Fungsi tulang leher menyokong kepala
Fungsi tulang leher sangat penting untuk menopang dan menggerakan kepala

Tulang leher atau yang memiliki istilah ilmiah cervical vertebrae memiliki peran penting bagi tubuh manusia.  Saking pentingnya, cedera pada tulang leher langsung dianggap sebagai kondisi gawat darurat yang memerlukan penanganan medis.

Fungsi tulang leher

Meskipun merupakan tulang yang kecil dan ringan, tetapi fungsi tulang leher sangatlah besar bagi tubuh. Berikut adalah beberapa fungsi tulang leher yang perlu Anda ketahui.

  • Penyokong leher dan kepala

Tulang leher beserta dengan otot di sekitarnya sangat berperan dalam menyokong leher dan kepala. Fungsi tulang leher adalah memberikan dan mempertahankan postur pada leher.

  • Membentuk struktur leher

Salah satu fungsi tulang leher yang jarang disadari adalah membentuk struktur atau bentuk dari leher. Tanpa tulang leher, leher tidak akan memiliki bentuk yang kokoh seperti sekarang ini.

  • Terlibat dalam pergerakan kepala dan leher

Pergerakan kepala yang melibatkan kepala bergerak ke kiri dan kanan dipicu oleh pergerakan di persendian yang terletak di tulang leher. Tidak hanya itu, tulang leher juga berperan dalam membantu pergerakan kepala saat menengadah dan perputaran leher.

  • Menjaga stabilitas dan pergerakan kepala

Fungsi tulang leher berikutnya adalah menjaga stabilitas serta mobilitas dari kepala saat bergerak dan menghubungkannya dengan tulang belakang lainnya. Tulang leher mampu melakukannya karena memiliki fleksibilitas yang memadai.

  • Pelindung bagi saraf dan pembuluh darah

Fungsi tulang leher tidak hanya sekedar menjadi jalur tempat saraf dan pembuluh darah di leher, tetapi juga menjadi pelindung bagi saraf dan pembuluh darah di tulang belakang dari kerusakan, karenanya cedera pada tulang leher perlu segera untuk diatasi.

Mengenal tulang leher lebih jauh

Tulang leher bukanlah tulang yang satu kesatuan, seperti tulang lengan atas, dan tulang lainnya, tetapi merupakan kumpulan tulang dari ruas-ruas tulang leher yang lebih kecil. Tulang leher terdiri dari tujuh ruas tulang leher yang dinamakan C1 sampai C7.

C1 dikenal dengan nama atlas dan C2 dikenal sebagai aksis. Kedua ruas tulang leher ini yang sangat berperan dalam pergerakan leher dan kepala. C1 merupakan ruas tulang leher pertama yang menghubungkan tengkorak dengan ruas tulang leher lainnya.

Sementara C2 membantu agar C1 bisa berotasi dan terlibat dalam pergerakan kepala. Ruas tulang leher C3 sampai C7 tidak memiliki nama khusus. C7 merupakan ruas tulang leher yang paling terakhir dan merupakan salah satu tulang yang bisa muncul di kulit bagian belakang leher.

Gangguan pada fungsi tulang leher

Segala masalah yang mengganggu fungsi tulang leher perlu diperiksa dan ditangani dengan segera. Anda bisa mengalami keretakan dan dislokasi pada tulang leher yang dapat diakibatkan oleh hantaman benda keras, kecelakaan mobil, jatuh, ataupun cedera saat olahraga. Perhatikan juga saat seseorang cedera dan diperkirakan mengenai tulang leher, jangan sembarangan menggerakkan leher atau tubuhnya. Leher dan punggung harus dalam keadaan lurus dan stabil ketika dipindahkan posisinya.

Saat Anda mengalami cedera yang menyebabkan keretakan ataupun dislokasi pada leher, Anda dapat mengalami nyeri dan kekakuan pada leher. Jika cedera sampai mengganggu saraf dalam tulang leher, Anda bisa mengalami kelemahan atau kebas di paha atau lengan.

Pada kasus tertentu, keretakan pada tulang leher dapat melukai saraf tulang belakang yang membuat penderitanya kesulitan untuk bernapas atau tidak mampu untuk menarik napas dengan dalam.

Keretakan atau cedera pada ruas tulang leher C2 sangatlah berbahaya dan dapat menyebabkan kelumpuhan sampai kematian. Oleh karenanya, segera bawa ke dokter bila Anda atau kerabat mengalami cedera pada tulang leher.

Healthline. https://www.healthline.com/human-body-maps/cervical-spine-vertebrae#1
Diakses pada 10 Januari 2020

Innerbody. https://www.innerbody.com/anatomy/skeletal/cervical-vertebrae-lateral
Diakses pada 10 Januari 2020

Physiopedia. https://www.physio-pedia.com/Cervical_Vertebrae
Diakses pada 10 Januari 2020

USC. https://www.uscspine.com/conditions-treated/neck-disorders/cervical-spine-fractures-dislocations/
Diakses pada 10 Januari 2020

Artikel Terkait