Kapan Pastinya Haid Setelah Melahirkan Caesar?

(0)
24 Aug 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Haid setelah melahirkan caesar sulit diprediksi apalagi jika ibu langsung menyusuiHaid setelah melahirkan caesar tidak mudah untuk diprediksi
Baik wanita yang melahirkan secara nomal melalui vagina atau operasi caesar akan mengalami masa nifas. Masa nifas adalah saat-saat di mana rahim sedang dalam masa pemulihan pascamelahirkan untuk kembali pada kondisi semula layaknya sebelum bersalin. Selesai masa nifas, barulah Anda akan kembali haid.Banyak orang yang mempertanyakan waktu tepatnya haid setelah melahirkan caesar. Tidak sedikit dari mereka yang kebingungan, apalagi jika haid tidak kunjung datang melewati waktu yang diprediksi sebelumnya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasan berikut ini.

Kapan mulai haid setelah melahirkan caesar?

Sebetulnya, tidak ada perbedaan bagi wanita yang melahirkan secara normal atau caesar berkaitan dengan kapan mulainya haid setelah melahirkan. Anda akan kembali haid setelah masa nifas selesai, yakni sekitar 6-8 minggu setelah melahirkan. Khususnya, jika sebelum melahirkan Anda selalu memiliki masa menstruasi yang teratur.Meski demikian, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kembalinya periode menstruasi normal bagi wanita yang telah melahirkan. Ibu menyusui biasanya lebih sulit diperkirakan kapan akan kembali mengalami haid pertamanya setelah melahirkan.Ibu menyusui bisa jadi tidak akan haid hingga berbulan-bulan. Khususnya, jika memberikan ASI eksklusif. Lain halnya bagi ibu yang tidak menyusui, umumnya kembali mendapatkan haid pertama setelah 6-8 minggu.

Penyebab haid tidak kunjung datang

Jika Anda menyusui setelah melahirkan, tubuh akan meningkatkan produksi hormon prolaktin (hormon  yang berfungsi untuk menghasilkan air susu). Tingginya kadar hormon prolaktin dapat menekan hormon reproduksi sehingga menunda terjadinya ovulasi. Oleh karena itu, ketika masih sering menyusui, siklus haid dapat ikut tertunda.Faktor lain yang memengaruhi kapan haid pertama setelah melahirkan caesar adalah:
  • Tinggi dan berat badan
  • Kondisi kesehatan
  • Stres dan kurang istirahat
  • Komplikasi kehamilan
  • jenis KB yang digunakan karena jenis KB suntik bisa menghentikan haid hingga satu tahun.
Kadang, wanita yang baru pertama kali melahirkan bingung membedakan antara darah haid dan darah nifas. Untuk membedakannya, amati warna pada darah yang keluar. Jika darah berwarna pekat, maka itu adalah darah haid. Darah nifas setelah beberapa minggu sejak kelahiran akan berwarna lebih terang, seperti krem, merah muda, atau cokelat muda.Setelah mengalami haid pertama, perlu diingat bahwa siklus haid setelah melahirkan mungkin akan agak berbeda dibandingkan sebelum hamil. Siklus akan menjadi sedikit kacau sebelum kembali pada siklus normal Anda yang biasanya. Terlebih lagi, jika Anda masih menyusui.Setelah Anda tidak terlalu sering menyusui, maka hormon prolaktin yang diproduksi oleh tubuh tidak cukup untuk menekan ovulasi. Oleh karena itu, walaupun siklus haid masih belum teratur, Anda tetap mengalami masa ovulasi dan masih bisa hamil kembali.

Cara mengatasi haid yang tidak kunjung datang

Seperti disebutkan sebelumnya, termasuk hal yang wajar jika haid terhenti hingga beberapa bulan setelah melahirkan dengan operasi caesar. Khususnya, jika setelah melahirkan Anda menyusui bayi secara eksklusif.Mengingat bayi biasanya mulai diberi makanan tambahan lain setelah berusia 6 bulan, aktivitas menyusui akan mulai berkurang. Maka biasanya siklus haid akan mulai kembali setelah 6 bulan. Apabila setelah 6 bulan Anda belum mengalami haid pertama Anda, sedangkan Anda juga tidak menggunakan KB yang dapat menghambat haid, ada baiknya Anda berkonsultasi pada dokter kandungan.Lain halnya jika Anda tidak menyusui, biasanya haid dapat datang lebih cepat. Bahkan, beberapa orang bisa haid kembali setelah 6 minggu sejak melahirkan. Apabila dalam jangka waktu 3 bulan setelah melahirkan caesar Anda masih belum mengalami haid pertama, konsultasikan masalah ini dengan dokter kandungan Anda.Dokter akan mencari tahu apa penyebab tertundanya haid. Apakah berkaitan dengan kondisi hormon, masalah berat badan, stres atau kurang istirahat, hingga kemungkinan terjadinya komplikasi.Jika tidak ditemukan hal yang membahayakan, dokter akan menyarankan beberapa perubahan gaya hidup, termasuk menjaga asupan gizi yang seimbang, cukup beristirahat, dan mengelola stres. Namun, apabila ditemukan masalah medis, dokter akan meresepkan obat sesuai gejala atau mungkin tindakan operasi jika terjadi komplikasi pascamelahirkan.Haid pertama setelah melahirkan bisa saja lebih banyak atau lebih menyakitkan atau malah lebih ringan dari biasanya. Yang harus diperhatikan jika pada haid pertama Anda juga mengalami demam, darah haid sangat deras hingga pembalut penuh dalam satu jam dan berkali-kali ganti pembalut sepanjang hari.Selain itu, jika haid berlangsung lebih dari tujuh hari dan menimbulkan rasa sakit yang tidak tertahankan, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
siklus haidhaid
Healthline
https://www.healthline.com/health/pregnancy/first-period-postpartum#1
Diakses 10 Agustus 2020
Parents
https://www.parents.com/pregnancy/giving-birth/will-a-c-section-affect-my-periods/
Diakses 10 Agustus 2020
Parenting First Cry
https://parenting.firstcry.com/articles/first-period-after-c-section-what-to-expect/
Diakses 10 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait