logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

Bra untuk Remaja, Ini Usia Memakai dan Jenisnya yang Tepat

open-summary

Bra untuk remaja dapat dikenakan ketika payudara mulai berkembang, dan area dada terasa tidak nyaman saat berlari atau melompat. Dalam memilihnya, pastikan jenis bra nyaman dan ukurannya sesuai.


close-summary

4.75

(4)

3 Mei 2021

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Usia yang tepat memakai bra tergantung pada perkembangan payudara remaja perempuan

Remaja perempuan mulai mengenakan bra saat payudaranya berkembang

Table of Content

  • Usia yang tepat memakai bra untuk remaja
  • Tips memilih bra untuk remaja
  • Jenis bra untuk remaja

Remaja perempuan mengalami pertumbuhan payudara di masa pubertas. Salah satu pertanyaan yang kerap muncul pada masa ini adalah usia yang tepat memakai bra untuk remaja. Namun, ada baiknya Anda mengenalkan mini set remaja dulu pada anak sebelum meminta mereka menggunakan bra.

Advertisement

Mini set dapat menutupi kuncup payudara dan puting. Pakaian ini tidak memiliki penopang dan biasanya digunakan saat kuncup payudara pertama kali muncul. Seiring perkembangan payudara, barulah anak perempuan bisa mengenakan bra anak remaja untuk menopang payudaranya.

Usia yang tepat memakai bra untuk remaja

Sebetulnya, tidak ada batasan usia yang tepat memakai bra untuk remaja. Sebab, perkembangan payudara setiap remaja bisa berbeda-beda. Payudara dapat mulai tumbuh sejak usia 8 tahun atau paling lambat 13 tahun sampai akhir masa remaja. 

Sebagian remaja perempuan dapat mengalami pertumbuhan payudara lebih awal, sementara sebagian lainnya mungkin lebih lambat. Jadi, usia yang tepat untuk memakai bra adalah saat payudara berkembang.

Payudara yang berkembang dapat dilihat dari bentuknya yang mulai tampak menonjol. Selain itu, pemakaian bra remaja juga disarankan apabila area dada anak mulai terasa tidak nyaman saat melakukan kegiatan tertentu, misalnya berlari atau melompat. 

Hal tersebut menandakan bahwa payudara perlu disangga agar tidak membatasi rentang gerak mereka. Sayangnya, mini set remaja tidak menawarkan fungsi tersebut sehingga bra perlu digunakan. 

Manfaat menggunakan bra bagi remaja, yaitu dapat menjadi penyangga dan melindungi jaringan payudara. Bra juga membuat tonjolan puting tidak terlihat. Dari penjelasan ini, diharapkan Anda tidak perlu bingung lagi mengenai usia yang tepat memakai bra untuk remaja.

Tips memilih bra untuk remaja

Di samping pertimbangan usia yang tepat untuk memakai bra, ada pula kekhawatiran mengenai bra dapat mengganggu pertumbuhan payudara anak remaja. Namun, kekhawatiran ini tidak ada basisnya karena bra tidak akan mempengaruhi pertumbuhan payudara. 

Yang menentukan adalah gen dan hormon. Jadi, jika Anda memiliki payudara yang besar atau kecil, maka anak perempuan Anda cenderung memiliki ukuran payudara yang sama nantinya. Selain itu, apabila anak memiliki lebih banyak lemak tubuh, ia mungkin akan memiliki payudara yang lebih besar.

Mengenakan bra yang tepat dapat membuat remaja perempuan merasa lebih nyaman. Oleh sebab itu, tidak boleh sembarangan dalam memilih bra remaja. Berikut adalah beberapa tips memilih bra untuk remaja yang bisa dijadikan acuan.

  • Pilih jenis bra yang nyaman

Terdapat berbagai jenis bra yang mungkin bisa membuat putri Anda bingung saat memilihnya. 

Namun, banyak remaja menggunakan sports bra remaja sebagai bra pertamanya. Bra untuk remaja ini dapat menyokong payudara dengan baik.

Di samping itu, berbagai jenis bra lainnya juga bisa dipertimbangkan, seperti soft cup bra, bra kawat, atau bra tanpa tali. 

Sebagian BH anak-anak remaja kerap memiliki bantalan di dalamnya sehingga membuat payudara tampak lebih besar.

  • Pilih ukuran yang tepat

ukuran bra harus sesuai
Ukuran bra harus sesuai dengan lingkar dada dan payudara

Selain itu, saat membeli bra untuk remaja, pilihlah ukuran bra yang sesuai dengan lingkar dada dan lingkar payudaranya (cup), misalnya 32A. Sebelum membeli bra, Anda dapat membantu putri Anda untuk mengukur payudaranya.

Menggunakan bra yang terlalu kecil dapat membuat payudara terasa nyeri, apalagi payudara remaja perempuan cenderung sensitif. 

Sementara itu, bra untuk remaja yang terlalu besar tidak dapat menyokong payudara dengan baik sehingga bisa mengganggu kenyamanan penggunanya, terutama saat banyak bergerak. 

Anda juga perlu memahami kalau anak dapat merasa malu ketika membicarakan mengenai pemakaian bra. Namun, pastikan untuk mendengar apa yang ia utarakan dan memberinya pengertian dengan baik sehingga anak memahami perubahan pada tubuhnya tersebut. 

Jenis bra untuk remaja

Berikut adalah beberapa jenis bra untuk remaja yang bisa dipilih sebagai awalan.

1. Training bra

Training bra digunakan untuk pelatihan selama masa transisi dari anak-anak menuju remaja. Bra ini dapat membuat anak merasa lebih nyaman dan mulai terbiasa untuk menggunakan bra.

Idealnya, training bra digunakan ketika kuncup payudara mulai berkembang. Bra ini akan memberi dukungan dasar dan menutupi payudara anak remaja. Tersedia training bra remaja kekinian dengan berbagai pola dan warna.

2. Sports bra

jenis bra harus nyaman digunakan
Sports bra menopang payudara dengan lebih baik

Sports bra cocok digunakan oleh remaja yang bergerak aktif. Bra ini dapat menopang payudara dengan lebih baik sehingga mencegahnya bergoyang, terutama saat dada bergerak. 

Area cup-nya juga lebih datar sehingga tidak akan membuat payudara remaja terlihat besar atau menonjol. Sports bra remaja kekinian tersedia dalam berbagai bentuk, gaya, dan ukuran yang bisa dipilih.

3. Soft cup bra

Soft cup bra menjadi salah satu pilihan yang baik untuk remaja. Bra untuk remaja ini memiliki cup busa lembut yang dapat memberi sedikit bantalan dalam menopang payudara, tetapi tetap terlihat natural. Pilihlah soft cup bra remaja kekinian yang tidak berkawat agar lebih nyaman.

4. Underwire bra

Underwire bra dilengkapi oleh kawat yang berada di bagian bawah payudara untuk menopangnya dengan ekstra. 

Bra ini cocok untuk remaja perempuan yang memiliki ukuran payudara besar. Terdapat berbagai underwire bra dengan model BH remaja kekinian yang bisa Anda pilih.

Cara memakai BH untuk remaja harus disesuaikan dengan jenis bra yang dipilih. Misalnya, sports bra bisa dipakai langsung seperti mengenakan baju. Sementara itu, soft cup bra mungkin dilengkapi dengan kaitan yang harus dipasang dengan tepat.

Supaya payudara berkembang dengan sehat secara alami, anak harus mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan berolahraga dengan teratur. Selain itu, beri tahu anak bahwa ia tidak perlu menggunakan bra selama 24 jam, misalnya ia bisa melepas branya saat tidur.

Sementara, bagi Anda yang ingin bertanya lebih lanjut seputar masalah kesehatan anak, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

anak praremajapubertaspayudara

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved