10 Kebiasaan Sebelum Makan yang Bermanfaat bagi Kesehatan

(0)
08 Apr 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu kebiasaan sebelum makan yang bermanfaat adalah minum air putihMinum air putih termasuk salah satu kebiasaan sebelum makan yang baik bagi kesehatan
Tahukah Anda kalau kebiasaan sebelum makan memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh kita? Sejumlah kebiasaan baik sebelum makan dapat berpengaruh pada kemampuan memetabolisme atau mencerna makanan. Bahkan, kebiasaan sebelum makan yang sederhana atau kelihatan sepele sekalipun, bisa membawa manfaat bagi kesehatan Anda.

Berbagai kebiasaan baik sebelum makan

Beberapa kebiasaan sebelum makan berikut mungkin dianggap sepele atau remeh oleh sebagian orang. Namun, faktanya kebiasaan ini bisa berdampak besar. Melakukannya secara rutin dapat membantu tubuh memaksimalkan penyerapan nutrisi dan pembakaran energi yang lebih tahan lama.

1. Berolahraga

wanita olahraga
Cobalah untuk berolahraga sebelum sarapan
Salah satu kebiasaan baik sebelum makan adalah berolahraga. Waktu yang paling tepat adalah sebelum sarapan di pagi hari. Olahraga dipercaya dapat membantu membakar makanan dengan efisien.Selain itu, kegiatan ini juga bisa meningkatkan suasana hati, mempercepat metabolisme, serta membakar lebih banyak kalori sepanjang hari secara alami. Dengan demikian, tubuh Anda menjadi lebih berenergi dan tidak tumbang di tengah derasnya kesibukan sehari-hari.

2. Minum sebelum makan

Minum air hangat sekitar 30 menit sebelum makan dianggap sebagai salah satu kebiasaan makan yang baik. Berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kebiasaan sebelum kanan ini:
  • Mempersiapkan sistem pencernaan
  • Membuat perut lebih cepat kenyang sehingga porsi makan lebih sedikit
  • Merangsang enzim pencernaan untuk melaksanakan tugasnya lebih baik.

3. Konsumsi sedikit kafein

Minum kopi
Mengonsumsi sedikit kopi sebelum makan dianggap baik untuk metabolisme
Jika Anda biasanya minum kopi setelah makan, cobalah mengubah kebiasaan tersebut menjadi sebelum makan. Menyeruput sedikit kafein sebelum menyantap makanan dapat membantu proses metabolisme. Jika kopi memberikan efek yang terlalu kuat, Anda dapat menukarnya dengan teh hijau.Selain kafein, teh hijau juga memiliki antioksidan yang dapat membantu proses metabolisme dan mengurangi peradangan. Kebiasaan sebelum makan ini tidak disarankan untuk dilakukan sebelum waktu makan malam karena berpotensi mengganggu jadwal tidur Anda.

4. Hindari minuman beralkohol

Alkohol dapat memperlambat metabolisme tubuh, apalagi jika diminum sebelum makan. Kebiasaan buruk ini dapat memperlambat proses metabolisme tubuh Anda sehingga tubuh menjadi kurang efisien dalam membakar kalori.Selain itu, Anda dapat lebih cepat mengantuk setelah mengonsumsi alkohol. Di sisi lain, kemampuan alkohol merangsang produksi kortisol bisa membuat Anda mendadak terbangun di tengah malam.Minuman ini juga berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi, penurunan fungsi imun, dan perubahan metabolisme. Demi hidup yang lebih sehat, sebaiknya Anda hindari minuman beralkohol.

5. Siapkan makanan sehat lebih awal

Menyiapkan makanan lebih awal
Menyiapkan makanan lebih awal dapat mencegah makan berlebihan
Kebiasaan sebelum makan yang sebaiknya Anda lakukan adalah mempersiapkan lebih awal makanan sehat yang ingin disantap. Misalnya, membumbui dan membekukan makanan sehat di pagi hari, sehingga cukup dihangatkan atau dimasak sebentar saat Anda pulang kerja di malam hari.Kebiasaan baik sebelum makan ini dapat mencegah Anda mengonsumsi apa saja yang tersedia atau memesan fast food karena sudah terlanjur lapar.

6. Latihan kardio sebelum waktu makan malam

Latihan kardio bisa menjadi kebiasaan baik sebelum makan di malam hari. Latihan dengan intensitas tinggi membuat metabolisme meningkat selama berjam-jam sehingga mampu meningkatkan pembakaran makanan yang lebih baik saat Anda tidur.Akan tetapi, Anda tidak disarankan untuk melakukan latihan kardio setelah makan atau menjelang waktu tidur.

7. Mandi dan pakai baju longgar

Mandi sebelum makan
Mandi sebaiknya dilakukan sebelum makan
Hindari kebiasaan mandi atau berendam setelah makan. Pasalnya, mandi dapat menurunkan suhu tubuh sehingga mengganggu proses pencernaan makanan.Sebaiknya mandi dilakukan sebelum makan dan gunakanlah pakaian yang longgar. Pakaian yang ketat dapat memberi tekanan pada perut yang dapat menyebabkan nyeri ulu hati.

8. Tambahkan rempah-rempah

Rempah-rempah tidak hanya bermanfaat menambah rasa, tapi juga menyehatkan tubuh Anda. Menambahkan sambal atau cabai rawit termasuk kebiasaan makan yang bermanfaat bagi kesehatan. Pasalnya, zat capsaicin pada cabai dapat meningkatkan metabolisme.Demikian juga dengan menambahkan kunyit dan jahe. Sementara itu, menambahkan bawang merah dan bawang putih dipercaya bisa mengurangi peradangan pada tubuh.

9. Makan buah

Makan buah
Konsumsi buah sebelum makan dapat memudahkan penyerapan nutrisinya 
Konsumsi buah sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Namun, jangan melakukannya setelah makah karena malah bisa membuat tubuh kesulitan mencernanya.Konsumsilah buah 30 menit sebelum makan. Kebiasaan baik sebelum makan ini dapat memudahkan penyerapan nutrisi buah ke dalam tubuh.

10. Ambil napas

Kebiasaan sebelum makan lainnya yang bisa Anda coba adalah menarik napas dalam dan perhatikan piring Anda. Kebiasaan ini dapat membantu mengontrol nafsu makan Anda. Anda juga dapat menyadari apakah makanan yang ada di piring berlebihan atau tidak.Selain itu, beristirahat sejenak bisa menjadi kebiasaan makan yang bermanfaat. Sesekali letakkan sendok dan garpu Anda dan tarik napas panjang, lalu meraba perut sebelum suapan selanjutnya. Kebiasaan ini juga dapat membantu menghindari makan berlebihan.Itulah sejumlah kebiasaan baik sebelum makan yang dapat membawa banyak manfaat bagi Anda. Cobalah untuk memulai kebiasaan satu per satu dan lakukan secara rutin untuk menikmati manfaatnya.Jika Anda punya pertanyaan lainnya seputar makanan sehat, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehatmakanan diet
Bustle. https://www.bustle.com/articles/169443-11-things-to-do-before-after-eating-to-help-your-metabolism-work-as-efficiently-as
Diakses 25 Maret 2021
Emedi Health. https://www.emedihealth.com/dinner-tips.html
Diakses 25 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait