Mengenal Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Semangka yang Menyehatkan


Manfaat semangka cukup beragam untuk kesehatan. Mulai dari antioksidan, menyehatkan jantung, hingga mencegah kanker, ditawarkan oleh buat yang sehat ini.

0,0
09 May 2019|Maria Yuniar
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat buah semangka untuk jantungSejumlah kandungan buah semangka, terbukti bermanfaat dalam mencegah kanker.
Warna merah yang menggoda, manis, dan menyegarkan dahaga membuat orang sulit untuk menolak semangka. Tidak sekadar menarik, manfaat semangka juga sangat beragam. Ingin tahu apa saja kandungan dan manfaat buah semangka yang baik bagi kesehatan? Simak ulasan berikut ini.

Kandungan buah semangka

Semangka merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan air yang tinggi hingga 91%. Setelah air, kandungan semangka tertinggi kedua yakni karbohidrat dengan sedikit serat, di samping juga protein dan lemak dalam jumlah yang kecil.Dalam 100 gram, berikut kandungan buah semangka yang tinggi nutrisi:
  • Kalori semangka: 30
  • Air: 91%
  • Protein: 0,6 gram
  • Karbohidrat: 7,6 gram
  • Gula: 6,2 gram
  • Serat: 0,4 gram
  • Lemak: 0,2 gram
Kandungan karbohidrat dalam semangka utamanya terdiri atas gula-gula sederhana, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Dalam karbohidrat semangka juga terkandung sedikit serat.Selain kandungan di atas, semangka juga mengandung vitamin C, vitamin B9, dan mineral lainnya. Kandungan vitamin buah semangka cukup tinggi, yakni vitamin C dalam buah semangka sekitar 12.5 miligram dalam setiap 154 gram buahnya, sementara vitamin B9 atau asam folatnya mencapai 4.6 mikrogram.Adapun kandungan mineral lainnya dalam buah semangka adalah kalium, magnesium, kalsium dan fosfor. Semangka juga mengandung senyawa tumbuhan berupa likopen, beta-karoten, dan citrulline.Baca juga: Manfaat Buah Semangka untuk Pria yang Jarang Diketahui

Manfaat buah semangka untuk kesehatan

Beberapa kandungan pada semangka, yaitu cucurbitacin E dan likopen yang termasuk antioksidan, telah terbukti berpotensi mencegah penyakit kanker. Seperti halnya likopen, vitamin C yang ditemukan pada semangka, juga merupakan antioksidan yang mampu melawan peradangan, pada berbagai penyakit kronis.

1. Kaya Likopen dan Antioksidan

Warna merah semangka berasal dari zat likopen, sebuah senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah penuaan dini kulit.Studi menunjukkan semangka memiliki lebih banyak antioksidan ketimbang tomat. Untuk mendapatkan manfaat semangka seperti likopen, pilih yang berwarna merah daripada kuning atau oranye.Selain itu, semangka tanpa biji cenderung memiliki lebih banyak likopen ketimbang semangka dengan biji. Likopen yang kita konsumsi dapat berubah menjadi vitamin A, vitamin yang penting untuk kesehatan mata.

2. Menyehatkan Jantung

Semangka juga memiliki kandungan asam amino yang disebut sebagai citrulline. Manfaat buah  semangka yang satu ini berfungsi untuk membantu menurunkan tekanan darah. Jantung juga bisa memperoleh manfaat semangka dari lycopene. Studi menunjukkan bahwa lycopene dapat mengurangi risiko penyakit serangan jantung.Tentu saja untuk menghindari penyakit jantung, gaya hidup Anda juga perlu diperhatikan. Selain mengonsumsi semangka, pastikan Anda berolahraga teratur, tidak merokok, membatasi asupan berkolesterol tinggi, dan menjalani pola hidup sehat sesuai anjuran dokter.

3. Melindungi Persendian

Semangka memiliki jenis pigmen alami yang disebut beta-cryptoxanthin. Tahukah Anda, bahwa manfaat semangka ini bisa melindungi persendian Anda dari peradangan atau pembengkakan.Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan semangka tersebut akan mengurangi progresivitas penyakit rheumatoid arthritis alias bengkak dan kaku pada persendian.

4. Menghidrasi Tubuh

Secara alami kandungan semangka meliputi 92% air dan gula alami. Jadi, bisa dikatakan mengonsumsi semangka bisa membuat Anda terhidrasi dengan cara yang nikmat.Setiap sel tubuh Anda membutuhkan air. Bila sedikit saja tubuh kekurangan cairan, maka Anda akan merasa lesu, lemah dan mengantuk.

5. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Wanita yang mendambakan kulit cantik dan awet muda tidak boleh melewatkan manfaat buah semangka. Kandungan semangka yang memiliki vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C dapat membantu kulit tampak halus, lembut dan kenyal.Karena kaya akan air, semangka juga cocok sebagai masker wajah. Caranya mudah, campurkan 1 sendok makan jus semangka dengan 1 sendok greek yogurt.Kemudian, oleskan merata di seluruh permukaan wajah, lalu biarkan selama 10 menit. Jika masker semangka ini sudah meresap dan mengering, bilas wajah hingga bersih. Manfaat semangka ini dapat mengangkat sel kulit mati agar kulit wajah tampak lebih cerah dan lembap.

6. Berpotensi mencegah kanker

Para peneliti telah mempelajari likopen dan senyawa tanaman individu lain di dalam semangka untuk khasiat anti-kankernya.
Meskipun likopen dikatakan mampu meminimalisir beberapa jenis risiko kanker, kanker pada sistem pencernaan adalah yang paling kuat. Cucurbitacin E yang terdapat di dalam semangka juga telah diteliti kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan tumor.

7. Melancarkan pencernaan

Semangka mengandung banyak air dan sedikit serat, kedua kandungan ini penting untuk pencernaan yang sehat. Serat dapat memberikan massa untuk feses Anda, sementara air dapat membantu menjaga saluran pencernaan Anda agar tetap lancar.Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan air dan serat seperti semangka akan membantu Anda untuk meningkatkan kinerja usus yang normal.

8. Menghilangkan nyeri otot

Citrulline dan asam amino dalam semangka diketahui dapat mengurangi nyeri otot. Kandungan ini adalah kandungan yang umumnya tersedia di dalam suplemen.Sebuah studi membuktikan, jus buah semangka yang dicampurkan dengan citrulline dapat mengurangi nyeri otot dan membuat detak jantung lebih stabil dibandingkan dengan mengonsumsi citrulline sendiri.

9. Mencegah degenerasi makula dan menjaga kesehatan mata

Likopen ditemukan pada beberapa bagian mata. Fungsi zat ini dapat membantu melindungi mata terhadap kerusakan oksidatif dan peradangan.Menurut studi, kandungan ini juga dapat mencegah degenerasi makula terkait usia. Kondisi ini seperti ini umumnya dialami oleh lansia yang mulai mengalami rabun dan kebutaan.Peran likopen sebagai antioksidan dan senyawa antiinflamasi juga dapat membantu mencegah degenerasi makular berkembang dan memburuk.Buah semangka juga mengandung antioksidan beta-karoten. Beta-karoten juga mirip dengan likopen, yang menjadi senyawa karotenoid dengan efek antioksidan. Beta-karoten pun menjadi provitamin A seperti likopen, sehingga konsumsinya penting untuk menjaga kesehatan mata.

10 Melindungi kesehatan tulang

Semangka diketahui dapat mencegah penyakit yang berkaitan dengan tulang, termasuk arthritis. Menurut studi, hal ini terjadi karena kandungan kalsium yang terdapat di dalam semangka dapat membantu memperkuat struktur tulang dasar tubuh Anda jika dikonsumsi secara rutin.Baca juga: Manfaat Kulit Semangka yang Tidak Terduga, Apa Saja?

Cara memilih semangka yang baik

Untuk mendapatkan manfaat semangka secara maksimal, Anda harus memilih dengan jeli buah semangka berkualitas. Caranya, pilih buah semangka yang tidak memiliki goresan, penyok, atau memar. Periksa pada bagian bawah semangka atau bagian yang menyentuh tanah.Jika bagian bawah semangka tersebut berwarna kekuning-kuningan, itu pertanda bahwa semangka sudah matang dan tua. Selain itu, ketika Anda mengetuk atau memukul permukaannya, semangka matang akan mengeluarkan suara hampa dan ukurannya akan terasa lebih berat.

Tips menyimpan semangka untuk menjaga kesegarannya

Menjaga kandungan semangka tetap segar dan bermutu, sebaiknya cuci bagian luar semangka sebelum dipotong. Semangka memang akan lebih mudah dinikmati setelah dipotong, namun Anda hanya bisa menyimpannya di dalam kulkas selama 5 hari.Selain dipotong dan dimakan dalam kondisi dingin, dapatkan manfaat sehat kandungan semangka dalam bentuk smoothies atau jus. Selamat menikmati buah semangka yang menyehatkan.Namun, konsumsi semangka tetap tidak boleh berlebihan. Pasalnya, indeks glikemik dari semangka relatif tinggi, yakni mencapai 72-80. Jika dikonsumsi berlebihan, semangka dapat memicu kenaikan gula darah dalam tubuh.Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter seputar manfaat buah semangka, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
manfaat semangka
WebMD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-health-benefits-of-watermelon
Diakses pada September 2018
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/watermelon-health-benefits
Diakses pada September 2018
Naturalfoodseries. https://www.naturalfoodseries.com/13-benefits-watermelon/
Diakses pada September 2018
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27240953
Diakses pada Maret 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/watermelon-health-benefits#section3
Diakses 16 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait