Kaya Nutrisi untuk Kulit, Ini 11 Manfaat Masker Yogurt dan Cara Membuatnya


Manfaat masker yogurt adalah mencerahkan kulit, melembapkan kulit, mencegah pembentukan jerawat, hingga mengurangi tanda penuaan. Anda bisa memperoleh manfaat yogurt untuk wajah ini dengan cara membuat masker yogurt untuk wajah.

(0)
Salah satu manfaat masker yogurt adalah mencerahkan kulit wajahManfaat masker yogurt bisa didapat secara maksimal bila menggunakan yogurt tanpa rasa
Masker yogurt ternyata bisa menjadi bagian dalam rutinitas perawatan wajah Anda sehari-hari. Bahkan, tak sedikit orang yang ingin memperoleh manfaat yogurt untuk wajah yang dibuat dalam bentuk masker atau scrubSudah pernah coba manfaat yogurt untuk wajah? Jika belum, simak berbagai manfaat masker yogurt untuk wajah selengkapnya dalam artikel berikut ini. 

Kandungan nutrisi dan manfaat yogurt untuk wajah

Tak hanya menjadi camilan menyehatkan, yogurt juga bisa jadi bagian dari rutinitas perawatan kulit wajah Anda sehari-hari. Kandungan nutrisi dalam yogurt tanpa rasa diyakini dapat membantu proses peremajaan kulit. Adapun beberapa kandungan nutrisi yang baik untuk mendapatkan manfaat yogurt untuk wajah, antara lain: 

1. Zinc

Salah satu nutrisi yang bisa didapat dari manfaat yogurt untuk wajah adalah zinc. Dalam 100 gram yogurt, rata-rata mengandung 1 miligram zinc di dalamnyaJenis mineral ini bersifat antiradang yang mampu merangsang regenerasi sel dan pertumbuhan jaringan kulit.Zinc juga dapat membantu mengatur produksi minyak alami atau sebum, yang menjadi pemicu tumbuhnya jerawat. 

2. Kalsium

Manfaat yogurt untuk wajah juga berasal dari kandungan kalsium di dalamnya. Kalsium berfungsi untuk melakukan regenerasi sel kulit sekaligus mencegah kulit tetap terhidrasi dan tidak kering. 

3. Vitamin B

Yogurt diperkaya dengan kandungan vitamin B, salah satunya adalah vitamin B2. Vitamin B2 atau riboflavin dapat menjaga hidrasi kulit, melindungi sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, serta meregenerasi pertumbuhan dan memelihara kesehatan sel kulit. 

4. Asam laktat

Asam laktat atau lactic acid adalah nutrisi utama yang menawarkan manfaat yogurt untuk wajah. Bahkan, Anda juga bisa menemukan lactic acid dalam sejumlah produk skincare di pasaran. Lactic acid bersifat sebagai eksfoliator dan pelembap alami. Selain itu, asam laktat juga dapat menyamarkan pembentukan keriput dan garis halus di wajah. 

Manfaat masker yogurt untuk wajah

Bila digunakan sebagai masker wajah, berikut adalah manfaat masker yogurt selengkapnya. 

1. Mencerahkan kulit

Manfaat masker yogurt bisa membuat wajah jadi cerah
Kulit bisa lebih cerah berkat penggunaan masker yogurt
Salah satu manfaat masker yogurt adalah mencerahkan kulit. Hal ini berkat kandungan asam laktat pada yogurt yang bekerja dengan menghambat produksi enzim tirosinase.Tirosinase adalah suatu jenis enzim yang bertanggung jawab memproduksi melanin, yakni pigmen yang membuat warna kulit lebih gelap. Ketika produksi melanin terhambat, maka kulit gelap kusam dapat berubah jadi tampak cerah dan sehat 

2. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat masker yogurt berikutnya adalah mengangkat sel kulit mati. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, yogurt mengandung nutrisi yang berperan sebagai eksfoliator alami. Yogurt mengandung alpha hydroxy acid/AHA alami yang bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Meski dapat mengangkat sel kulit mati, lactic acid pada yogurt tidak rentan membuat kulit iritasi. Dengan demikian, proses regenerasi kulit dapat berjalan lebih cepat dan aman. 

3. Melembapkan kulit

Masker yogurt bisa membuat kulit terasa lebih lembap
Manfaat masker yogurt bisa membuat kulit lebih lembap
Melembapkan kulit juga menjadi manfaat masker yogurt untuk wajah lainnya. Hal ini juga diperkuat dengan sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Cosmetic ScienceKandungan asam laktat pada yogurt dapat membantu melembapkan sekaligus membuat kulit tampak lebih segar. Anda bisa rutin menggunakan masker yogurt sambil memijat wajah dengan gerakan melingkar secara lembut. 

4. Mengurangi lingkaran hitam di bawah mata

Punya masalah dengan lingkaran hitam di bawah mata? Coba manfaat masker yogurt satu ini.Yogurt mengandung zinc yang dapat membantu menyamarkan lingkaran hitam sekaligus membuat wajah lebih cerah. 

5. Meredakan kulit terbakar

Ketika Anda beraktivitas terlalu lama di bawah paparan sinar matahari, ada kemungkinan risiko sunburn atau kulit terbakar matahari bisa terjadi. Kandungan zinc dalam yogurt dapat membantu meredakan sensasi kulit terbakar dan gatal yang merupakan gejala sunburnDi samping itu, zinc juga dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan sekaligus mengembalikan keseimbangan minyak alami pada kulit.

6. Mencegah munculnya jerawat

Mencegah munculnya jerawat adalah manfaat dari masker yogurt
Pembentukan jerawat bisa dicegah dengan masker yogurt
Bagi Anda yang memiliki kulit rentan berjerawat, manfaat masker yogurt satu ini bisa jadi kabar baik. Pasalnya, manfaat masker yogurt dapat melawan bakteri penyebab jerawat, Propionibacterium acnes, pada kulit. Sebuah penelitian juga membuktikan kandungan probiotik dapat mengurangi peradangan dengan cara meredakan jerawat dan mencegah kemunculannya di kemudian hari. 

7. Melindungi kulit dari sinar matahari

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada 2015 membuktikan bahwa manfaat masker yogurt bisa mengurangi dampak negatif dari sinar ultraviolet (UV). Beberapa hasil studi juga menyebutkan potensi manfaat yogurt untuk wajah dalam memperlambat munculnya flek hitam akibat paparan sinar matahari. Yogurt dipercaya dapat menciptakan lapisan kulit yang menjadi penangkal radikal bebas pada kulit. Dengan demikian, risiko bintik-bintik penuaan dan kerutan akibat paparan sinar matahari bisa dicegah. 

8. Meningkatkan elastisitas kulit

Seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit dapat berkurang karena penurunan produksi kolagen yang terjadi secara alamiah. Akibatnya, tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis halus di wajah bisa muncul dan mengganggu penampilan. Nah, sebuah studi meyakini bahwa manfaat masker yogurt dapat meningkatkan elastisitas kulit sehingga kulit kembali terasa lebih kenyal. 

9. Mengurangi tanda penuaan

Kulit yang terasa lebih kenyal dapat membantu mengurangi munculnya tanda penuaan, seperti kerutan dan garis halus. Sebuah penelitian yang dimuat dalam International Journal of Women's Dermatology membuktikan bahwa kandungan probiotik dalam yogurt dapat membantu melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan. 

10. Meredakan peradangan akibat penyakit kulit

Masker yogurt dapat meredakan peradangan akibat penyakit kulit
Kulit yang meradang bisa diatasi dengan masker yogurt
Manfaat masker yogurt lainnya adalah meredakan peradangan akibat gejala penyakit kulit, seperti rosacea, psoriasis, dan eksim. Manfaat yogurt untuk wajah ini diyakini berasal dari efek antiradang yang terkandung dalam probiotik.

11. Mengobati infeksi kulit

Manfaat masker yogurt untuk wajah dalam mengobati infeksi kulit diklaim berasal dari sifat antimikroba di dalamnya. Meski demikian, Anda tidak disarankan untuk menggunakan masker yogurt pada area kulit wajah yang sedang terinfeksi kulit atau terdapat luka terbuka tanpa persetujuan dari dokter kulit. 

Cara membuat masker yogurt untuk wajah

Untuk mendapatkan manfaat yogurt untuk wajah secara maksimal, sebaiknya gunakan yogurt tanpa rasa (plain yogurt). Anda pun bisa mencampurkannya dengan bahan alami lain sesuai dengan masalah kulit yang ingin diatasi. Berikut adalah cara membuat masker yogurt untuk wajah sesuai dengan masalah kulit yang dialami. 

1. Masker yogurt, madu, dan kunyit

Masker yogurt bisa terasa maksimal bila menggunakan yogurt tanpa rasa
Gunakan yogurt tanpa rasa untuk mendapatkan manfaat yang maksimal
Masker yogurt ini bisa digunakan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak atau masalah kulit meradang. Berikut adalah cara membuatnya. 
  • Siapkan ½ cangkir yogurt tanpa rasa, 1 sendok teh madu, dan ½ sendok teh bubuk kunyit.
  • Campurkan seluruh bahan tersebut dalam sebuah mangkuk kecil sampai teksturnya menyerupai pasta masker. 
  • Oleskan masker yogurt pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan. 
  • Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas sampai bersih. 

2. Masker yogurt dan madu 

Cara membuat masker yogurt dan madu bisa diterapkan bagi Anda yang ingin mempunyai kulit bersih dan lembut. Simak langkah-langkahnya di bawah ini. 
  • Masukkan 2 ½ sendok makan madu tanpa rasa dan 1 cangkir yogurt tanpa rasa dalam sebuah mangkuk. 
  • Aduk kedua bahan tersebut sampai merata. 
  • Oleskan masker secara merata pada wajah dan leher yang sudah dibersihkan. 
  • Diamkan selama 5 menit, kemudian bilas wajah dan leher sampai bersih. 
Anda bisa memperoleh manfaat masker yogurt dan madu 2 kali seminggu agar hasilnya maksimal. Jika kulit Anda cenderung berminyak, coba tambahkan 1 sendok teh air lemon untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. 

3. Masker yogurt dan air perasan lemon

Masker yogurt bisa dicampur dengan air perasan lemon
Oleskan masker yogurt dan air perasan lemon untuk wajah cerah
Bagi Anda yang mempunyai kulit berminyak, rentan berjerawat, serta kulit kusam, tak ada salahnya untuk menerapkan cara membuat masker yogurt dan air perasan lemon ini. Masker yogurt dan air perasan lemon bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak sekaligus melawan bakteri, membersihkan pori, dan mengeksfoliasi kulit secara alami. Air perasan lemon juga dapat membantu meratakan warna kulit dan mencerahkannya. Caranya, adalah sebagai berikut. 
  • Campurkan ½ cangkir yogurt tanpa rasa dan 1 sendok teh air perasan lemon dalam sebuah mangkuk kecil.
  • Aduk merata sampai teksturnya menyerupai pasta masker. 
  • Oleskan pada permukaan wajah yang sudah bersih. 
  • Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas wajah menggunakan air hangat.  
Anda bisa menggunakan masker ini setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal. 

4. Masker yogurt dan gel lidah buaya

Untuk mengatasi iritasi kulit yang disebabkan oleh infeksi atau sunburn, Anda bisa menerapkan cara membuat masker yogurt dan gel lidah buaya. Berikut adalah langkah-langkahnya. 
  • Campurkan ¼ cangkir yogurt tanpa rasa, 1 sendok madu, dan 1 sendok makan gel lidah buaya dalam sebuah mangkuk kecil. 
  • Aduk merata sampai teksturnya kental atau sesuai yang diinginkan. 
  • Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. 
  • Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas wajah sampai bersih. 

5. Masker yogurt dan wortel

Bagi Anda yang memiliki kulit kering dan ingin tampak lebih sehat, halus, dan lembap, coba campurkan yogurt tanpa rasa dan wortel yang sudah dihaluskan secukupnya. Oleskan masker yogurt dan wortel pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas wajah sampai bersih. Cara membuat masker yogurt ini juga baik untuk meremajakan kulit dan membuatnya tampak bercahaya. Gunakan masker yogurt 2-3 kali setiap minggunya agar hasil yang didapat bisa terasa maksimal. 

6. Masker greek yogurt dan minyak esensial

Masker yogurt jenis greek bisa memberi manfaat yang baik untuk kulit
Campurkan greek yogurt dan minyak esensial
Cara membuat masker yogurt bisa pula menggunakan jenis greek yogurt. Greek yogurt mempunyai tekstur yang lebih padat dibandingkan jenis yogurt lainnya. Kombinasi yogurt dan minyak esensial berfungsi untuk melembapkan, mencerahkan, dan menenangkan kulit. Cara membuat masker yogurt dan minyak esensial cukup mudah, yaitu:
  • Campurkan 1 cangkir greek yogurt, 1 sendok makan madu, dan 2-3 tetes minyak zaitun atau minyak almond dalam mangkuk kecil. 
  • Aduk seluruh bahan sampai tercampur merata. 
  • Lalu, oleskan masker pada wajah yang sudah dibersihkan. 
  • Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas wajah sampai bersih. 

7. Masker yogurt dan stroberi

Tahukah Anda kalau cara membuat masker yogurt bisa dicampur dengan stroberi? Stroberi kaya akan vitamin C yang dapat membantu melawan radikal bebas penyebab penuaan kulit. Berikut adalah cara membuat masker yogurt dan stroberi selengkapnya. 
  • Campurkan 1 cangkir yogurt tanpa rasa dan 1 ½ sendok makan madu, dan 1 cangkir stroberi yang sudah dihaluskan. 
  • Aduk seluruh bahan alami sampai tercampur merata. 
  • Oleskan pada wajah Anda yang sudah dibersihkan. 
  • Diamkan selama kurang lebih 8 menit, bilas wajah sampai bersih. 

8. Masker yogurt dan oatmeal

Masker yogurt dan oatmeal baik untuk eksfoliasi kulit
Masker yogurt dan oatmeal baik untuk mengangkat sel kulit mati
Masker yogurt yang dikombinasikan dengan bahan alami lain, seperti oatmeal, bisa mengangkat sel kulit mati secara maksimal sekaligus menutrisi kulit. Simak cara membuat masker yogurt dan oatmeal berikut ini. 
  • Campurkan 2 sendok makan yogurt tanpa rasa dan 1 sendok makan oatmeal. 
  • Aduk kedua bahan sampai tercampur merata. 
  • Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan seraya memijat kulit perlahan. 
  • Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas wajah sampai bersih. 

Cara memperoleh manfaat yogurt untuk wajah yang aman

Meski ada berbagai manfaat yang bisa diperoleh, perlu diketahui bahwa manfaat masker yogurt belum tentu efektif untuk semua jenis kulit. Bagi Anda yang memiliki kulit normal atau tidak memiliki masalah berarti pada wajah, sah-sah saja untuk memperoleh manfaat masker yogurt untuk wajah ini.Namun, berbeda bagi orang-orang dengan jenis wajah atau kondisi kulit tertentu. Apalagi bagi orang yang memiliki reaksi alergi tertentu. Maka dari itu, saat pertama kali menggunakan masker yogurt, sebaiknya lakukan tes pada area kulit siku atau belakang telinga terlebih dahulu. Pada beberapa orang dengan kulit yang sangat sensitif, reaksi yang mungkin muncul adalah sensasi rasa terbakar dan gatal pada kulit. Jika hal ini yang Anda alami, segera bilas kulit dengan air sampai bersih.Di samping itu, orang yang memiliki riwayat alergi terhadap produk olahan susu, sebaiknya hindari penggunaan masker yogurt. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan susu plant-based sebagai pengganti yogurt.

Catatan dari SehatQ

Pastikan Anda selalu berhati-hati sebelum menggunakan masker atau produk apa pun pada wajah. Tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakan masker wajah alami, termasuk masker yogurt. Dokter kulit akan membantu dalam menentukan apakah kulit wajah Anda cocok memperoleh manfaat masker yogurt untuk wajah sebagai perawatan kulit sehari-hari atau tidak. Dengan begitu, manfaat yogurt untuk wajah bisa Anda dapatkan secara efektif, optimal, dan tetap aman.Penasaran ingin coba manfaat masker yogurt untuk wajah? Anda bisa konsultasi langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ, lho. Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitkulit dan kecantikanperawatan wajahkulit berminyakkulit sehatkulit kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/yogurt-face-mask#takeaway
Diakses 9 April 2020
Bustle. https://www.bustle.com/articles/89825-wash-your-face-with-yogurt-and-your-skin-will-thank-you-plus-its-not-as-gross
Diakses 9 April 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/yogurt-face-mask#purported-benefits
Diakses pada 12 Maret 2021
Livestrong. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/yogurt-face-mask#purported-benefits
Diakses pada 12 Maret 2021
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-yogurt-face-mask/#gref
Diakses pada 12 Maret 2021
International Journal of Women's Dermatology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5418745/
Diakses pada 12 Maret 2021
Journal of Cosmetic Science. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22152494/
Diakses pada 12 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait