9 Kebiasaan yang Membuat Awet Muda Tanpa Biaya Selangit

(0)
08 Mar 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu kebiasaan yang membuat awet muda adalah mengonsumsi buah dan sayurMengonsumsi buah-buahan dan sayur-mayur secara rutin dapat membuat awet muda
Banyak orang melakukan berbagai cara supaya bisa awet muda. Bahkan, tidak sedikit yang bersedia mengeluarkan banyak uang demi mewujudkan hal ini. Padahal, sebetulnya ada banyak sekali kebiasaan yang membuat awet muda.Berbagai kebiasaan ini tentunya harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya. Selain membuat Anda tampak lebih muda, sejumlah kebiasaan ini juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Kebiasaan yang membuat awet muda

Setidaknya ada sembilan kebiasaan yang membuat awet muda dengan cara sederhana dan bisa langsung Anda lakukan mulai dari sekarang.

1. Banyak minum air putih

Dehidrasi menyebabkan kulit Anda mengerut. Itulah sebabnya banyak minum air putih atau memenuhi kebutuhan cairan harian Anda dapat menjadi kebiasaan yang membuat awet muda. Usahakan minum air putih secara rutin dan hindari minuman berkafein dan beralkohol.

2. Ganti kopi dengan teh

Jika Anda terbiasa meminum secangkir kopi di pagi atau malam hari, sebaiknya Anda menggantinya dengan teh. Kebiasaan ini dapat membantu mengurangi kerutan di wajah, khususnya jika Anda mengonsumsi teh putih.Teh putih bahkan telah terbukti secara ilmiah dapat membantu mencegah kerusakan kolagen dan elastin yang berfungsi menjaga kekencangan dan elastisitas kulit.Selain itu, teh hijau juga bisa dijadikan pilihan minuman untuk membuat awet muda. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa orang yang mengonsumsi tiga cangkir teh hijau atau lebih setiap harinya akan terlihat lima tahun lebih muda secara biologis, dibanding orang yang hanya mengonsumsi kurang dari satu cangkir teh setiap harinya.

3. Cukup tidur

Sering begadang atau kurang tidur tidak hanya berakibat buruk bagi kesehatan, tapi juga bagi penampilan Anda. Tidur merupakan waktu tubuh mengalami perbaikan dan penyembuhan setelah menjalani aktivitas sehari-hari.Maka dari itu, cukup tidur setiap hari dapat digolongkan sebagai kebiasaan yang membuat awet muda. Bukan hanya membalas kekurangan tidur saat sedang libur, Anda memerlukan setidaknya 7-8 jam tidur setiap harinya untuk memenuhi durasi tidur yang dibutuhkan tubuh.

4. Ganti camilan dengan buah

Mengganti camilan dengan buah dapat menjaga kulit Anda terlihat lebih muda dan bercahaya. Sebab, buah merupakan sumber berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit.Anda juga harus membatasi asupan gula karena asupan gula berlebih dan peningkatan gula dalam darah telah terbukti dapat menyebabkan penuaan dini. Maka dari itu, mengganti berbagai camilan manis dengan buah-buahan, khususnya yang mengandung antioksidan, dapat dapat digolongkan sebagai kebiasaan yang membuat awet muda.

5. Konsumsi banyak sayur-mayur

Kebiasaan yang membuat awet muda lainnya adalah selalu memasukkan sayur-mayur ke dalam menu makan Anda. Sayur-mayur umumnya kaya akan nutrisi yang diperlukan tubuh dan kulit agar tetap sehat.Tidak ada batasan tertentu dalam mengonsumsi makanan ini. Namun, sebaiknya Anda mengombinasikan sayur-mayur beragam warna untuk mendapatkan manfaat maksimal.

6. Konsumsi sumber antioksidan

Radikal bebas dan stres oksidatif dapat menjadi pemicu terjadinya penuaan dini pada kulit Anda. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan sumber antioksidan, seperti buah sitrus, beri, biji-bijian, kacang-kacangan, hingga rempah-rempah seperti kunyit atau oregano.

7. Berolahraga secara rutin

Sebuah studi membuktikan bahwa berolahraga tiga kali seminggu dapat menjadi kebiasaan yang membuat awet muda. Olahraga secara rutin dapat mencegah bagian luar epidermis (lapisan terluar kulit) menebal dan mencegah dermis (lapisan kulit paling tebal di bawah epidermis) menipis sehingga kulit terlihat muda.Selain itu, ada beberapa manfaat olahraga lainnya, seperti membuang racun dari tubuh, membersihkan jerawat, dan mengurangi stres, yang juga berkontribusi dalam membuat kulit terlihat lebih awet muda.

8. Beraktivitas di luar ruangan

Beraktivitas di luar ruangan, walaupun hanya berjalan-jalan atau bersepeda, dapat menjadi kebiasaan yang membuat awet muda.Pasalnya, dengan mendapatkan udara yang segar dan bersih sekaligus sinar matahari yang cukup, kulit Anda akan lebih sehat dan terlihat lebih muda. Saat berjalan-jalan, sebaiknya kunjungi tempat dengan banyak pohon dan sedikit kendaraan serta polusi.

9. Memakai tabir surya

Sinar matahari baik untuk tubuh, tapi terlalu banyak terpapar sinar UV dapat merusak kolagen di kulit. Sinar UVA dan UVB pada sinar matahari dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan kulit.Oleh karena itu, untuk mencegah penuaan karena sinar matahari, selalu gunakan tabir surya spektrum luas dengan SPF 30 atau lebih sebagai kebiasaan yang membuat awet muda.Itulah sejumlah kebiasaan yang membuat awet muda. Anda bisa memulainya dari sekarang karena tidak ada kata terlambat untuk memulai berbagai kebiasaan baik ini. Namun ingat, jangan melakukannya secara berlebihan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.Jika Anda punya pertanyaan seputar kebiasaan sehat, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
penuaanpola hidup sehat
Medical Daily. https://www.medicaldaily.com/ways-look-younger-7-everyday-anti-aging-habits-healthy-skin-278250
Diakses 19 Februari 2021
Best Health Mag. https://www.besthealthmag.ca/best-you/health/7-healthy-habits-to-keep-you-young/
Diakses 19 Februari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/healthy-aging/ss/slideshow-mistakes-to-avoid-to-stay-youthful
Diakses pada 22 Februari 2021
Good Housekeeping. https://www.goodhousekeeping.com/uk/health/healthy-eating/a557021/healthy-eating-facts/
Diakses pada 22 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait