Benarkah Kayu Manis untuk Diabetes Ampuh Turunkan Gula Darah?


Banyak bahan herbal yang disebut dapat membantu untuk mengatasi diabetes, salah satunya kayu manis. Beberapa cara menurunkan gula darah dengan kayu manis yang disebut ampuh, antara lain dengan menyeduh atau suplemen herbal. Namun, masih dibutuhkan banyak penelitian untuk memastikannya.

0,0
19 Aug 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
cara menurunkan gula darah dengan kayu manis untuk diabetesKayu manis untuk diabetes bermanfaat menurunkan kadar gula darah
Banyak orang Indonesia masih mengandalkan pengobatan herbal untuk kondisi kesehatannya, seperti diabetes. Kayu manis juga disebut sebagai salah satu herbal untuk mengatasi diabetes.Namun, apakah benar rempah yang satu ini efektif untuk membantu mengendalikan kadar gula darah?Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Manfaat kayu manis untuk diabetes

Kayu manis untuk diabetes disebut mampu menurunkan kadar gula
Kayu manis untuk diabetes disebut mampu menurunkan kadar gula
Selain sebagai bumbu dapur, manfaat kayu manis untuk kesehatan memang sudah banyak digunakan. Beberapa penelitian menyebut bahwa kayu manis dapat mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol, dan melawan bakteri.Tak hanya itu, kayu manis juga dinilai bermanfaat untuk diabetes. Berikut ini adalah beberapa khasiat kayu manis untuk kencing manis:

1. Meniru efek insulin

Pada penderita diabetes (diabetesi), produksi insulin di pankreas berkurang, atau tubuh tidak lagi merespons insulin. Insulin yang harusnya mengubah gula darah menjadi energi tidak dapat bekerja dengan sempurna. Akibatnya, kadar gula darah jadi tinggi.Nah, kayu manis disebut dapat meniru cara kerja insulin.Insulin bekerja seperti kunci, yang membuka sel tubuh, untuk memasukkan gula di dalam darah. Di sel tubuh inilah, gula kemudian diubah menjadi energi.Menurut Journal of the American College of Nutrition, kayu manis dapat meningkatkan perpindahan glukosa ke dalam sel. Hal ini dibuktikan dengan penelitian terhadap 7 pria yang mengonsumsi kayu manis. Penelitian membuktikan kayu manis meningkatkan sensitivitas insulin segera setelah dikonsumsi. Efeknya mampu bertahan setidaknya 12 jam.Studi lain juga dilakukan pada 8 pria dengan memberikan suplemen herbal kayu manis. Hasilnya, sensitivitas insulin meningkat setelah dua minggu dikonsumsi.

2. Menurunkan kadar gula darah puasa dan HbA1C

Salah satu manfaat kayu manis untuk diabetes mengendalikan kadar gula darah puasa dan HbA1C
Salah satu manfaat kayu manis untuk diabetes mengendalikan kadar gula darah puasa dan HbA1C
Kayu manis juga berguna untuk diabetes, khususnya dalam menurunkan kadar gula ddarah puasa dan HbA1C.HbA1C sendiri merupakan pemeriksaan gula darah, untuk mengetahui kadarnya selama 3 bulan ke belakang. Jadi, lebih jangka panjang.Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang melibatkan 543 orang diabetes tipe 2.Dari penelitian itu diketahui bahwa kadar gula darah puasa dapat lebih terkontrol. Tak hanya itu, kadar HbA1C juga mengalami penurunan setelah minum kayu manis. Akan tetapi, untuk HbA1C masih perlu penelitian lebih lanjut.Pasalnya, beberapa penelitian menunjukkan hasil yang berbeda, yaitu tidak ada perubahan signifikan. Kemungkinan ada perbedaan dosis yang diberikan dan manajemen diabetes. Mengingat belum diketahui dosis yang jelas dalam konsumsi kayu manis untuk diabetes, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter Anda.

3. Menurunkan gula darah setelah makan

Kadar gula darah bisa naik drastis, khususnya setelah makan. Tinggi rendahnya akan bergantung pada makanan yang Anda makan. Itu sebabnya, makanan untuk diabetes sebaiknya yang tinggi serat dan rendah indeks glikemik. Keduanya, tidak membuat gula darah melonjak setelah makan.Nah, sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kayu manis dapat menekan lonjakan gula darah setelah makan.Masih dari jurnal yang sama, sebuah studi menemukan konsumsi kayu manis  sebanyak 6 gram bersama dengan satu porsi puding besar dapat pencernaan berjalan lebih lambat. Artinya, glukosa dari makanan akan dilepaskan secara perlahan ke aliran darah. Hal; ini membantu kadar gula darah tetap stabil.Studi lain menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan gula darah setelah makan dengan memblokir enzim pencernaan yang memecah karbohidrat di usus kecil.

4. Menurunkan risiko komplikasi diabetes

Kayu manis juga disebut dapat menurunkan risiko komplikasi diabetes
Kayu manis juga disebut dapat menurunkan risiko komplikasi diabetes
Orang dengan diabetes memiliki dua kali risiko penyakit jantung dibandingkan orang tanpa diabetes. Penelitian yang dimuat dalam jurnal Diabetes Care menyebut bahwa kayu manis dapat membantu menekan risiko komplikasi diabetes ini.Studi tersebut mengatakan, orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi kayu manis diketahui mengalami penurunan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserid.Ditambah lagi, hal ini juga dibarengi dengan peningkatan kolesterol baik (HDL).Penelitian lain juga menemukan bahwa suplemen dua gram kayu manis selama 12 minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.Meski manfaat kayu manis untuk diabetes terlihat sangat menjanjikan, masih dibutuhkan penelitian yang lebih luas guna membuktikan keamanannya. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Catatan dari SehatQ

Melihat dari berbagai penelitian yang ada, cara menurunkan gula darah dengan kayu manis biasanya dilakukan dengan minum suplemen. Cara lain, seperti menyeduh atau mencampurnya dengan masakan, mungkin bisa dilakukan.Akan tetapi, cara itu memiliki kesulitan sendiri, khususnya dalam mengukur dosis yang tepat. Ditambah lagi, belum ada penelitian yang menjelaskan dengan gamblang jumlah dosis yang aman konsumsi kayu manis untuk diabetes.Meski bermanfaat, American Diabetes Association tidak menyarankan untuk menjadikan kayu manis sebagai obat herbal diabetes, sebagaimana dilansir dari Cleveland Clinic. Anda juga tidak boleh menjadikannya sebagai pengobatan utama.Cara terbaik mengatasi diabetes masih dengan memperbaiki gaya hidup sehat, lewat olahraga dan pola makan.Apabila telah diresepkan obat diabetes atau insulin, Anda tidak dianjurkan minum kayu manis untuk membantu mengontrol gula darah Anda.Tanyakan pada dokter sebelum mengonsumsi suplemen apa pun untuk memastikan aman dan tidak memengaruhi obat yang sedang Anda konsumsi.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang sakit kayu manis untuk diabetes tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
diabetesgula darahherbalhidup sehat
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/expert-answers/diabetes/faq-20058472
Diakses pada 30 Juli 2021.
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/can-taking-cinnamon-lower-your-blood-sugar/
Diakses pada 30 Juli 2021.
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/cinnamon-and-diabetes
Diakses pada 30 Juli 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait