9 Kebiasaan Sehat yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Berolahraga

0,0
28 Apr 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Setelah berolahraga, Anda boleh mengonsumsi camilan sehat.Mengonsumsi camilan sehat adalah kebiasaan baik yang harus dilakukan setelah olahraga.
Apa yang dilakukan setelah berolahraga memiliki peran penting untuk membantu Anda meraih hasil maksimal sehabis beraktivitas fisik, mulai dari membesarkan otot, menurunkan berat badan, hingga mengurangi nyeri otot. Maka dari itu, mari kita kenali berbagai kebiasaan baik yang patut dilakukan setelah berolahraga.

Apa yang perlu dilakukan setelah berolahraga?

Berbagai kebiasaan baik, seperti minum air putih dan mengonsumsi camilan sehat, setelah berolahraga dapat membantu Anda memulihkan vitalitas tubuh. Supaya tubuh tetap fit dan bugar, berikut adalah berbagai kebiasaan baik yang perlu dilakukan setelah olahraga.

1. Minum air putih

Olahraga akan membuat tubuh mengeluarkan keringat yang cukup banyak. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengganti cairan yang hilang dengan minum setidaknya 2 gelas kecil atau 473 mililiter air putih setelah berolahraga.Tidak hanya air putih, Anda pun boleh memilih berbagai minuman sehat lainnya, seperti air kelapa, teh hitam atau hijau.Fleksibilitas otot dan kekuatan tubuh akan tetap terjaga jika tubuh terhidrasi dengan baik. Selain itu, nyeri otot juga bisa dihindari.Akan tetapi, Anda sebaiknya menghindari minuman yang terlalu manis dan minuman yang mengandung kafein atau alkohol karena dapat menyebabkan tubuh dehidrasi.

2. Mengonsumsi camilan sehat

Merasa lapar setelah melakukan olahraga berat? Tunggu dulu sekitar 45 menit sebelum makan. Pilihlah berbagai camilan sehat yang baik untuk kesehatan. Kalau bisa, pilih camilan yang mengandung karbohidrat dan protein.Makanan yang mengandung karbohidrat meliputi ubi, gandum utuh, quinoa, hingga buah-buahan. Selain itu, telur juga dapat menjadi sumber protein yang baik untuk disantap setelah olahraga. Sebuah riset membuktikan, mengonsumsi telur secara keseluruhan (putih dan kuningnya) setelah olahraga dapat menghasilkan sintesis protein yang lebih banyak daripada hanya mengonsumsi putih telur dengan kandungan protein yang sama.Sementara itu, karbohidrat dapat membantu mengembalikan glikogen sehingga mengisi kembali energi tubuh yang hilang. Khusus untuk protein, nutrisi ini dapat membantu memulihkan otot dan memasok asam amino untuk memperbaiki serta membangun otot.

3. Melakukan pendinginan

Sebaiknya Anda lakukan pendinginan setelah olahraga. Sebab, hal ini dapat membantu detak jantung kembali normal setelah melakukan olahraga intens.Selain itu, pendinginan ini dapat mencegah penggumpalan darah di ekstremitas bawah, yang biasanya menyebabkan Anda merasa pusing. Pendinginan juga bisa membantu meredakan stres pada tubuh, mencegah nyeri otot, dan mencegah cedera.Anda bisa melakukan pendinginan dengan melakukan gerakan yoga seperti savasana selama lima menit.

4. Melakukan olahraga ringan

Melakukan berbagai olahraga ringan, seperti jalan kaki atau naik sepeda, juga direkomendasikan setelah menjalani olahraga berat.Olahraga ringan dipercaya bisa meningkatkan sirkulasi darah sehingga nutrisi dapat dipasok dengan baik ke seluruh tubuh. Dengan demikian, otot-otot Anda bisa pulih dengan cepat.

5. Meregangkan tubuh

Hal lain yang perlu dilakukan setelah berolahraga adalah melakukan peregangan, terutama saat otot-otot di dalam tubuh masih ‘hangat’.Peregangan dapat meredakan ketegangan otot, meningkatkan fleksibilitas otot, mencegah nyeri otot, dan membuat otot rileks. Selain itu, peregangan uga bisa meningkatkan rentang gerak, mobilitas, serta mendukung postur tubuh yang baik.

6. Mandi air dingin

Mandi air dingin setelah olahraga dapat memberikan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Dilansir dari Healthline, kegiatan ini dapat membantu memulihkan otot, mencegah peradangan, hingga meredakan ketegangan dan nyeri otot.

7. Pijat

Setelah berolahraga, Anda juga bisa berkunjung ke panti pijat. Selain membuat tubuh nyaman, pijat juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membuat Anda merasa rileks setelah berolahraga.

8. Tidur

Setelah Anda berolahraga di malam hari, usahakan tidur segera tidur setelah mandi. Saat Anda terlelap, tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan (growth hormone) yang bisa memperbaiki dan merangsang pertumbuhan jaringan tubuh.

9. Mengganti baju yang sudah basah terkena keringat

Ada sebagian orang yang malas mengganti baju setelah berolahraga. Padahal, baju yang basah terkena keringat dapat membuat tubuh lembap sehingga bakteri, kuman, dan jamur bisa menghinggapi tubuh.  Maka dari itu, jangan malas untuk mandi dan mengganti baju setelah Anda berolahraga.

Catatan dari SehatQ

Apa yang dilakukan setelah berolahraga dapat membantu Anda memaksimalkan hasil aktivitas fisik yang telah dilakukan. Maka dari itu, cobalah lakukan berbagai kebiasaan baik ini setelah Anda berolahraga.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
olahragatips olahragahidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/what-to-do-after-working-out
Diakses pada 14 April 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322692#what-to-eat-after-exercise-and-why
Diakses pada 14 April 2021
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/ways-to-speed-recovery-after-exercise-3120085
Diakses pada 14 April 2021
Healthy Women. https://www.healthywomen.org/your-wellness/what-do-after-workout
Diakses pada 14 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait