Masker yogurt punya segudang manfaat untuk kulit wajah
Masker yogurt bermanfaat untuk menjaga keelastisan kulit

Tak hanya menjadi camilan menyehatkan, yogurt juga bisa jadi bagian dari perawatan kulit wajah. Bahkan, masker yogurt bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan sederhana. Kandungan nutrisi dalam masker yogurt dapat membantu proses peremajaan kulit.

Dalam masker yogurt, ada kandungan zinc, kalsium, vitamin B, dan asam laktat. Kombinasi nutrisi ini sudah lengkap untuk memancing regenerasi kulit, menyembuhkan jerawat, hingga melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat masker yogurt

Apa saja manfaat masker yogurt dari kandungan nutrisinya yang melimpah?

1. Mencerahkan kulit

Kandungan asam laktat dalam masker yogurt menghambat produksi enzim tyrosinase. Ini adalah enzim yang bertugas memproduksi melanin dan dapat membuat wajah tampak lebih gelap. Artinya, rutin memakai masker yogurt dapat membantu mencerahkan kulit wajah.

2. Mengangkat sel kulit mati

Seperti halnya masker charcoal, masker yogurt juga dapat mengangkat sel kulit mati berkat kandungan alpha hydroxyl acid alami di dalamnya. Selain itu, kandungan asam laktat dalam masker yogurt tidak rentan menimbulkan iritasi dan membantu proses regenerasi sel kulit.

3. Melembapkan kulit

Ada kalanya seseorang merasa wajahnya kusam dan tampak lelah, masker yogurt bisa jadi salah satu solusinya. Dengan memijatkan masker yogurt secara melingkar di wajah, maka kandungan asam laktat di dalamnya dapat membantu melembapkan sekaligus membuat kulit tampak lebih segar.

4. Mengurangi dark circles

Jika Anda terganggu dengan dark circles di bawah mata, coba atasi dengan masker yogurt. Kandungan zinc di dalamnya dapat menyamarkan dark circles sekaligus membuat wajah lebih cerah.

5. Meredakan kulit terbakar

Ketika kulit berada di bawah paparan sinar matahari seharian, ada kemungkinan mengalami sunburn atau kulit terbakar. Kandungan zinc dalam masker yogurt dapat meredakan sensasi terbakar dan gatal akibat sunburn. Tak hanya itu, masker yogurt juga bisa mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit wajah.

6. Mencegah munculnya jerawat

Rutin memakai masker yogurt dapat mencegah munculnya bakteri penyebab jerawat. Kandungan zinc dalam masker yogurt juga membantu mengendalikan kadar minyak yang diproduksi kelenjar sebasea. Ditambah lagi, kandungan probiotik dalam masker yogurt bisa mengusir bakteri penyebab jerawat.

7. Perlindungan sinar UV

Beberapa penelitian menyebut masker yogurt berpotensi menunda munculnya flek hitam akibat paparan sinar matahari. Selain itu, penelitian pada tahun 2015 menyebut masker yogurt juga bisa mengurangi dampak negatif dari sinar UV.

8. Menambah elastisitas kulit

Seiring dengan penuaan, elastisitas kulit tentu berkurang karena kolagen yang hilang secara alami. Meski demikian, masker yogurt dapat mengembalikan elastisitas kulit secara perlahan.

Ketika pertama kali memakai masker yogurt, pastikan tidak ada reaksi alergi. Pada beberapa orang dengan kulit yang sangat sensitif, bisa muncul sensasi terbakar dan gatal. Jika hal ini terjadi, segera bilas dengan air bersih.

Lebih jauh lagi, bagi orang yang memiliki alergi terhadap produk olahan susu, sebaiknya hindari penggunaan yogurt. Alternatifnya, bisa gunakan susu plant-based.

Cara membuat masker yogurt

Masker yogurt bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Sebaiknya, gunakan yogurt alami dan tawar sehingga manfaatnya maksimal dan mudah dicampurkan dengan bahan-bahan lain.

Meski demikian, komposisi pembuatan masker yogurt perlu disesuaikan menurut jenis kulit masing-masing:

  • Kulit kering

Untuk kulit kering, campurkan yogurt dengan madu, alpukat, dan oatmeal yang sudah dimasak. Ketika campurannya sudah bertekstur layaknya pasta, aplikasikan di wajah dan diamkan selama 10-15 menit.

  • Kulit iritasi

Untuk mengatasi iritasi kulit seperti akibat infeksi atau sunburn, campurkan yogurt dengan irisan timun, gel lidah buaya, dan juga madu. Campur hingga konsistensinya tepat sebelum diaplikasikan ke wajah selama 10-15 menit.

  • Kulit berjerawat

Bagi yang berjerawat, masker yogurt bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak sekaligus mengusir bakteri. Caranya, campurkan yogurt, madu, ekstrak lemon, dan bubuk kunyit. Aplikasikan di wajah dan diamkan selama 10-15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

  • Kulit normal

Bagi pemilik kulit normal, masker yogurt bisa dibuat dengan kombinasi apa saja seperti wortel, madu, juga alpukat. Aplikasikan masker yogurt selama 15 menit secara berkala untuk memiliki wajah lebih segar.

Catatan dari SehatQ

Untuk memakai masker yogurt, frekuensinya juga bergantung pada jenis kulit. Untuk pemilik kulit wajah berminyak dan berjerawat, masker yogurt bisa dipakai setiap hari.

Namun untuk kulit kering, sebaiknya beri jeda dan pakai masker yogurt 2-3 kali setiap minggunya. Lain halnya jika masker yogurt digunakan untuk mengatasi infeksi di kulit, maka frekuensi memakainya bisa ditambah hingga 4-5 kali sehari.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/yogurt-face-mask#takeaway
Diakses 9 April 2020

Bustle. https://www.bustle.com/articles/89825-wash-your-face-with-yogurt-and-your-skin-will-thank-you-plus-its-not-as-gross
Diakses 9 April 2020

Artikel Terkait