6 Manfaat Buah Ceri yang Perlu Anda Ketahui, Apa Saja?


Manfaat buah ceri terbukti baik untuk kesehatan. Tidak hanya untuk dekorasi kue saja, buah ceri berkhasiat untuk meningkatkan kualitas tidur dan menjaga kesehatan jantung.

0,0
10 Dec 2019|Anita Djie
Manfaat buah ceri berasal dari nutrisi yang terkandunvManfaat buah ceri berasal dari segudang nutrisi yang baik untuk kesehatan
Manfaat buah ceri tentu baik untuk kesehatan. Tidak hanya sebagai dekorasi kue ulang tahun, buah dengan warna dan bentuknya yang menarik ini juga mampu mengurangi beragam risiko penyakit. 
Di balik bentuknya yang mungil dan warna yang cantik, buah cherry mengandung berbagai nutrisi yang menyehatkan.

Manfaat buah ceri untuk kesehatan

Perlu diketahui, buah ceri terdiri dari dua jenis, yaitu ceri asam dan ceri manis. Pada ceri asam, kadar kalorinya lebih rendah. Selain itu, kadar vitamin C dan beta karoten-nya lebih tinggi. Berdasarkan warnanya, cherry terbagi menjadi dua jenis, yaitu ceri merah dan ceri hitam.Inilah khasiat buah ceri yang bisa Anda rasakan:

1. Mengandung banyak nutrisi

Kandungan buah ceri yang diperlukan tubuh terdiri dari:
  • Karbohidrat.
  • Kalium.
  • Vitamin C.
  • Protein.
  • Serat.
  • Kalori.
Buah ceri mengandung vitamin C. Selain itu, kandungan lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh adalah serat dan kalium. Vitamin C berfungsi menjaga sistem imun tubuh serta baik untuk kulit. Kalium dibutuhkan untuk memelihara kesehatan saraf, pengaturan gula darah, dan fungsi tubuh lainnya. Lalu, serat bermanfaat menjaga kesehatan pencernaan.

2. Mempercepat pemulihan otot sehabis olahraga

Mnafaat buah ceri mampu meredakan nyeri otot akibat berolahraga
Mnafaat buah ceri mampu meredakan nyeri otot akibat berolahraga
Untuk Anda yang sering berolahraga, perbanyaklah mengonsumsi buah ceri. Pasalnya, menurut sebuah penelitian dari Journal of the International Society of Sports Nutrition, manfaat ceri mampu meredakan nyeri, peradangan, dan kerusakan yang disebabkan oleh aktivitas berolahraga. Sebab, saat makan ceri, ada kandungan antiinflamasi dan antioksidan di dalamnya.Penelitian tersebut juga menyebutkan, manfaat buah ceri dalam bentuk mempercepat pemulihan otot, nyeri otot, dan juga kehilangan tenaga pada para atlet pesepeda dan juga pelari maraton.Namun, penelitian yang dilakukan ini mengacu pada ekstrak buah ceri, bukan untuk buah yang utuh. Tetapi tidak ada salahnya mencoba makan buah ini lebih banyak untuk otot yang lebih sehat.

3. Mengandung banyak antioksidan dan antiinflamasi

Meski tiap jenis buah ceri memiliki jumlah kandungan nutrisi yang berbeda, tetapi semuanya memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang tinggi. Buah ceri mengandung zat polifenol yang tinggi. Polifenol bermanfaat sebagai zat antiinflamasi yang mampu melawan kerusakan sel, dan berbagai kondisi yang muncul akibat peradangan.Selain itu, zat antioksidan pada buah merah ini membawa manfaat buah ceri berupa melawan proses penuaan dini akibat radikal bebas. Dengan makan buah ceri, Anda dapat terlihat lebih muda.

4. Mengurangi gejala artritis dan asam urat

Manfaat buah ceri selanjutnya adalah meredakan nyeri yang timbul di persendian akibat asam urat. Sebab, buah ceri mengandung zat antiinflamasi yang tinggi. Makan buah ceri secara rutin juga bermanfaat menurunkan penyakit asam urat.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat buah ceri bisa membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan melatonin pada buah merah ini. Melatonin sendiri merupakan zat yang bisa mengatur siklus tidur dan bangun pada tubuh manusia.Sebuah studi dari European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa 20 orang yang mengonsumsi jus ekstrak buah ceri selama 7 hari mengalami peningkatan kualitas dan durasi tidur.Namun, perlu diingat, penelitian ini berkaitan dengan ekstrak buah ceri. Sampai saat ini masih belum ada penelitian lanjut yang membahas apakah makan buah ceri secara utuh dapat memberikan efek yang sama atau tidak.

6. Melindungi organ jantung

Kandungan polifenol dan kalium memberikan manfaat buah ceri berupa menjaga kesehatan jantung
Kandungan polifenol dan kalium memberikan manfaat buah ceri berupa menjaga kesehatan jantung
Kandungan antioksidan polifenol dan kalium pada buah ceri sangat berperan dalam membantu menjaga kesehatan jantungKalium dalam buah ceri membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah, menjaga kesehatan otot dan saraf, serta mengeluarkan sodium berlebih dalam tubuh.Selain itu, ceri juga memiliki manfaat mengurangi risiko hipertensi.Sebab, buah cherry mampu membantu menurunkan kadar endotelin, yakni senyawa yang membuat pembuluh darah menyempit sehingga menaikkan tekanan darah.

7. Menjaga kekebalan tubuh

Manfaat buah ceri ternyata membantu memperkuat kekebalan tubuh. Selain karena kandungan vitamin C, buah ceri kaya akan senyawa flavonoid yang bekerja sebagai antivirus dan antioksidan. Bahkan, flavonoid mampu mengurangi risiko rusaknya sel akibat zat penyebab kanker.

8. Mengurangi kolesterol dan risiko diabetes

Manfaat buah ceri yang satu ini didapat dari kadar serat. Terbukti, selain membantu mengatasi sembelit, serat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) hingga mengontrol kadar gula darah.

Cara mengolah buah ceri

Salah satu kehebatan buah ceri adalah kandungan antioksidan di dalamnya yang cukup “tangguh”. Sebab, baik dijus, dikeringkan, maupun dimakan secara langsung dalam keadaan segar, kadar antioksidannya tidak berkurang.Namun, kadar antioksidan buah ceri akan berkurang bila sudah diawetkan dalam kaleng atau dibekukan. Bagaimana pun juga, antioksidan pada manfaat buah ceri tetap baik untuk kesehatan tubuh.

Efek samping makan buah ceri

Umumnya, Anda tidak akan merasakan efek samping yang serius saat mengonsumsi buah ceri, kecuali Anda memiliki alergi terhadap buah tersebut.Pada beberapa orang, makan buah ceri bisa memicu ketidaknyamanan dalam perut dan diare. Bila Anda menerapkan diet yang tinggi serat, Anda bisa saja mengalami kram perut, kembung, dan perut yang bergas seusai mengonsumsi buah ceri.Apabila Anda mengalami reaksi alergi setelah makan buah ceri, seperti sesak napas, ruam-ruam, dan tenggorokan yang menutup, segera konsultasikan pada dokter.

Catatan dari SehatQ

Manfaat buah ceri bisa didapat dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Bahkan, makanan sehat yang satu ini mampu melindungi tubuh dari risiko penyakit.Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut terkait buah ceri maupun manfaat makan buah lainnya, konsultasikan ke dokter gizi atau ahli gizi terdekat. Anda juga bisa chat gratis dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuranpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/cherries-benefits
Diakses pada 9 Desember 2019
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/413875-the-side-effects-of-cherries/
Diakses pada 9 Desember 2019
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/440321-benefits-of-eating-cherries/
Diakses pada 9 Desember 2019
Journal of the International Society of Sports Nutrition. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4880859/
Diakses pada 2 Juli 2021
European Journal of Nutrition. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22038497/
Diakses pada 2 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait