Sering mengeluh atau menggerutu, terutama di depan pasangan adalah penyebab pria ilfeel 
Perempuan mungkin memiliki sederet kebiasaan atau sifat yang dapat membuat pria ilfeel alias hilang feeling

Pria Anda mungkin saja jatuh cinta dengan kepribadian dan penampilan Anda yang cantik maksimal. Akan tetapi, tanpa disadari perempuan mungkin memiliki sederet kebiasaan atau sifat yang dapat membuat pria ilfeel alias hilang feeling, lho.

Kebiasaan wanita yang membuat pria ilfeel alias hilang feeling

Hubungan yang sehat adalah salah satu kunci untuk menjalankan hidup yang bahagia. Meski demikian, membangun hubungan yang sehat dengan pasangan ternyata bukan tugas yang mudah. 

Ada banyak hal-hal yang sebenarnya terlihat sederhana, tetapi justru menjadi rumit dan sulit dicapai. Salah satunya adalah kebiasaan atau sifat yang ternyata membuat pria terganggu, merasa tidak suka atau nyaman, bahkan ilfeel alias hilang feeling

Akibatnya, bukan tidak mungkin pria akan mundur dengan teratur dari Anda. Nah, berikut adalah beberapa kebiasaan perempuan yang bisa membuat pria ilfeel.

1. Terlalu suka mengkritik

Proporsi komunikasi dalam hubungan yang sehat adalah 80% di mana Anda perlu mengatakan hal-hal yang positif atau netral. Kemudian, sisanya dapat berupa ucapan yang bersifat kritis dan tertuju langsung pada pasangan Anda. 

Sayangnya, ada beberapa pasangan yang justru terlalu banyak mengeluh dan mengkritik hal-hal kecil yang dilakukan oleh prianya sehingga hal positif yang dilakukan pasangan menjadi tertutupi. Misalnya, Anda mengeluh pria Anda seringkali cuek terhadap penampilan atau kurang memperhatikan kerapian kamar.  

Nah, jika Anda berada di posisi yang kedua maka bukan tidak mungkin membuat pria ilfeel. Sebagai solusinya, mungkin Anda bisa mengurangi kritikan atau keluhan yang sering dilontarkan kepada pasangan. 

Sering mengkritik dapat membuat pria ilfeel, berkecil hati, dan merasa tidak berguna karena Anda mengeluh lebih banyak dibandingkan memuji mereka. 

Maka dari itu, cobalah untuk mengurangi kebiasan tersebut dan lebih menghargai pasangan pria Anda demi menjaga hubungan tetap awet dan harmonis. 

2. Sulit mengungkapkan perasaan

Sulit mengungkapkan perasaan juga menjadi salah satu penyebab pria ilfeel
Sulit mengungkapkan perasaan bisa berujung pada hubungan tidak sehat

Sulit mengungkapkan perasaan juga menjadi salah satu penyebab pria ilfeel. Wajar saja, hal ini akan menyebabkan Anda berdua kesulitan dalam berkomunikasi. 

Misalnya, Anda kesulitan mengungkapkan apa yang Anda inginkan sehingga pasangan harus berusaha untuk berpikir dan menebak hal tersebut. Kesulitan itulah yang seringkali membuat pasangan Anda menjadi cepat kesal karena sering salah menebak apa yang Anda inginkan. 

Jika sudah begini, bukan tidak mungkin Si Dia berpikir Anda adalah perempuan yang kurang pengertian karena tidak memahami apa yang Anda inginkan. 

3. Tidak dapat mengontrol emosi

Cepat marah atau emosi tentu dapat membuat pria ilfeel sedikit demi sedikit yang berakibat menjauh dari Anda. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mencoba mengendalikan emosi atau marah pada pasangan.

Berhati-hatilah saat bicara agar tidak terkesan kasar. Jangan pula meninggikan suara karena dapat memperlihatkan perilaku tidak baik di mata pasangan. 

Jika ada kesalahpahaman, bicaralah saat suasana hati Anda dan pasangan dalam kondisi lebih tenang. Dengan ini, masalah bisa dibicarakan dengan baik-baik.

4. Sering mengabaikan omongan pasangan

Sering mengabaikan omongan pasangan juga menjadi penyebab pria ilfeel. Pasalnya, kebiasaan ini justru dapat membuat mereka merasa tidak dihargai.

Misalnya, pasangan Anda sudah berkali-kali mengingatkan masalah mengenai suatu hal tetapi Anda tetap mengabaikannya. Kebiasaan ini akan menghancurkan komunikasi yang terjalin dalam hubungan Anda berdua. 

Selanjutnya, pasangan Anda mungkin tidak akan mengeluhkan hal yang sama lagi, tetapi besar kemungkinan pria ilfeel dan menjadi kurang peduli terhadap kualitas hubungan yang dijalani bersama Anda. 

5. Sering mengeluh atau menggerutu

Anda mungkin sering mengeluh atau menggerutu di depan pasangan. Mulai dari berat badan bertambah, pekerjaan kantor yang menumpuk, teman yang menyebalkan, atau cuaca yang tidak bersahabat.

Sering mengeluh atau menggerutu, terutama di depan pasangan adalah penyebab pria ilfeel lainnya. Kebiasaan ini justru dapat membawa aura negatif sehingga membuat Si Dia malas bila harus menghabiskan waktu bersama Anda. 

Jadi, cobalah untuk menyelesaikan permasalahan Anda dengan hati yang tenang, bersikap dewasa, dan berpikir positif.

6. Terlalu posesif

Penyebab pria ilfeel adalah wanita yang terlalu pencemburu
Posesif berlebihan dapat menyebabkan masalah dalam hubungan percintaan

Anda mungkin selalu ingin tahu Si Dia sedang berada di mana dan bersama siapa dengan mengirim pesan terlalu sering. Selain itu, Anda mungkin sering memeriksa ponselnya, bahkan menguntit media sosialnya. 

Sedikit rasa posesif mungkin diperlukan dalam menjalani suatu hubungan karena ini berarti tanda bahwa Anda cinta kepadanya. Akan tetapi, sikap posesif yang terlalu berlebihan bisa membuat pria merasa terkekang dan tidak dipercaya oleh Anda. 

Hal tersebut juga menunjukkan bahwa Anda perempuan insecure yang tidak memiliki kehidupan pribadi lantaran selalu ingin mengetahui urusan orang lain. Lama kelamaan, pria ilfeel dan menyerah menghadapi Anda.

7. Terlalu cemburu

Anda tipe pasangan yang mudah cemburu? Sebenarnya, pria senang apabila kekasihnya cemburu. Rasa bangga mereka akan meningkat karena sikap cemburu Anda adalah sinyal bahwa dirinya sangat berarti bagi Anda.

Namun, bila Anda termasuk yang mudah cemburu walaupun penyebabnya sepele justru menjadi penyebab pria ilfeel, lho. Pasalnya, berbagai cara yang pria lakukan untuk menjelaskan dan mendapat kepercayaan kembali dari Anda akan sia-sia saja. Akhirnya, bukan tidak mungkin pria akan meninggalkan Anda lantaran kebiasan tidak baik ini. 

8. Terlalu manja

Jika Anda termasuk perempuan yang berangkat dan pulang kantor minta diantar-jemput, sering minta ditemani bepergian ke suatu tempat, atau sering menyuruh pasangan membawakan tas Anda saat jalan-jalan, berhati-hatilah karena kebiasaan ini bisa jadi penyebab pria ilfeel

Sebaiknya, kalau Anda bisa melakukan suatu hal sendiri, cobalah melakukannya tanpa meminta bantuan pasangan. 

9. Sering bermain ponsel di depan pasangan

Bagi kebanyakan orang, ponsel merupakan suatu benda yang tidak boleh jauh dari jangkauan. Kebiasaan sulit melepaskan diri dan kecanduan bermain sosial media di handphone ternyata bisa menjadi penyebab pria ilfeel secara perlahan. 

Misalnya, saat berkencan atau berbicara serius dengan pasangan, Anda tidak dapat melepaskan ponsel dan terus memainkannya. Selain itu, Anda mungkin terus-menerus memeriksa ponsel seolah menunggu sesuatu atau sekadar mengecek media sosial ketika menghabiskan waktu bersama pasangan. 

Kebiasaan itulah yang dapat membuat pria ilfeel lantaran merasa diabaikan. Akibatnya, kepuasan dalam hubungan pun akan menurun. 

Jika pria Anda mengeluhkan kebiasaan tersebut, cobalah untuk introspeksi diri sendiri. Apakah benar Anda memang terlalu sering memegang ponsel dibandingkan berbicara atau sekadar menikmati waktu bersama pasangan?

Catatan dari SehatQ

Kunci untuk menjalankan hubungan yang sehat dan romantis adalah dengan menerima dan memahami sifat serta kebiasaan satu sama lain. Akan tetapi, jangan sampai sifat dan kebiasaan Anda dapat mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada pasangan. 

Jika ini dilakukan terus menerus tanpa adanya perubahan dari diri Anda, bukan tak mungkin pria ilfeel dan meninggalkan Anda, 

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/the-squeaky-wheel/201905/5-habits-are-likely-push-partner-away

Diakses pada 25 Maret 2020

Hall Health Center. https://depts.washington.edu/hhpccweb/health-resource/healthy-vs-unhealthy-relationships/

Diakses pada 25 Maret 2020

Huffington Post. https://www.huffpost.com/entry/10-types-of-women-a-man-w_b_2911111

Diakses pada 25 Maret 2020

Cosmopolitan. https://www.cosmopolitan.com/sex-love/news/a48250/real-guys-admit-what-turns-them-off-of-a-girl/

Diakses pada 25 Maret 2020

Artikel Terkait