9 Kebiasaan yang Dapat Mengecilkan Payudara

(0)
18 Feb 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Memijat payudara adalah salah satu kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara.Berolahraga teratur hingga memijat payudara dianggap sebagai kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara.
Setiap wanita memiliki ukuran payudara yang berbeda-beda, mulai dari yang besar hingga kecil. Namun, sebagian wanita merasa risih saat dikaruniai payudara besar. Jika Anda salah satunya, cobalah berbagai kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara ini.

Kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara

Terdapat bukti bahwa ukuran bra yang besar dapat menyebabkan leher dan bahu terasa nyeri. Selain karena nyeri, beberapa wanita juga ingin mengecilkan payudaranya dengan alasan kosmetik dan psikologis.Bagi Anda yang merasa risih dengan ukuran payudara besar, cobalah berbagai kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara ini.

1. Menurunkan berat badan

Payudara terdiri dari jaringan adiposa atau lemak. Dengan menurunkan berat badan dan membakar lemak di tubuh, Anda dipercaya dapat mengecilkan ukuran payudara.Wanita bisa mengurangi persentase lemak di dalam tubuhnya dengan membakar lebih banyak kalori dan mengonsumsi makanan sehat. Itulah sebabnya, mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi dan rendah kalori dipercaya dapat mengecilkan jaringan payudara secara tidak langsung.Cobalah lebih sering mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi dan rendah kalori, seperti sayuran, buah, hingga ikan. Namun ingat, jika Anda sedang hamil atau menyusui, berkonsultasilah dulu pada dokter sebelum mencoba menurunkan berat badan.

2. Olahraga teratur

Berolahraga secara teratur dapat membakar lemak di bagian dada dan memperkuat otot di bawah payudara. Berbagai faktor ini dipercaya bisa memperkecil ukuran payudara Anda.Perlu diingat, payudara terdiri dari lemak. Oleh karena itu, cobalah untuk fokus untuk pada olahraga kardio yang berintensitas tinggi.Kalian bisa mencoba bersepeda hingga jalan cepat. Jenis olahraga ini bisa mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar lemak.

3. Rutin mengonsumsi teh hijau

Rutin mengonsumsi teh hijau adalah kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara. Sebab, teh hijau dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan.Teh hijau mengandung berbagai macam antioksidan dan bisa meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga lemak dan kalori dapat dibakar. Proses ini bisa mengurangi penumpukan lemak dan akhirnya mengecilkan ukuran payudara. Selain itu, rutin mengonsumsi teh hijau juga bisa meningkatkan energi Anda.

4. Coba minum teh jahe

Sama seperti teh hijau, jahe merupakan rempah-rempah yang bisa merangsang metabolisme tubuh dan membakar lemak berlebih.Meskipun Anda dapat mengonsumsi jahe dengan berbagai macam makanan, ahli gizi merekomendasikan Anda untuk meminumnya dalam bentuk teh sebanyak tiga kali sehari. Kebiasaan ini dinilai ampuh dalam meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan.

5. Jagalah kadar estrogen di dalam tubuh

Menjaga kadar hormon estrogen adalah kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara
Dengan menjaga kestabilan estrogen, payudara dianggap bisa mengecil
Hormon estrogen berperan penting dalam perkembangan jaringan payudara. Dengan menjaga kestabilan hormon estrogen di dalam tubuh, ukuran payudara payudara dianggap bisa diperkecil, terutama pada wanita yang mengidap ketidakstabilan hormon.Umumnya, obat kontrasepsi yang mengandung estrogen dan progesteron dapat menyebabkan payudara wanita membesar. Efek ini akan menghilang setelah ia berhenti mengonsumsinya.Sebuah studi hewan uji membuktikan, mengonsumsi suplemen flaxseed dapat mengontrol kadar hormon estrogen dengan cara mengurangi eskpresi estrogen di dalam ovarium.Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kemampuan suplemen flaxseed dalam mengatur kadar hormon estrogen di dalam tubuh.

6. Menggunakan kain pengikat payudara

Menggunakan kain lembut untuk mengikat bagian payudara memang tidak bisa mengecilkan jaringan payudara atau menghambat pertumbuhan payudara. Hanya saja, menggunakan kain pengikat ini dapat membuat ukuran payudara Anda terlihat datar.Sebelum mencobanya, berkonsultasilah dulu pada dokter supaya tahu tips dan trik aman dalam menggunakan kain pengikat payudara tersebut.

7. Mengonsumsi minyak ikan

Minyak ikan adalah sumber asam lemak omega-3 yang tinggi. Aasam lemak ini dikenal mampu menghambat aktivitas hormon estrogen dan mengurangi kadarnya di dalam tubuh. Inilah alasan mengapa minyak ikan dipercaya bisa memperkecil ukuran payudara.Meski demikian, belum ada penelitian yang mampu membuktikan efektivitas minyak ikan untuk memperkecil payudara. Maka dari itu, berkonsultasilah dulu pada dokter sebelum mencobanya.

8. Mengoleskan putih telur

Kebiasaan yang bisa mengecilkan payudara selanjutnya adalah mengoleskan masker putih telur. Bagian telur ini dipercaya bisa mengembalikan elastisitas kulit payudara sehingga tidak mengendur. Perlu diketahui, mengendurnya payudara dapat membuatnya terlihat semakin besar.Untuk mencobanya, kocoklah dua putih telur hingga timbul busa, kemudian langsung oleskan ke bagian payudara. Setelah itu, diamkan selama 30 menit dan basuhlah dengan air hangat setelahnya. Akan tetapi, efek ini hanya bersifat sementara.

9. Memijat payudara

Memijat payudara dianggap sebagai kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara
Memijat payudara dianggap sebagai kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara
Memijat payudara secara teratur dipercaya bisa mengurangi kadar lemak yang menumpuk di bagian jaringan payudara. Memijat payudara secara rutin dipercaya bisa memperkecil ukurannya. Namun, belum ada penelitian yang bisa membuktikannya.

Catatan dari SehatQ

Sebelum Anda mencoba berbagai kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara di atas, berkonsultasilah dulu pada dokter. Sebab, belum banyak penelitian yang mampu membuktikan berbagai cara memperkecil payudara di atas.Jika Anda merasa khawatir dengan kesehatan payudara, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
kesehatan wanitapayudaraorgan intim wanita
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323920
Diakses pada 4 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-reduce-breast-size#remedies
Diakses pada 4 Februari 2021
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/how-to-reduce-breast-size/
Diakses pada 4 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait