8 Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur yang Harus Anda Hindari

(0)
03 Feb 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Main ponsel dan minum kopi adalah contoh kebiasaan buruk sebelum tidur.Hati-hati, berolahraga terlalu intens adalah kebiasaan buruk sebelum tidur.
Waktu tidur telah tiba, sudah saatnya mata terlelap untuk istirahat. Namun, sebagian orang masih sering melakukan kebiasaan buruk sebelum tidur yang dapat membuat jam tidurnya menjadi tidak optimal. Apa saja kebiasaan buruk yang harus segera dihindari?

Kebiasaan buruk sebelum tidur yang harus ditinggalkan

Tidur berperan penting untuk kesehatan fisik kita. Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute, tidur berfungsi untuk memperbaiki dan menyembuhkan pembuluh darah serta jantung. Kekurangan tidur digadang-gadang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, diabetes, hingga stroke.Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan terhindar dari penyakit-penyakit di atas, cobalah hindari berbagai kebiasaan buruk sebelum tidur ini.

1. Main gawai

Main ponsel adalah kebiasaan buruk sebelum tidur yang harus dikurangi
Cahaya biru dari ponsel dapat mengganggu kualitas tidur
Gawai atau gadget seperti ponsel adalah bagian penting dari hidup kita. Namun, penggunaan ponsel sebelum tidur dapat menimbulkan sejumlah kerugian bagi diri Anda.Bermain ponsel dapat merangsang otak untuk menjadi aktif dan terbangun. Selain itu, cahaya biru yang diproduksinya dapat merugikan kesehatan mata dan otak.Ditambah lagi, cahaya biru dari ponsel mampu menurunkan melatonin, yaitu hormon yang bertanggung jawab dalam siklus tidur dan bangun seseorang.Untuk menghindari efek buruk ini, cobalah berhenti bermain gawai 30-60 menit sebelum tidur.

2. Minum alkohol

Menurut sebuah studi, minum alkohol sebelum tidur dapat menurunkan kualitas tidur Anda. Di dalam studi itu, para ahli menjelaskan betapa buruknya dampak mengonsumsi alkohol sebelum tidur.Mengonsumsi minuman beralkohol ringan sebanyak 2 porsi untuk pria dan 1 porsi untuk wanita per hari dapat menurunkan kualitas tidur sebanyak 9,3 persen.Sementara, mengonsumsi alkohol dalam kadar yang sedang sebanyak 2 porsi untuk pria dan 1 porsi untuk wanita per hari dapat menurunkan kualitas tidur sebanyak 24 persen.Sedangkan, menenggak minuman beralkohol tinggi dalam porsi yang sama dapat menurunkan kualitas tidur sebanyak 39,2 persen.

3. Mengonsumsi makanan berat

Melahap makanan berat sebelum tidur merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari. Sebab, mengonsumsi makanan berat sebelum tidur dipercaya dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung, mengganggu kualitas tidur, dan meningkatkan berat badan.Akan tetapi, jika rasa lapar sudah tak tertahankan, cobalah lebih bijak dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Ada makanan sehat yang bisa dimakan saat Anda lapar di malam hari, seperti pisang, kiwi, kacang pistachio, hingga yogurt.

4. Minum kopi

Minum kopi terlalu dekat dengan jam tidur sangat tidak disarankan, kecuali jika Anda memang berencana untuk begadang.Minuman berkafein, seperti kopi, soda, teh, dan cokelat hangat, dapat membuat mata terjaga sepanjang malam. Ditambah lagi, kafein dapat bertahan di dalam tubuh selama 12 jam. Maka dari itu, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi kafein setelah jam makan siang.Namun, jika Anda merupakan peminum kafein sejati, cobalah untuk memangkas kadar kafeinnya secara bertahap. Sebab, memaksakan diri untuk berhenti mengonsumsi kafein secara langsung dapat menyebabkan sakit kepala sehingga tidur pun bisa terganggu.

5. Merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk sebelum tidur yang harus ditinggalkan
Merokok adalah kebiasaan buruk sebelum tidur yang harus segera dihentikan!
Selain bisa menyebabkan penyakit jantung dan kanker, merokok ternyata dapat mengganggu tidur Anda. Perlu diketahui, rokok mengandung nikotin, yaitu senyawa yang dapat membuat Anda sulit tidur di malam hari.Mulai saat ini, cobalah untuk berhenti merokok. Bukan untuk menjaga kualitas tidur saja, tapi untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

6. Minum air putih berlebihan

Minum air putih sebelum tidur memiliki beberapa manfaat kesehatan. Namun, minum air putih berlebihan terlalu dekat dengan jam tidur malah bisa mengganggu kualitas tidur, karena menyebabkan Anda kebelet kencing dan terbangun di malam harinya.Lebih baik, minumlah air putih secara rutin sepanjang hari, bukan hanya fokus di malam hari saja. Konsumsi air putih secara rutin dapat membantu tubuh terhidrasi.

7. Berolahraga terlalu intens

Berolahraga adalah kegiatan yang menyehatkan tubuh. Namun, tahukah Anda kalau kegiatan ini juga bisa membantu pasien insomnia untuk tertidur di malam hari?Perhatikan jam yang Anda pilih untuk berolahraga. Sebab, berolahraga terlalu intens yang berdekatan dengan jam tidur dipercaya bisa menyulitkan Anda untuk terlelap.Cobalah untuk memilih jam olahraga di pagi atau sore hari, guna mencegah susah tidur di malam harinya.

8. Mengajak hewan peliharaan tidur di kasur

Kebiasaan buruk sebelum tidur yang harus ditinggalkan adalah mengajak hewan peliharaan tidur bersama Anda di kasur yang sama. Menurut studi dari Universitas Kansas, Amerika Serikat, 63 persen orang yang tidur bersama hewan peliharaannya mengalami penurunan kualitas tidur.Hal ini terjadi akibat gerakan hewan peliharaan yang bisa mengganggu Anda. Ditambah lagi, bulu hewan peliharaan dapat mengundang alergi dan sesak napas.

Catatan dari SehatQ

Jika Anda ingin memiliki kualitas tidur yang baik dan kebugaran maksimal di keesokan harinya, cobalah untuk meninggalkan berbagai kebiasaan buruk sebelum tidur di atas.Jika Anda khawatir dengan kualitas tidur, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
waktu tidurgangguan tidurmasalah tidur
National Heart, Lung, and Blood Institute. https://www.nhlbi.nih.gov/health-topics/sleep-deprivation-and-deficiency#:~:text=Sleep%20plays%20an%20important%20role,pressure%2C%20diabetes%2C%20and%20stroke.
Diakses pada 20 Januari 2021
Health Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/put-the-phone-away-3-reasons-why-looking-at-it-before-bed-is-a-bad-habit/
Diakses pada 20 Januari 2021
Sleep Foundation. https://www.sleepfoundation.org/nutrition/alcohol-and-sleep#:~:text=Alcohol%20may%20aid%20with%20sleep,as%20liver%20enzymes%20metabolize%20alcohol.
Diakses pada 20 Januari 2021
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/437254-eating-large-meals-before-bed/
Diakses pada 20 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/healthy-late-night-snacks#TOC_TITLE_HDR_13
Diakses pada 20 Januari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/sleep-disorders/news/20011004/12-tips-better-sleep-troubled-times
Diakses pada 20 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health-news/it-might-not-be-the-coffee-that-causes-you-to-wake-up-during-the-night
Diakses pada 20 Januari 2021
Health. https://www.health.com/mind-body/20-things-you-shouldn-t-do-before-bed
Diakses pada 20 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait