Fungsi Tulang Leher yang Meski Kecil Namun Esensial


Fungsi tulang leher tidak hanya sekadar penopang kepala saja, baca selengkapnya di sini.

(0)
10 Jan 2020|Anita Djie
Fungsi tulang leher salah satunya adalah menopang kepalaFungsi tulang leher sangat penting untuk menopang dan menggerakan kepala
Tulang leher atau yang memiliki istilah ilmiah cervical vertebrae memiliki peran penting bagi tubuh manusia.  Saking pentingnya, cedera pada tulang leher langsung dianggap sebagai kondisi gawat darurat yang memerlukan penanganan medis.Tulang leher terletak diantara tulang punngu dan tulang tengkorak yg terdiri dari 7 ruas tulang yg di ruas pertama sering disebut tulabg atlas dan berbeda dengan 6 ruas lainnya. Tulang leher bisa memutar, oleh karena itu bisa menggelengkan kepala dan menunduk, untuk menopang tulang tengkorak, agar bisa menggelengkan kepala.

Fungsi tulang leher

Meskipun merupakan tulang yang kecil dan ringan, tetapi fungsi tulang leher sangatlah besar bagi tubuh. Berikut adalah beberapa fungsi tulang leher yang perlu Anda ketahui.

1. Penyokong leher dan kepala

Tulang leher beserta dengan otot di sekitarnya sangat berperan dalam menyokong leher dan kepala. Fungsi tulang leher adalah memberikan dan mempertahankan postur pada leher.

2. Membentuk struktur leher

Salah satu fungsi tulang leher yang jarang disadari adalah membentuk struktur atau bentuk dari leher. Tanpa tulang leher, leher tidak akan memiliki bentuk yang kokoh seperti sekarang ini.

3. Terlibat dalam pergerakan kepala dan leher

Pergerakan kepala yang melibatkan kepala bergerak ke kiri dan kanan dipicu oleh pergerakan di persendian yang terletak di tulang leher. Tidak hanya itu, tulang leher juga berperan dalam membantu pergerakan kepala saat menengadah dan perputaran leher.

4. Menjaga stabilitas dan pergerakan kepala

Fungsi tulang leher berikutnya adalah menjaga stabilitas serta mobilitas dari kepala saat bergerak dan menghubungkannya dengan tulang belakang lainnya. Tulang leher mampu melakukannya karena memiliki fleksibilitas yang memadai.

5. Pelindung bagi saraf dan pembuluh darah

Fungsi tulang leher tidak hanya sekedar menjadi jalur tempat saraf dan pembuluh darah di leher, tetapi juga menjadi pelindung bagi saraf dan pembuluh darah di tulang belakang dari kerusakan, karenanya cedera pada tulang leher perlu segera untuk diatasi.

Mengenal tulang leher lebih jauh

Tulang leher bukanlah tulang yang satu kesatuan, seperti tulang lengan atas, dan tulang lainnya, tetapi merupakan kumpulan tulang dari ruas-ruas tulang leher yang lebih kecil. Tulang leher terdiri dari tujuh ruas tulang leher yang dinamakan C1 sampai C7.C1 dikenal dengan nama atlas dan C2 dikenal sebagai aksis. Kedua ruas tulang leher ini yang sangat berperan dalam pergerakan leher dan kepala. C1 merupakan ruas tulang leher pertama yang menghubungkan tengkorak dengan ruas tulang leher lainnya.Sementara C2 membantu agar C1 bisa berotasi dan terlibat dalam pergerakan kepala. Ruas tulang leher C3 sampai C7 tidak memiliki nama khusus. C7 merupakan ruas tulang leher yang paling terakhir dan merupakan salah satu tulang yang bisa muncul di kulit bagian belakang leher.

Gangguan pada fungsi tulang leher

Segala masalah yang mengganggu fungsi tulang leher perlu diperiksa dan ditangani dengan segera. Anda bisa mengalami keretakan dan dislokasi pada tulang leher yang dapat diakibatkan oleh hantaman benda keras, kecelakaan mobil, jatuh, ataupun cedera saat olahraga. Perhatikan juga saat seseorang cedera dan diperkirakan mengenai tulang leher, jangan sembarangan menggerakkan leher atau tubuhnya. Leher dan punggung harus dalam keadaan lurus dan stabil ketika dipindahkan posisinya.Saat Anda mengalami cedera yang menyebabkan keretakan ataupun dislokasi pada leher, Anda dapat mengalami nyeri dan kekakuan pada leher. Jika cedera sampai mengganggu saraf dalam tulang leher, Anda bisa mengalami kelemahan atau kebas di paha atau lengan.Pada kasus tertentu, keretakan pada tulang leher dapat melukai saraf tulang belakang yang membuat penderitanya kesulitan untuk bernapas atau tidak mampu untuk menarik napas dengan dalam.Keretakan atau cedera pada ruas tulang leher C2 sangatlah berbahaya dan dapat menyebabkan kelumpuhan sampai kematian. Oleh karenanya, segera bawa ke dokter bila Anda atau kerabat mengalami cedera pada tulang leher.

Penyebab tulang leher nyeri

Keluhan sakit punggung sering kali di sertai dengan rasa nyeri dan tegang di bagian tubuh lain, seperti bahu, leher, lengan dan tulang belikat. Berbagai penyebab sakit punggung:

1. Duduk terlalu lama

Posisi ini dapat menekan saraf-saraf di punggung dan membuat otot punggung kaku, sehingga berpotensi membuat sakit punggung atas.

2. Kurang olahraga

Akan membuat otot tubuh menjadi lemah, sehingga tidak mampu menompang tubuh dengan baik.

3. Cedera

Cedera pada kulit, otot, tulang serta saraf punggung. Cedera dapat disebabkan karena kecelakaan atau trauma.

4. Tendinitis

Kondisi dimana jaringan ikat berfungsi untuk menyambungkan otot dan tulang (tendon) di dalam tubuh mengalami peradangan.

5. Patah tulang

Patah tulang bisa terjadi karena terjatuh, kecelakaan atau trauma.Selain beberapa faktor diatas kondisi yang dapat menyebabkan nyeri punggung dan belikat adalah skoliosis, osteoporosis dan osteoartritis.Cara mengatasi dan mencegah sakit punggung dan belikat :
  • Kompres dengan air dingin dibagian punggung atau tengkuk untuk meredakan rasa nyeri
  • Perbanyak istirahat
  • Mengenakan korset khusus yang dapat memperbaiki postur tulang belakang, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter megenai korset yang cocok dengan kondisi Anda
  • Menjaga berat badan tetap ideal
  • Rutin berolahraga seperti yoga, berenang dan pola hidup sehat
Nyeri yang anda alami kemungkinan berasal dari otot dan sendiri. Beberapa penyebab yang paling sering adalah mengalami cedera atau trauma, melakukan kegiatan berat tanpa pemanasan, mengalami stres dan tegang. Selain itu bisa juga karena mengkonsumsi obat tertentu, kurangnya kalium dan kalsium serta gangguan klinis seperti fibromyalgia, flu, malaria, lupus dan lainnya.Terapi yang bisa dilakukan di rumah mengistirahatkan bagian tubuh yang terasa nyeri dan sakit, mengkonsumsi obat anti nyeri yang dijual bebas dan kompres es untuk nyeri atau bengkak. Dan anda juga bisa melakukan peregangan otot, tidak melakukan aktivitas berat, istirahat cukup dan mengurangi stres. Bila keluhan masih ada anda bisa konsultasi lebih lanjut dengan Dokter untuk pemeriksaan lab atau radiologi bila diperlukan.Konsultasikan lebih lanjut ke dokter syaraf jika keluhan sakit punggung Anda tidak kunjung membaik atau bertambah parah dan muncul gejala lain seperti sakit kepala berat, nyeri dada, pusing, nyeri dan kaku leher, demam, mati rasa dan kelemahan pada salah satu tubuh.
masalah tulangkesehatan tulanghidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/human-body-maps/cervical-spine-vertebrae#1
Diakses pada 10 Januari 2020
Innerbody. https://www.innerbody.com/anatomy/skeletal/cervical-vertebrae-lateral
Diakses pada 10 Januari 2020
Physiopedia. https://www.physio-pedia.com/Cervical_Vertebrae
Diakses pada 10 Januari 2020
USC. https://www.uscspine.com/conditions-treated/neck-disorders/cervical-spine-fractures-dislocations/
Diakses pada 10 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait