arti kedutan mata kanan atas secara medis
Kedutan mata kanan atas sering disalahartikan sebagai hal mistis atau klenik

Kedutan di mata sebelah kanan atas punya banyak arti yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia sejak zaman dulu. Katanya, mata kedutan bisa menandakan ada ang rindu dengan Anda, akan mendapat rezeki, atau malah akan "kena sial". Namun, arti dari mata kedutan secara medis jauh dari hal-hal berbau klenik. 

Arti kedutan di mata kanan atas ditilik dari kacamata medis

Seseorang mungkin memang sedang rindu dengan kehadiran Anda di sisinya. Namun percayalah, itu tidak ada hubungannya dengan kedutan di mata kanan atas yang Anda rasakan. Fenomena ini sangat bisa dijelaskan secara logika.

Dalam dunia medis, kedutan di mata sebelah kanan atas disebut dengan orbikularis myokymia.

Orbikularis myokymia adalah sensasi kedutan yang muncul disebabkan oleh kontraksi otot di kelopak mata bagian atas atau bawah menegang dan kejang secara spontan.

Myokymia biasanya terjadi di salah satu sisi mata saja (unilateral) pada satu waktu. Sebagai contoh, satu waktu Anda mengalami kedutan di mata kiri, lalu di waktu lainnya terjadi di mata sebelah kanan. Kedutan jarang terjadi bersamaan pada kedua mata dalam waktu berbarengan. 

Orbikularis myokymia paling umum terjadi di kelopak mata bawah; entah yang kanan atau kiri. Namun, kedutan akibat orbikularis myokimia juga bisa terjadi di sisi atas kelopak mata, baik yang kanan atau kiri.

Dalam kebanyakan kasus, kedutan di kelopak mata tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Penyebab otot-otot di kelopak mata atas mengejang sehingga berkedut tiba-tiba meliputi:

  • Anda sedang stres sehingga butuh relaksasi dan harus istirahat.
  • Mata Anda kelelahan karena terus dipaksa bekerja terlalu keras, misalnya karena terlalu lama menatap layar komputer atau telepon genggam.
  • Gaya hidup Anda tidak sehat, terutama jika sering mengonsumsi alkohol dan kafein serta merokok.
  • Anda kekurangan nutrisi tertentu, terutama magnesium.
  • Anda sedang terpapar alergen sehingga tubuh melepas histamin yang dapat mengakibatkan kedutan mata kanan atas yang dibarengi dengan mata gatal dan berair.
  • Mata Anda kering.

Intensitas kedutan biasanya tidak selalu sama. Ada yang denyutannya lemah hingga nyaris tak terasa, ada pula yang sangat mengganggu hingga Anda merasa harus memeriksakan diri ke dokter.

Kedutan mungkin berlangsung beberapa kali dalam satu hari atau mungkin juga timbul-tenggelam selama beberapa minggu atau bahkan bulan.

Arti kedutan mata di kanan atas yang menandakan penyakit berbahaya

Kebanyakan arti kedutan mata kanan atas memang bukan pertanda penyakit berbahaya. Namun, kondisi ini mungkin juga berhubungan dengan penyakit tertentu.

Kedutan di mata kanan atas bisa menjadi sinyal pertanda bahaya jika:

  • Kedutan berlangsung konstan selama berminggu-minggu
  • Kelopak mata Anda menutup total setiap kali mengalami kedutan
  • Muncul kedutan di area wajah lainnya
  • Mata Anda terlihat merah atau mengeluarkan kotoran dan berair.

Kedutan bisa menandakan adanya kerusakan saraf di sekitar kelopak mata Anda. Kerusakan saraf di sekitar kelopak mata bisa disebabkan oleh penyakit yang dinamakan blefarospasme maupun spasme hemifasial.

Gejala awal blefarospasme adalah kelopak mata yang sering berkedip, kemudian menutup dan tak bisa terbuka lagi. Sementara itu, kedutan akibat spasme hemifasial ditandai dengan denyut yang tidak hanya terjadi pada kelopak mata tapi nyaris di seluruh bagian dari salah satu sisi wajah Anda.

Jika Anda menemui gejala-gejala di atas, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter. Deteksi dini dapat mengurangi risiko terjadinya komplikasi mata yang lebih serius, seperti Bell’s palsy (kondisi yang membuat salah satu sisi wajah Anda terlihat menurun).

Bagaimana cara menghentikan kedutan di mata kanan atas?

Kedutan di mata memang bisa hilang dengan sendirinya. Akan tetapi jika kedutan terasa sangat mengganggu, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakannya, seperti:

  • Memperbanyak tidur atau mengistirahatkan mata
  • Hindari stres
  • Kurangi konsumsi kafein, alkohol, dan merokok
  • Lembabkan mata dengan obat tetes mata yang direkomendasikan oleh dokter.

Jika Anda memeriksakan diri ke dokter mata, ada beberapa jenis perawatan yang bisa Anda lakukan, yakni:

  • Obat tetes mata yang mengandung antihistamin untuk mengatasi rasa gatal dan kedutan.
  • Suntik botulinum toxin alias botox, terutama jika kedutan disebabkan oleh penyakit yang lebih serius, misalnya blefarospasme.
  • Operasi perbaikan otot dan saraf di sekitar kelopak mata (miektomi) yang hanya dilakukan jika opsi pengobatan di atas tidak menghentikan kedutan yang Anda alami.

Semoga penjelasan di atas dapat meluruskan mitos-mitos yang beredar seputar kedutan mata kanan atas. Apabila kedutan berlangsung dalam waktu lama, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri Anda ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/symptoms/eye-twitching/basics/definition/sym-20050838
Diakses pada 19 Desember 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/symptoms/eye-twitching/basics/when-to-see-doctor/sym-20050838
Diakses pada 19 Desember 2019

All About Vision. https://www.allaboutvision.com/conditions/eye-twitching.htm
Diakses pada 19 Desember 2019

American Academy of Ophthalmology. https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/how-to-stop-eye-twitching
Diakses pada 19 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/eyelid-twitch
Diakses pada 19 Desember 2019

Artikel Terkait