Kapan Waktu yang Tepat untuk Olahraga? Ini Penjelasannya

Sering terjadi perdebatan mengenai kapan waktu terbaik untuk olahraga
Kapan waktu terbaik untuk olahraga sering menjadi perdebatan

Apakah Anda senang berolahraga? Olahraga sangat penting untuk dilakukan agar tubuh tetap bugar dan sehat. Ada berbagai macam pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan, misalnya berlari, bersepeda, berenang, atau masih banyak lagi.

Akan tetapi, terkadang sebagian orang masih merasa bingung mengenai waktu yang tepat untuk olahraga. Sebab ada yang mengatakan bila olahraga sebaiknya dilakukan di pagi hari, namun ada juga yang berpendapat sore atau malam hari adalah waktu yang baik untuk berolahraga Jadi, mana yang tepat?

Keuntungan berolahraga di pagi hari

Di pagi hari, tubuh biasanya terasa lebih fit untuk mulai beraktivitas, termasuk olahraga. Oleh sebab itu, pagi hari sering dianggap sebagai waktu yang tepat untuk olahraga. Sebab, olahraga di pagi hari memungkinkan Anda memulai hari dengan perasaan bahagia karena udara masih segar dan otak dapat melepas hormon endorfin dengan baik.

Berolahraga di pagi hari juga dapat meningkatkan aktivitas fisik sepanjang hari, dan meningkatkan metabolisme yang dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori. 

Proses ini berperan besar dalam menurunkan berat badan dengan sehat. Anda juga sebaiknya berolahraga di pagi hari dengan perut kosong karena dianggap dapat membakar lebih banyak lemak, bahkan hingga 20 persen. Selain itu, waktu sore atau malam hari yang Anda miliki pun tidak terganggu. 

Sebuah studi menunjukkan bahwa berolahraga pada pukul 7 pagi dibandingkan sore atau malam hari, dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak di malam hari. Memiliki kualitas tidur yang baik bisa meningkatkan suasana hati Anda di pagi hari.

Keuntungan berolahraga di sore atau malam hari

Berolahraga di pagi hari memang memiliki banyak keuntungan, namun berolahraga di sore atau malam hari juga tak kalah manfaatnya. Sebuah studi menemukan bahwa kemampuan tubuh melakukan sesuatu berada di puncaknya ketika sore hari. 

Pada saat itu, suhu tubuh naik bahkan berada di kisaran yang tertinggi di antara pukul 2-6 sore.  Selain itu, ini juga dapat meningkatkan fungsi dan kekuatan otot, aktivitas enzim, serta daya tahan sehingga kondisi fisik siap untuk berolahraga ketika sore hari.

Detak jantung dan tekanan darah juga berada di fase paling rendah pada saat ini sehingga mengurangi kemungkinan Anda untuk cedera. Sementara, pada malam hari, oksigen dapat diserap lebih cepat ketimbang pagi sehingga penggunaan energi pun menjadi lebih efektif. 

Sebuah studi juga mengungkapkan bahwa mengangkat beban di malam hari bisa membuat kualitas dan waktu tidur Anda menjadi lebih baik. Namun, jangan dilakukan berlebihan karena bisa menyebabkan terjadinya peningkatan detak jantung dan suhu tubuh yang berakibat pada kesulitan tidur.

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk olahraga?

Belum ada bukti penelitian yang menjelaskan kapan waktu yang tepat untuk olahraga. Namun, yang jelas berolahraga merupakan hal yang penting untuk dilakukan, baik di pagi, sore, atau malam hari, ketimbang tidak sama sekali.

Yang terpenting adalah menyesuaikan waktu olahraga dengan waktu yang Anda miliki. Manfaat olahraga juga akan lebih terasa jika dilakukan secara konsisten. Bila Anda bukan orang yang terbiasa bangun pagi, berolahraga di pagi hari mungkin terasa sulit. Oleh sebab itu, Anda harus memiliki jadwal perencanaan yang baik untuk berolahraga.

Agar Anda dapat rutin berolahraga, pilihlah aktivitas fisik yang Anda sukai. Sementara, jika Anda senang bersosialisasi, maka Anda dapat berolahraga bersama keluarga, teman, atau ikut klub olahraga. Beberapa aktivitas olahraga yang dapat Anda lakukan kapan pun, di antaranya:

  • Berjalan, berlari, jogging
  • Berenang
  • Bersepeda
  • Menari dan aerobik
  • Menaiki tangga
  • Yoga dan pilates
  • Latihan beban dan kekuatan
  • Seni bela diri
  • Tinju.

Lakukan olahraga minimal 3 kali seminggu dengan durasi minimal 30 menit per sesi olahraga. Namun, Anda juga harus berhati-hati jika berolahraga di luar ruangan ketika siang hari karena bisa terkena radiasi ultraviolet yang tinggi. Hindari pula berolahraga terlalu larut malam karena dapat membuat Anda susah tidur. Cobalah untuk melakukannya beberapa jam sebelum waktu tidur Anda.

Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelah selesai berolahraga. Kedua proses tersebut akan membantu tubuh terhindar dari cedera dan semakin terasa bugar setelah berolahraga. Anda juga harus minum cukup air putih di sela-sela waktu berolahraga agar terhindar dari dehidrasi.

Healthline. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/best-time-to-workout#4
Diakses pada 30 Januari 2020
Heart.org. https://www.heart.org/en/healthy-living/fitness/fitness-basics/when-is-the-best-time-of-day-to-work-out
Diakses pada 30 Januari 2020