempengaruhi satu bagian tubuh atau lebih. 

Otot mata juga bisa terpengaruh hingga menyebabkan terjadinya kedutan mata kiri atas berhari-hari. Kejang otot yang terjadi dapat berkisar dari ringan hingga berat. 

Distonia mungkin tidak terasa menyakitkan, tetapi dapat mengganggu aktivitas. Kondisi ini bisa terasa lebih buruk ketika Anda stres atau kelelahan.

9. Bell's palsy 

Arti kedutan mata kiri atas selanjutnya yang perlu diwaspadai adalah tanda penyakit bell’s palsy

Bell’s palsy adalah kondisi kelumpuhan pada otot-otot wajah. Masalah ini terjadi ketika saraf yang mengontrol otot-otot wajah meradang atau bengkak.

Bell’s palsy bisa menyebabkan salah satu sisi wajah menjadi kaku atau turun ke bawah. 

Selain kedutan mata, gejala lain yang mungkin terjadi meliputi sulit menunjukkan ekspresi, kedutan wajah, sakit kepala, sulit makan, hingga gangguan bicara.

10. Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson adalah gangguan sistem saraf yang mengganggu gerakan. 

Kondisi ini biasanya diawali dengan tremor pada anggota tubuh tertentu, dan bahkan bisa menyebabkan kekakuan atau keterlambatan gerak.

Penyakit Parkinson juga dapat menunjukkan tanda lainnya, seperti kedutan mata, wajah tidak berekspresi, lengan tidak berayun ketika berjalan, dan berbicara menjadi tidak jelas. Gejalanya bahkan dapat memburuk seiring waktu.

11. Sindrom Tourette

Arti mata kedutan sebelah kiri atas juga bisa menandakan sindrom Tourette. 

Sindrom Tourette adalah kelainan neurologis yang menyebabkan gerakan berulang atau bunyi yang tidak diinginkan, seperti terus berkedip, mengangkat bahu, atau mengeluarkan suara yang tidak biasa.

Kondisi ini bisa terjadi secara sederhana maupun kompleks dengan melibatkan beberapa kelompok otot, termasuk otot mata, sehingga memicu kedutan yang berulang. 

Sebelum sindrom Tourette berkembang, tubuh penderitanya dapat terasa tegang atau gatal.

12. Multiple sclerosis

Multiple sclerosis (MS) adalah penyakit jangka panjang yang dapat mempengaruhi otak, sumsum tulang belakang, dan saraf mata. 

Kondisi ini bisa menyebabkan masalah pada penglihatan, keseimbangan, kontrol otot, dan fungsi tubuh lainnya.

MS terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang pelindung saraf otak (myelin) sehingga saraf menjadi rusak dan membentuk jaringan parut. 

Lemah atau kejang pada otot menjadi tanda dari kondisi ini. Otot mata yang kejang bisa menyebabkan Anda mengalami kedutan di mata kiri atas.

Baca Juga

  • Mengalami Kedutan Jempol Tangan Kiri? Ini 8 Kemungkinan Penyebabnya
  • Berbagai Gangguan Mata Akibat Penggunaan Gadget dan Cara Mengatasinya
  • Ini 8 Makanan untuk Kesehatan Mata Jangka Panjang

Jenis kedutan mata

Ada tiga jenis kedutan mata yang dapat terjadi, yaitu kedutan ringan, kedutan karena blefarospasme ringan, serta spasme di satu sisi wajah.

1. Kedutan ringan

Kedutan ringan sering dikaitkan dengan faktor gaya hidup. Kedutan ringan juga bisa terjadi apabila Anda mengalami iritasi pada permukaan mata atau kornea, serta membran di sekitar kelopak mata (konjungtiva).

2. Blefarospasme ringan

Kedutan akibat blefarospasme ringan umumnya dialami oleh orang dewasa. Kedutan jenis ini bukanlah kondisi serius. Namun pada sebagian kasus, bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Awalnya, kedutan membuat mata Anda berkedip tanpa henti atau mengalami iritasi. Jika bertambah parah, mata bisa menjadi lebih sensitif terhadap cahaya, penglihatan buram, dan kedutan terjadi di bagian lain pada wajah.

Apabila kedutan tidak kunjung berhenti, kelopak mata bisa tertutup hingga beberapa jam. Para ahli percaya, kondisi ini disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan.

3. Hemifasial spasme

Hemifasial spasme atau kedutan di satu sisi wajah adalah kondisi yang jarang terjadi. Kedutan ini melibatkan otot-otot di sekitar mulut dan kelopak mata. 

Berbeda dari kedua jenis sebelumnya, spasme pada satu sisi wajah ini hanya muncul di sisi kanan atau kiri saja.

Pada kebanyakan kasus, spasme terjadi akibat iritasi pada saraf wajah. Hal ini disebabkan oleh pembesaran pembuluh darah yang menekan saraf terlalu kuat.

Baca Juga: 12 Arti Kedutan Bibir Atas Menurut Medis yang Perlu Anda Ketahui

Cara mengatasi kedutan mata kiri atas

Setelah mengetahui arti kedutan mata kiri atas, Anda juga harus memahami cara mengatasinya.

Kedutan mata kiri atas biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, bukan kondisi berbahaya, dan bisa reda dengan sendirinya. 

Namun jika kedutan terjadi cukup kuat, kelopak mata bisa menutup, sebelum akhirnya kembali terbuka. 

Pada kasus berat, kedutan bahkan dapat meluas ke kelopak mata atas dan area kelopak mata bawah, hingga satu sisi wajah. "Kelainan ini disebut sebagai blefarospasme esensial," kata dr. Hisar.

obat tetes mata
Obat tetes mata untuk meredakan mata kering yang kedutan

Sebagai cara mengatasi kedutan mata kiri atas, Dr. Hisar menyarankan Anda untuk:

  • Beristirahat dengan cukup
  • Mengurangi asupan kafein dan alkohol
  • Membatasi kebiasaan merokok
  • Mengurangi stres dengan berolahraga, latihan pernapasan, atau meditasi
  • Menggunakan obat tetes mata untuk meredakan mata kering
  • Mengenakan kacamata jika diperlukan.

Anda juga dapat memberikan kompres hangat pada kelopak mata untuk mengendurkan otot-otot yang tegang dan menghentikan kedutan.

Jika tanda kedutan mata kiri atas disertai dengan kejang pada otot wajah, bengkak atau kemerahan di mata, dan membuat mata tertutup, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter. 

"Bila sudah muncul blefarospasme, dapat dilakukan tindakan injeksi botulinum toxin atau botox. Pada kasus berat, pembedahan bisa dipertimbangkan," tambar dr. Hisar.

Botox akan disuntikkan pada kulit di sekitar mata. Toksin pun dapat melemaskan dan melemahkan otot-otot di area tersebut. Setiap set suntikan botox bisa mencegah kedutan muncul selama sekitar tiga bulan.

Sementara itu, apabila kedutan mata kiri atas masih parah, Anda mungkin memerlukan operasi miektomi. Dalam prosedur ini, dokter akan mengangkat beberapa otot dan saraf kelopak mata untuk menghentikan masalah kedutan.

Dokter juga perlu mengobati kondisi kesehatan yang mendasari mata berkedut. Misalnya, dengan melakukan pengobatan penyakit Parkinson.

Apabila ingin berdiskusi lebih lanjut seputar makna kedutan mata kiri atas, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

mata keringkedutanmata lelah

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved