Anda boleh mengoleskan lotion anti nyamuk untuk bayi jika ia sudah berusia di atas 2 bulan
Sebelum mengoleskan lotion anti nyamuk untuk bayi, pastikan tidak ada reaksi alergi

Musuh besar orangtua di rumah atau saat sedang bermain di tempat terbuka adalah nyamuk. Bukan hanya membuat buah hati merasa gatal dan tidak nyaman, nyamuk juga bisa menjadi sumber penularan penyakit. Lotion anti nyamuk untuk bayi kerap jadi andalan untuk menghindarinya.

Tapi pertanyaannya, apakah lotion anti nyamuk untuk bayi aman digunakan? Atau lebih baik menggunakan bahan alami untuk mengusir nyamuk di rumah?

Jika memang diperlukan, lotion anti nyamuk untuk bayi boleh-boleh saja digunakan ketika bayi sudah berusia 2 bulan ke atas. Meski demikian, orangtua harus jeli membaca apa saja kandungan lotion anti nyamuk untuk bayi yang aman untuk anak mereka.

Kandungan lotion anti nyamuk untuk bayi

Umumnya, kandungan utama lotion anti nyamuk untuk bayi adalah DEET, picaridin, 2-undecanone, atau IR3535. Ini adalah bahan kimia yang biasa digunakan dalam lotion anti nyamuk. Untuk bayi, tentu saja kadar konsentrasi bahan kimianya sebaiknya dipilih yang kurang dari 30%.

Tenang saja, kandungan DEET sebanyak 10% saja sebenarnya sudah cukup efektif melindungi kulit bayi dari nyamuk selama tiga jam. Substansi kimia seperti DEET sebenarnya tidak membunuh nyamuk, hanya saja DEET bisa menginterfensi reseptor antena nyamuk sehingga kesulitan mendeteksi target mereka.

Saat memberikan lotion anti nyamuk untuk bayi, jangan lupa cek dulu apakah ada reaksi alergi dari kulit mereka. Caranya bisa dengan mengaplikasikan lotion anti nyamuk dalam jumlah sedikit dan melihat apakah kulit menjadi ruam atau gatal-gatal.

Jika tidak ada reaksi alergi, maka Anda bisa menggunakan lotion anti nyamuk saat diperlukan. Lebih baik menggunakan lotion anti nyamuk ketimbang menggunakan obat anti nyamuk semprot atau bahkan bakar yang dapat terhirup oleh anak-anak.

Perhatikan sebelum memberikan lotion anti nyamuk untuk bayi

Meskipun lotion anti nyamuk untuk bayi adalah alternatif yang aman untuk melindungi buah hati, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Terlebih jika bayi masih dalam fase oral, perhatikan betul agar jangan sampai lotion anti nyamuk untuk bayi rentan terkena tangan dan justru tertelan.

Lebih detilnya, ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengaplikasikan lotion anti nyamuk untuk bayi:

  • Cek apakah ada reaksi alergi saat memberikan lotion anti nyamuk untuk bayi merek tertentu
  • Jangan mengaplikasikan dekat mata dan mulut bayi
  • Hindari mengaplikasikan lotion dekat area tangan karena ada kemungkinan bayi memasukkan tangan ke mulut sehingga substansi lotion tertelan
  • Tidak memberikan lotion anti nyamuk untuk bayi di bawah 2 bulan
  • Baca komposisi lotion anti nyamuk termasuk berapa banyak kandungannya
  • Jangan mengaplikasikan lotion anti nyamuk pada area yang mengalami luka terbuka

Ingat pula untuk membersihkan kembali bagian yang terkena lotion anti nyamuk untuk bayi setelah kembali ke rumah. Simpan pula lotion anti nyamuk untuk bayi di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak untuk menghindari kemungkinan tertelan.

Tips memilih lotion anti nyamuk untuk bayi

Ada banyak merek lotion anti nyamuk untuk bayi yang ada di pasaran. Tentu kadang bingung mana yang benar-benar cocok untuk buah hati Anda. Ingat, setiap anak unik dan belum tentu lotion anti nyamuk yang cocok untuk anak lain juga cocok untuk anak Anda.

Untuk itu, yang perlu Anda perhatikan saat memilih lotion anti nyamuk untuk bayi adalah:

  • Perhatikan komposisi apakah benar-benar aman untuk bayi
  • Hindari lotion dengan aroma terlalu wangi yang justru bisa menarik serangga
  • Cari tahu berapa kadar konsentrasi bahan kimia dalam lotion anti nyamuk untuk bayi

Apabila bayi Anda mengalami alergi saat terpapar lotion anti nyamuk, alternatifnya bisa menggunakan stiker pengusir serangga yang digunakan dengan menempelkan ke pakaian. Memang cara ini tidak seampuh lotion karena perlahan konsentrasi pengusir nyamuknya menguap ke udara. Tapi tetap jauh lebih aman ketimbang menggunakan lotion anti nyamuk untuk bayi jika ada reaksi alergi.

Anda juga bisa menggunakan alternatif alami untuk mengusir nyamuk dengan citronella, lemon, lavender, peppermint, lemongrass, sampai bawang putih.

Untuk anak yang masih berusia di bawah 2 bulan dan belum disarankan menggunakan lotion anti nyamuk untuk bayi, coba lindungi bayi Anda dengan raket nyamuk atau kelambu anti nyamuk.

Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/is-it-safe-to-use-mosquito-repellents-for-babies_00105822/#gref
Diakses 4 Oktober 2019

Parents. https://www.parents.com/health/bug-bites/guide-to-bug-repellent-for-kids/?slide=slide_f665deae-023b-41f4-ace9-9c51309add14#slide_f665deae-023b-41f4-ace9-9c51309add14
Diakses 4 Oktober 2019

Pediatrics Clerkship The University of Chicago. https://pedclerk.bsd.uchicago.edu/page/insect-repellents-children
Diakses 4 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed