Kata Siapa Makan Nangka Saat Hamil Berisiko Keguguran?

Buah nangka mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi ibu hamil dan janin
Ibu hamil boleh saja mengonsumsi nangka asalkan dalam jumlah wajar dan tidak terlalu sering

Pantangan makan ibu hamil ada banyak? Mungkin benar demikian. Tapi, bukan berarti ibu hamil jadi harus membatasi apa saja yang dikonsumsi, termasuk ketika sudah berurusan dengan buah-buahan. Ada mitos yang menyebut bahwa makan nangka saat hamil berisiko mengakibatkan keguguran. Bahkan, tidak ada fakta ilmiah yang mengubah mitos tersebut menjadi fakta.

Sekali mitos, tetap mitos. Ibu hamil makan nangka sah-sah saja. Bukan berarti makan nangka saat hamil membahayakan janin. Justru, ibu hamil makan nangka dapat memberi nutrisi bagi tubuh.

Kandungan nutrisi buah nangka

Buah nangka bisa masuk dalam salah satu buah yang menambah energi. Bagaimana tidak, di dalamnya ada 155 kalori. Tak hanya itu, nangka juga rendah akan kandungan lemak tak sehat, kolesterol, dan sodium. Artinya, nutrisinya aman untuk dikonsumsi ibu hamil.

Selain itu, dalam buah nangka juga terdapat folat, thiamine, niacin, riboflavin, vitamin C, dan vitamin A. Asupan mineral seperti potasium, zat besi, kalsium, dan juga mangan.

Jika belum cukup, kandungan serat dalam nangka juga sangat penting untuk ibu hamil terutama kaitannya dengan pencernaan. Jangan khawatir membuat gula darah dalam tubuh melonjak karena buah nangka rendah akan gula.

Amankah makan nangka saat hamil?

Dengan melihat banyaknya nutrisi yang ada dalam buah nangka, maka patut dipertanyakan jika ada yang menyebut bahwa makan nangka saat hamil berisiko menyebabkan keguguran.

Hingga kini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa nangka berbahaya bagi ibu hamil. Selama ibu hamil makan nangka dalam porsi yang wajar, tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan.

Justru buah nangka mengandung banyak manfaat bagi tubuh seperti:

Ibu hamil sering mengalami sembelit

1. Mencegah konstipasi

Ada kalanya ibu hamil merasa tidak nyaman pada pencernaan mereka dan mengalami konstipasi atau sembelit. Nah, mengonsumsi buah nangka dalam jumlah wajar dapat mengatasi banyak masalah pencernaan. Namun hati-hati, Ibu hamil yang pencernaannya cenderung sensitif perlu  bijak mengonsumsi nangka dalam jumlah secukupnya.

2. Menurunkan tekanan darah

Jika Anda termasuk ibu hamil dengan tekanan darah cenderung tinggi, mengonsumsi buah nangka bisa menurunkan tekanan darah menjadi normal kembali. Apalagi, tekanan darah tinggi sangat berbahaya bagi ibu hamil karena dapat berisiko menimbulkan komplikasi bagi kehamilan dan janin.

3. Sumber energi

Jika ibu hamil merasa lesu dan tidak bertenaga, buah nangka bisa hadir menjadi sumber energi. Apalagi jika suka dengan rasa manis nangka, buah ini bisa jadi sumber energi yang lezat.Wajar jika ibu hamil merasa letih karena memang energi yang dikeluarkan selama kehamilan lebih banyak saat mengandung.

Nutrisi dalam nangka bermanfaat untuk perkembangan janin

4. Baik untuk pertumbuhan janin

Kandungan vitamin A, vitamin C, folat, zat besi, dan mineral lainnya punya peran vital bagi pertumbuhan janin. Mengonsumsi nangka dengan porsi wajar dapat membantu berkembangnya organ-organ pada janin selama di kandungan.

5. Mengurangi stres

Buah nangka juga sah-sah saja menjadi pilihan ibu hamil untuk snack time. Selain rasanya yang manis, kandungan dalam buah nangka juga bisa menekan rasa stres. Terlebih, ibu hamil rentan mengalami stres selama mengandung 9 bulan.

Ibu hamil tidak bisa sembarangan mengonsumsi obat flu

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ibu hamil makan nangka juga bisa diuntungkan berkat kandungan vitamin C di dalamnya. Berkat vitamin yang satu ini, kekebalan tubuh juga bisa meningkat dan membuat tidak gampang sakit. Apalagi, ibu hamil tidak bisa mengonsumsi sembarangan obat seperti orang lain.

7. Mengendalikan hormon

Jangan kaget jika hormon ibu hamil benar-benar fluktuatif dan tidak bisa ditebak. Biasanya sinyal ketika hormon berantakan adalah mood yang ajaib. Mengonsumsi buah nangka dapat mengendalikan keseimbangan hormon.

Kapan makan nangka saat hamil perlu dihindari?

Namun tentu saja tidak ada kondisi kehamilan yang sama. Ada kalanya kehamilan harus menghindari jenis makanan tertentu karena kondisi medis yang melatarbelakangi. Berikut ini beberapa kondisi yang membuat makan nangka saat hamil sebaiknya dihindari atau setidaknya dikurangi:

  • Menderita diabetes karena level gula darah bisa naik ketika mengonsumsi nangka
  • Jika pernah mengalami masalah dengan kekentalan darah, sebaiknya menghindari nangka karena dapat mempercepat pembekuan darah
  • Mengonsumsi buah nangka berlebihan dapat menyebabkan diare
  • Ibu hamil yang alergi terhadap buah nangka sebaiknya memilih alternatif buah lain

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa makan nangka saat hamil aman-aman saja selama tidak ada kondisi medis tertentu.

Mengonsumsi nangka juga bisa dalam bentuk buah atau diolah menjadi sayur. Ingat, jangan mengonsumsi dalam porsi berlebihan. Apapun yang berlebihan memang tidak baik, toh?

Being the Parent. https://www.beingtheparent.com/jackfruit-during-pregnancy/
Diakses 5 Oktober 2019

First Cry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/eating-jackfruit-during-pregnancy-is-it-safe/
Diakses 5 Oktober 2019

Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/jackfruit-during-pregnancy_00355258/#gref
Diakses 5 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed