Kapan Usia yang Tepat Memakai Bra untuk Remaja Perempuan?

(0)
03 May 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Usia yang tepat memakai bra tergantung pada perkembangan payudara remaja perempuanRemaja perempuan mulai mengenakan bra saat payudaranya berkembang
Remaja perempuan mengalami pertumbuhan payudara di masa pubertas. Salah satu pertanyaan yang kerap muncul pada masa ini adalah usia yang tepat untuk memakai bra. Namun, ada baiknya Anda mengenalkan mini set remaja dulu pada anak sebelum meminta mereka menggunakan bra.Mini set dapat menutupi kuncup payudara dan puting. Pakaian ini tidak memiliki penopang dan biasanya digunakan saat kuncup payudara pertama kali muncul. Seiring perkembangan payudara, barulah anak perempuan bisa mengenakan bra remaja untuk menopang payudaranya.

Usia yang tepat untuk memakai bra

Sebetulnya, tidak ada batasan usia yang tepat untuk memakai bra. Sebab, perkembangan payudara setiap remaja bisa berbeda-beda. Payudara dapat mulai tumbuh sejak usia 8 tahun atau paling lambat 13 tahun sampai akhir masa remaja. Sebagian remaja perempuan dapat mengalami pertumbuhan payudara lebih awal, sementara sebagian lainnya mungkin lebih lambat. Jadi, usia yang tepat untuk memakai bra adalah saat payudara berkembang.Payudara yang berkembang dapat dilihat dari bentuknya yang mulai tampak menonjol. Selain itu, pemakaian bra juga disarankan apabila area dada anak mulai terasa tidak nyaman saat melakukan kegiatan tertentu, misalnya berlari atau melompat. Hal tersebut menandakan bahwa payudara perlu disangga agar tidak membatasi rentang gerak mereka. Sayangnya, mini set remaja tidak menawarkan fungsi tersebut sehingga bra perlu digunakan. Bra remaja dapat menjadi penyangga dan melindungi jaringan payudara. Bra juga membuat tonjolan puting tidak terlihat. Dari penjelasan ini, diharapkan Anda tidak perlu bingung lagi mengenai usia yang tepat untuk memakai bra bagi anak perempuan.

Memilih bra remaja

Di samping pertimbangan usia yang tepat untuk memakai bra, ada pula kekhawatiran mengenai bra dapat mengganggu pertumbuhan payudara anak remaja. Namun, kekhawatiran ini tidak ada basisnya karena bra tidak akan memengaruhi pertumbuhan payudara. Yang menentukan adalah gen dan hormon. Jadi, jika Anda memiliki payudara yang besar atau kecil, maka anak perempuan Anda cenderung memiliki ukuran payudara yang sama nantinya. Selain itu, apabila anak memiliki lebih banyak lemak tubuh, ia mungkin akan memiliki payudara yang lebih besar.Mengenakan bra yang tepat dapat membuat remaja perempuan merasa lebih nyaman. Oleh sebab itu, tidak boleh sembarangan dalam memilih bra remaja. Berikut adalah beberapa tips memilih bra remaja yang bisa dijadikan acuan.
  • Pilih jenis bra yang nyaman

jenis bra harus nyaman digunakan
Pilih jenis bra yang nyaman digunakan
Terdapat berbagai jenis bra yang mungkin bisa membuat putri Anda bingung saat memilihnya. Namun, banyak remaja menggunakan sport bra remaja sebagai bra pertamanya. Bra untuk remaja ini dapat menyokong payudara dengan baik.Di samping itu, berbagai jenis bra lainnya, seperti soft cup bra, bra kawat, atau bra tanpa tali juga bisa dipertimbangkan. Sebagian bra kerap memiliki bantalan di dalamnya sehingga membuat payudara tampak lebih besar.
  • Pilih ukuran yang tepat

ukuran bra harus sesuai
Ukuran bra harus sesuai dengan lingkar dada dan payudara
Pilihlah ukuran bra remaja yang sesuai dengan lingkar dada dan lingkar payudaranya (cup), misalnya 32A. Sebelum membeli bra, Anda dapat membantu putri Anda untuk mengukur payudaranya.Menggunakan bra yang terlalu kecil dapat membuat payudara terasa nyeri, apalagi payudara remaja perempuan cenderung sensitif. Sementara itu, bra remaja yang terlalu besar tidak dapat menyokong payudara dengan baik sehingga terasa tidak nyaman, terutama saat ia terlalu banyak bergerak. Anda juga perlu memahami kalau anak dapat merasa malu ketika membicarakan mengenai pemakaian bra. Namun, pastikan untuk mendengar apa yang ia utarakan dan memberinya pengertian dengan baik sehingga anak memahami perubahan pada tubuhnya tersebut. Supaya payudara berkembang dengan sehat secara alami, anak harus mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan berolahraga dengan teratur. Selain itu, beri tahu anak bahwa ia tidak perlu menggunakan bra selama 24 jam, misalnya ia bisa melepas branya saat tidur.Sementara, bagi Anda yang ingin bertanya lebih lanjut seputar masalah kesehatan anak, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
anak praremajapubertaspayudara
Kids Health. https://kidshealth.org/en/kids/breasts-bras.html
Diakses pada 19 April 2021
Kids Health. https://kidshealth.org/en/teens/bra-sizes.html
Diakses pada 19 April 2021
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/girls-bras-and-puberty-3288403
Diakses pada 19 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait