Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Masker Wajah?


Ada banyak versi yang menyarankan kapan waktu terbaik untuk menggunakan masker wajah. Mulai dari sebelum mandi, setelah mandi, sebelum tidur, dan sebagainya. Kuncinya adalah sesuaikan dengan jenis masker yang digunakan.

0,0
13 Oct 2021|Azelia Trifiana
Waktu yang tepat menggunakan masker wajah bergantung pada jenis masker yang digunakanWaktu yang tepat menggunakan masker wajah bergantung pada jenis masker yang digunakan
Ada banyak versi yang menyarankan kapan waktu terbaik untuk menggunakan masker wajah. Mulai dari sebelum mandi, setelah mandi, sebelum tidur, dan sebagainya. Kuncinya adalah sesuaikan dengan jenis masker yang digunakan.Selain jenis masker, perhitungkan pula bagaimana karakter kulit Anda. Jadi, cara tepat menggunakan face mask bukan cuma perkara kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya saja.

Cara tepat menggunakan masker wajah

Setiap masker wajah punya khasiatnya masing-masing. Ada yang didesain untuk mengurangi kelebihan minyak atau sebum, di sisi lain ada pula yang mengklaim bisa mengembalikan kelembapan alami kulit.Tak hanya itu, di pasaran ada banyak masker yang dapat meratakan warna kulit serta mengangkat sel kulit mati.Apapun khasiatnya, berikut ini tahapan untuk mengaplikasikan face mask dengan tepat:
  1. Pertama, bersihkan wajah secara menyeluruh
  2. Aplikasikan masker dengan lapisan tipis dan merata ke seluruh wajah
  3. Hindari mengaplikasikan masker ke area mata dan bibir
  4. Jika disarankan untuk memijat selama beberapa detik, lakukanlah
  5. Tunggu sekitar 5-20 menit, bergantung instruksi penggunaan produk
  6. Bilas dengan air hangat
  7. Anda bisa menggunakan kain lembut untuk membantu mengangkat masker
  8. Ikuti dengan tahapan skincare selanjutnya seperti penggunaan toner, serum, pelembap, dan tabir surya

Kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya?

Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan masker wajah bergantung pada jenis kulit Anda.Umumnya, masker anti-penuaan bisa digunakan beberapa kali dalam sepekan. Sementara masker untuk kulit berminyak sekitar dua sampai tiga kali per minggu.Namun bagi orang dengan jenis kulit sensitif, sebaiknya hanya gunakan masker wajah sekali seminggu.Itu untuk frekuensinya. Lebih spesifik lagi, kapan waktu yang lebih tepat menggunakan face mask, apakah sebelum atau sesudah mandi?Keduanya sah-sah saja. Namun, ada beberapa hal yang perlu diingat jika mengaplikasikannya sebelum mandi, yaitu:
  • Jika menggunakan masker sebelum mandi, pastikan sudah membersihkan wajah terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa makeup
  • Saat mandi, ada kemungkinan masker terkena air sehingga tidak merata terkena ke seluruh area wajah atau leher
Bagi mereka dengan jenis kulit kering, disarankan untuk memakai masker wajah sebelum mandi. Sebab, tahapan ini dapat membantu mengunci kelembapan baik dari face mask maupun air saat mandi.Di sisi lain, Anda bisa juga mengaplikasikan face mask setelah mandi. Biasanya, ini efektif untuk masker yang sifatnya deep cleansing untuk kulit berminyak atau kombinasi. Jenisnya biasanya adalah masker arang aktif atau lumpur.Dengan mandi terlebih dahulu, maka pori-pori akan terbuka sehingga kulit lebih siap menerima tahapan deep cleansing selanjutnya.Bagaimana jika tidak keduanya? Apabila tidak ingin menggunakan masker wajah sebelum atau setelah mandi, cukup ikuti instruksi penggunaan produk itu.

Catatan dari SehatQ

Selain face mask seperti yang disebutkan di atas, ada juga masker wajah yang memang diinstruksikan untuk diaplikasikan semalaman. Ini menjadi penutup setelah rangkaian skincare di malam hari. Barulah di pagi hari, bilas seperti biasa.Hal terpenting adalah mengenali jenis kulit agar tahu masker wajah mana yang paling efektif. Barulah kemudian sesuaikan dengan waktu penggunaan yang paling sesuai kebutuhan.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar manfaat penggunaan face mask, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitkulit dan kecantikanperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/face-mask-before-or-after-shower
Diakses pada 29 September 2021
Journal of Cosmetic Science. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22152494/
Diakses pada 29 September 2021
Journal of Clinical Investigation. https://www.jci.org/articles/view/61978
Diakses pada 29 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait