Mengenal Kebutuhan Emosional dalam Hubungan agar Makin Awet dengan Pasangan


Kebutuhan emosional merupakan hal penting yang harus dipenuhi untuk bisa menciptakan hubungan yang sehat dan bahagia. Beberapa hal yang termasuk ke dalamnya meliputi kasih sayang, kepercayaan, keterbukaan, kebersamaan, empati, hingga apresiasi.

0,0
Setiap orang memiliki kebutuhan emosional yang berbeda-bedaKebutuhan emosional punya peranan penting dalam hubungan
Dalam suatu hubungan, ada beberapa kebutuhan yang perlu dipenuhi oleh setiap pasangan. Salah satu kebutuhan yang punya peranan penting dalam terwujudnya  healthy relationship (hubungan yang sehat) adalah kebutuhan emosional.Apa sajakah yang termasuk ke dalam kebutuhan emosional? Lalu, bagaimana bentuknya? Simak pembahasannya berikut.

Apa saja yang termasuk kebutuhan emosional?

Kebutuhan emosional adalah kebutuhan yang bisa membuat perasaan menjadi lebih tenang, utuh, dan bahagia. Berbeda dengan kebutuhan fisik, Anda dan pasangan memang tak dapat melihat atau menyentuhnya secara langsung. Namun, kebutuhan ini mempunyai makna yang mendalam dalam hubungan.Berikut ini beberapa hal yang termasuk ke dalam kebutuhan emosional:

1. Kasih sayang

Kasih sayang merupakan salah satu kebutuhan emosional dalam hubungan. Kebutuhan ini membantu mengikat dan meningkatkan kedekatan Anda dengan pasangan. Tidak semua orang memiliki cara yang sama untuk menunjukkan kasih sayang mereka kepada pasangan. Bentuk-bentuk kasih sayang yang umum dilakukan meliputi sentuhan fisik, keintiman seksual, kata-kata cinta, dan perlakuan manis kepada atau dari pasangan.

2. Penerimaan

Mengetahui bahwa pasangan menerima Anda apa adanya bisa membantu menciptakan rasa memiliki dalam hubungan. Ketika tidak diterima dengan baik oleh pasangan, Anda mungkin akan merasa tidak nyaman dalam menjalani hubungan.Beberapa contoh penerimaan yang dapat membantu meningkatkan rasa ingin memiliki, antara lain:
  • Memperkenalkan pasangan ke keluarga, sahabat, atau orang-orang terdekat
  • Merencanakan kegiatan yang akan dilakukan bersama
  • Berbagi mimpi dan tujuan untuk masa depan hubungan
  • Meminta saran pasangan saat hendak membuat keputusan

3. Keterbukaan

Sikap terbuka adalah salah satu kebutuhan emosional yang harus dipenuhi supaya hubungan bisa berjalan dengan sehat. Ketidakterbukaan membuat komunikasi Anda dan pasangan tidak berjalan dengan lancar. Sebagai contoh, ketika Anda sedang tertimpa masalah yang merusak mood, sampaikan kepada pasangan. Jangan malah diam karena dapat memicu pertengkaran.

4. Apresiasi

Memberikan apresiasi kepada pasangan dapat membantu memenuhi kebutuhan emosional dalam hubungan. Lewat apresiasi yang Anda berikan, pasangan akan merasa dihargai. Beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan seperti memberi pujian, mengapresiasi pencapaian pasangan, dan menghindari untuk memberikan kritikan pedas. 

5. Kebersamaan

Beberapa pasangan menginginkan adanya kebersamaan dalam hubungan untuk memenuhi kebutuhan emosional mereka. Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda dan pasangan dapat melakukan aktivitas bersama seperti pergi liburan berdua.

6. Kepercayaan

Memberikan dan tidak menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan pasangan membantu memenuhi kebutuhan emosional dalam hubungan. Kepercayaan memang tidak bisa datang begitu saja dan akan tumbuh sendirinya seiring berjalannya waktu. Saat kepercayaan rusak, hubungan Anda dan pasangan akan ikut bermasalah. 

7. Empati

Dengan sikap empati, Anda bisa membayangkan bagaimana perasaan orang lain. Kemampuan ini sangatlah penting dalam hubungan karena membantu Anda dan pasangan untuk memahami satu sama lain dan membangun ikatan yang lebih dalam.

8. Prioritas

Dalam hubungan, beberapa orang ingin agar pasangan memprioritaskan mereka. Ketika dinomorduakan, muncul perasaan bahwa pasangan sudah tidak menghargai keberadaan mereka. Ketika Anda tidak bisa mendahulukan pasangan karena alasan tertentu, cobalah mendiskusikannya bersama.

9. Memberi ruang atau jarak

Keterikatan merupakan salah satu kebutuhan emosional yang penting di dalam hubungan, namun beberapa orang tetap memerlukan ruang sendiri. Arti memberi ruang di sini adalah Anda dan pasangan masih mempunyai kebebasan untuk melakukan hal-hal positif sesuai keinginan. Salah satu tindakan yang bisa memenuhi kebutuhan ini yaitu menghargai privasi pasangan.

Kebutuhan emosional masing-masing pasangan berbeda

Kebutuhan emosional masing-masing pasangan dapat berbeda satu sama lain. Beberapa orang mungkin akan merasa bahagia ketika diprioritaskan pasangan, namun ada juga yang tidak membutuhkannya.Agar hubungan dapat berjalan dengan baik dan sehat, cobalah untuk berdiskusi soal kebutuhan emosional apa yang dibutuhkan oleh Anda dan pasangan. Dengan begitu, Anda dan pasangan dapat menjalani hubungan dengan gembira, bersemangat, dan jauh dari perasaan sakit hati.

Catatan dari SehatQ

Kebutuhan emosional merupakan hal penting yang harus dipenuhi untuk dapat menciptakan healthy relationship. Jika tidak terpenuhi dengan baik, hal ini dapat membuat hubungan Anda dan pasangan berjalan tidak nyaman dan penuh masalah.Beberapa kebutuhan emosional yang ingin didapat pasangan dalam hubungan antara lain kasih sayang, kepercayaan, keterbukaan, kebersamaan, empati, hingga apresiasi. Untuk mengetahui kebutuhan masing-masing, diskusikan apa yang jadi keinginan Anda dan pasangan bersama.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
menjalin hubungan
Healthline. https://www.healthline.com/health/emotional-needs
Diakses pada 22 Agustus 2021
Pyschology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/in-it-together/202002/10-emotional-needs-couples
Diakses pada 22 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait