Kebutuhan Kalori Ibu Hamil dan Cara Memenuhinya


Kebutuhan kalori ibu hamil harus sesuai kebutuhan supaya nutrisi bagi tumbuh kembang janin dapat terpenuhi. Jumlah kalori yang dibutuhkan ibu hamil berbeda-beda di setiap trimesternya, yakni tidak perlu tambahan di trimester pertama, 300-350 kalori di trimester kedua, dan 550 di ketiga.

(0)
26 Dec 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kebutuhan kalori ibu hamil umumnya berbeda-beda di tiap trimesterKebutuhan kalori ibu hamil dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan sehat
Kalori merupakan energi berupa panas yang dibutuhkan tubuh untuk dapat berfungsi secara normal. Dengan kata lain, kalori adalah bahan bakar tubuh. Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda, termasuk bagi ibu hamil. Kebutuhan kalori ibu hamil harus sesuai kebutuhan supaya nutrisi bagi tumbuh kembang janin dapat terpenuhi.Kalori yang dibutuhkan ibu hamil dapat terus meningkat seiring bertambahnya usia janin. Selain itu, kebutuhan kalori setiap ibu hamil mungkin berbeda satu sama lain, tergantung kondisinya sebelum memasuki kehamilan.

Kebutuhan kalori ibu hamil

Secara umum, seorang wanita dewasa aktif rata-rata membutuhkan 2000 kalori setiap harinya. Pada masa kehamilan, kebutuhan kalori ibu hamil bukan berarti meningkat menjadi dua kali lipat. Berikut adalah perhitungan rata-rata kalori yang dibutuhkan ibu hamil.

1. Trimester pertama (minggu pertama hingga akhir minggu ke-13)

Pada trimester pertama, Anda mungkin tidak membutuhkan kalori tambahan dari jumlah kalori normal yang biasa disarankan (2000 kalori).Dalam trimester ini, fokuskan perhatian Anda pada makanan bergizi tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan kalori sekaligus mendukung perkembangan janin.

2. Trimester kedua (minggu ke-14 hingga akhir minggu ke-27)

Pada trimester kedua, kebutuhan kalori Anda dapat meningkat sebanyak 300-350 kalori di setiap harinya. Usahakan konsumsi sumber kalori yang menyehatkan dan menunjang tumbung kembang janin Anda.

3. Trimester ketiga (minggu ke-28 hingga akhir masa kehamilan)

Memasuki trimester ketiga atau trimester akhir kehamilan, kebutuhkan kalori Anda dapat meningkat sebanyak 500 kalori setiap harinya. Sama seperti di trimester sebelumnya, konsumsi sumber-sumber kalori yang menyehatkan dan bernutrisi tinggi untuk membantu tumbuh kembang janin.

Faktor penentu kebutuhan kalori ibu hamil

Angka kebutuhan kalori ibu hamil yang disebutkan sebelumnya bukanlah angka pasti, melainkan angka rata-rata yang dibutuhkan. Sebab, kalori yang dibutuhkan ibu hamil dapat berbeda antara satu dengan yang lainnya.Jumlah kalori yang Anda butuhkan saat hamil bergantung pada:
  • Tinggi badan
  • Berat badan saat ini
  • Seberapa aktif Anda
  • Komposisi tubuh dan faktor genetik.
Untuk membantu mengkalkulasi kebutuhkan kalori, berikut adalah total penambahan berat badan normal pada masa kehamilan:
  • 11-16 kilogram untuk wanita dengan berat badan normal
  • 4-9 kilogram untuk wanita dengan kelebihan berat badan
  • 16-20 kilogram untuk wanita kurus atau wanita dengan hamil kembar.
Karena kondisi tubuh setiap ibu hamil bisa berbeda, maka kebutuhan kalorinya pun berbeda. Misalnya, jika Anda wanita kurus dengan hidup aktif, Anda akan membutuhkan lebih banyak asupan kalori dibandingkan ibu hamil dengan kelebihan berat badan.

Sumber kalori untuk ibu hamil

Untuk mengetahui apakah kebutuhan kalori ibu hamil telah tercukupi, Anda tidak harus menghitung kalori setiap makanan yang hendak dikonsumsi.Cukup perhatikan timbangan berat badan setiap minggu. Jika jumlah kenaikan telah sesuai dengan yang ditargetkan, itu artinya kebutuhan kalori ibu hamil terpenuhi.Untuk mendapatkan jumlah kalori dan kenaikan berat badan yang diharapkan, berikut sumber kalori yang dibutuhkan ibu hamil.
  • Roti, sereal, nasi, dan pasta sebagai sumber karbohidrat. Anda dapat mengonsumsinya 9-11 porsi sehari. Salah satu sumber kalori terbaik adalah produk gandum utuh serta makanan yang difortifikasi asam folat dan zat besi.
  • Sayur-mayur sebagai sumber vitamin A dan C, asam folat, zat besi, dan magnesium yang baik. Konsumsi makanan ini sebanyak 4-5 porsi dalam sehari. Setidaknya konsumsi 2 porsi harian berupa sayuran berdaun hijau.
  • Buah-buahan dapat memenuhi kebutuhan vitamin A dan C, kalium, dan serat. Pilihlah buah dan jus segar tanpa gula atau susu tambahan. Makanlah sebanyak 3-4 porsi sehari. Buah-buahan yang paling direkomendasikan adalah buah yang kaya vitamin C, seperti jeruk, jambu, melon, dan beri.
  • Produk susu sebagai sumber protein, kalsium, dan fosfor. Jika perlu membatasi asupan kalori dan kolesterol, pilih produk susu tanpa lemak. Konsumsi produk susu 3 porsi setiap harinya dalam bentuk susu, keju, atau yogurt.
  • Daging, unggas, ikan, telur, dan kacang-kacangan adalah sumber vitamin B, protein, zat besi, dan zinc. Untuk memenuhi kalori ibu hamil Anda dapat mengonsumsi jenis makanan ini sebanyak 3 porsi dalam sehari.
Jika Anda memiliki diet khusus, seperti vegetarian, intoleransi laktosa, penyakit Celiac, dan semacamnya, segera konsultasikan dengan dokter kandungan dan ahli gizi untuk perencanaan diet khusus yang dapat memenuhi kebutuhan kalori ibu hamil.Jika Anda punya pertanyaan lain seputar kebutuhan nutrisi ibu hamil, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
nutrisi ibu hamilmakanan untuk hamil
Baby Centre UK. https://www.babycentre.co.uk/x568598/how-many-calories-a-day-do-i-need-while-im-pregnant
Diakses 14 Desember 2020
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/calories-diet/
Diakses 14 Desember 2020
Medline Plus. https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000584.htm
Diakses 14 Desember 2020
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/what-is-a-calorie-and-why-should-i-care-3496238
Diakses 14 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait