Kapan Bayi Bisa Melihat? Ketahui Tahap Penglihatan Bayi Baru Lahir Sampai 2 Tahun


Kapan bayi bisa melihat dengan jelas dapat Anda prediksi dari usianya. Tahapannya dimulai dari penglihatan bayi baru lahir yang masih samar dan hitam putih sampai akhirnya bisa mengenali semua jenis warna pada usia 1 tahun.

(0)
24 Dec 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kapan bayi bisa melihat bergantung pada fase umurnyaPenglihatan bayi akan berkembang sesuai dengan perkembangan usianya
Kapan bayi bisa melihat dan mengenali wajah orangtuanya serta lingkungan yang ada di sekitarnya? Saat lahir ke dunia, penglihatan bayi baru lahir belum sama dengan kemampuan melihat yang dimiliki oleh anak-anak maupun orang dewasa. Sistem penglihatan bayi yang baru lahir butuh waktu untuk matang hingga akhirnya bisa setajam dan sejelas orang dewasa. Namun, perkembangan penglihatan bayi baru lahir dapat meningkat pesat hanya dalam hitungan bulan.Penting untuk mengenali apakah mata si Kecil mulai bisa melihat dengan sempurna sesuai dengan usianya. Namun, Anda juga harus mengenali tanda-tanda gangguan penglihatan bayi itu sendiri agar masalah tersebut dapat ditangani dengan segera.

Kapan bayi bisa melihat?

Saat baru lahir, penglihatan bayi memang masih kesulitan untuk fokus dan melihat.Bayi baru lahir sudah mampu melihat secara samar-samar saat digendong. Namun, penglihatan bayi baru lahir belum sempurna dan hanya bisa fokus dengan benda berjarak 20-23 cm. Jarak tersebut merupakan jarak yang kurang lebih sama saat orangtua menggendong bayi.Bayi masih kesulitan melihat karena belum terbiasa dengan cahaya terang di sekitarnya setelah lama berada dalam rahim ibunya. Pada beberapa bulan pertama, koordinasi otot mata bayi masih belum terlalu baik dan terkadang mata bayi bisa terlihat juling

Tahapan penglihatan bayi baru lahir sampai usia 1 tahun

Penglihatan bayi baru lahir akan semakin tajam seiring usianya bertambah. Dikutip dari American Academy of Ophthalmology (AAO), berikut adalah tahapan bayi mulai bisa melihat dari lahir hingga 1 tahun usianya.

1. Minggu pertama: penglihatan kabur dan hitam-putih

Jika ditanya kapan bayi baru lahir bisa melihat, sebetulnya penglihatan buah hati Anda sudah aktif sejak minggu pertama kelahirannya.Hanya saja, penglihatan bayi baru lahir hanya bisa fokus menangkap objek yang berjarak 20-30 cm di depannya, itu pun dalam warna hitam-putih.

2. Minggu kedua: mulai bisa melihat wajah orangtua

Kapan bayi bisa melihat wajah orangtuanya?Penglihatan bayi baru lahir barulah bisa fokus memandang wajah orangtua pada saat berumur delapan minggu.Di minggu kedua kelahirannya, si kecil sudah mulai bisa tersenyum sebagai respons ketika Anda ajak bercanda. Pastikan wajah Anda tetap berada pada jarak 20-30 cm di depannya.

3. Minggu ketiga dan keempat: bisa fokus lebih lama

Jika sebelumnya bayi hanya bisa fokus pada wajah Anda selama beberapa detik, di akhir bulan pertama usianya ia bisa memandang wajah Anda selama 10 detik. Bayi juga mulai tertarik pada objek di sampingnya.Akan tetapi untuk melihat ke samping, bayi akan menggerakkan kepalanya karena ia belum bisa menggerakkan matanya saja.

4. Bulan ke-2 sampai ke-4: lebih fokus dan mengikuti objek

Kapan bayi bisa melihat dengan fokus? Mata bayi mungkin terlihat seperti juling, tapi hal ini normal karena otot matanya mulai belajar untuk fokus. Pada usia 2 bulan, matanya mulai fokus dan koordinasi membaik dengan bisa mengikuti objek ke kanan dan ke kiri.Pada usia bayi 3 bulan, koordinasi mata dan tangannya sudah mulai berkembang. Matanya sudah bisa mengenali warna sehingga ia dapat mengikuti objek bergerak seperti mainan berwarna terang sembari tangannya berusaha untuk menggapai objek tersebut. 

5. Bulan ke-5 sampai ke-8: bisa meraih, mengenali, dan mengingat objek

Kapan bayi bisa melihat benda jauh? Saat usianya mencapai 5 bulan, bayi mulai bisa melihat benda yang berada jauh darinya, bahkan dapat mengenali pohon yang berada di luar jendela kamarnya.Kedalaman penglihatan bayi juga membaik dan mereka mulai bisa melihat warna yang mencolok dan benda secara 3 dimensi, meski kemampuan bayi ini belum sempurna layaknya orang dewasa.Pada rentang usia ini, bayi juga mulai mengenali orangtua dan tersenyum ketika diberi senyuman dari seberang ruangan. Saat usianya menginjak 8 bulan, kemampuan penglihatan bayi ini akan sangat membantunya dalam perkembangan motorik, misalnya saat merangkak, memindahkan barang dari satu tangan ke tangan lainnya, dan lain-lain.

6. Bulan ke-9 sampai 12: penglihatan bayi mulai sempurna

Kapan bayi bisa melihat dengan sempurna? Mayoritas bayi memiliki kemampuan ini saat usianya mendekati 1 tahun.Saat inilah, bayi mulai bisa mengenali semua jenis warna, membedakan warna, serta mampu meraih warna yang ia suka dengan tangannya sendiri. Meski demikian, tidak sedikit bayi yang kemampuan penglihatannya masih berkembang saat usianya di atas 1 tahun dan itu masih terbilang normal.

Tanda bayi mengalami gangguan penglihatan

Mayoritas bayi yang lahir dengan mata sehat jarang mengalami gangguan mata sebelum ia berusia 1 tahun. Meski demikian, jika penglihatan bayi terus mengalami kesulitan fokus, terutama pada satu mata saja pada usia tiga sampai empat bulan, maka Anda perlu berkonsultasi ke dokter.Anda juga tetap harus waspada jika menemukan tanda-tanda adanya gangguan mata pada bayi sebagai berikut:
  • Keluar air mata yang berlebihan, bisa menandakan adanya penyumbatan pada kelenjar air mata.
  • Kelopak mata merah atau berkerak, bisa menandakan adanya infeksi.
  • Tidak sinkronnya pergerakan bola mata, bisa mengindikasikan adanya masalah pada otot mata (misalnya mata juling atau strabismus).
  • Sensitivitas terhadap cahaya yang berlebihan, bisa menandakan adanya tekanan pada bola mata.
  • Muncul bintik putih pada pupil, bisa menandakan adanya kanker mata.
  • Mata yang sensitif terhadap cahaya.
Selain mengetahui kapan bayi bisa melihat, Anda juga wajib mengetahui tanda-tanda bahaya di atas. Jika Anda menemukan gejala gangguan mata tersebut, sebaiknya langsung periksakan bayi ke dokter mata agar cepat ditangani.

Cara meningkatkan kemampuan melihat pada bayi

Orangtua dapat melakukan beberapa cara untuk membantu penglihatan bayi baru lahir semakin tajam, sesuai dengan tahapan usianya:

1. Usia 0-4 bulan 

Sejak baru lahir hingga usia 4 bulan, penglihatan bayi bisa ditingkatkan salah satunya dengan sering mengganti posisi tempat tidur dan posisi tidurnya. Bantu bayi beradaptasi dengan mengurangi cahaya lampu di kamar tidur bayi.Anda juga bisa memberikan mainan bayi pada jarak yang mudah dijangkau, yakni sekitar 20-30 cm dari bayi. Ajaklah bayi berbicara seraya menggendongnya sambil mengitari ruangan dan menunjuk berbagai objek untuk melatih kordinasi penglihatannya. 

2. Usia 5-8 bulan

Pada tahap ini, Anda bisa mulai dengan memberikan mainan bayi berbagai bentuk dan tekstur yang bisa digenggam. Latih anak untuk belajar merangkak guna membantu perkembangan koordinasi mata dan tangannya. Bawalah anak ke tempat-tempat baru yang menarik sambil menunjuk objek-objek di sekitar tempat tersebut dan memberitahukan nama objeknya.Selain membawa anak ke tempat baru, sangat disarankan untuk bermain bersama anak dan menggerakkan tangan bayi untuk menunjuk sembari mengucapkan nama objek tertentu.

3. Usia 9-12 bulan

Di tahap penglihatan bayi ini, Anda tidak hanya bisa membantu mengembangkan kemampuan melihat bayi, tetapi juga meningkatkan kosakata yang dapat dipelajari oleh bayi. Anda bisa melatih kosakata bayi dengan cara berbicara dengan bayi sambil menyebutkan berbagai nama objek yang dilihat atau dengan membacakan cerita.Permainan yang bagus untuk dilakukan pada usia ini adalah bermain petak umpet menggunakan mainan dan wajah Anda, serta menggulirkan bola di lantai untuk membantu fokus bayi pada objek yang bergerak.Tambah koleksi mainan bayi dengan berbagai ukuran bola dan balok-balok untuk mengembangkan kemampuan motorik dan otot bayi. Semangati bayi untuk bisa merangkak dan merayap di usia sembilan bulan sampai satu tahun.

Catatan dari SehatQ

Memahami tahapan penglihatan pada bayi baru lahir sampai tahun-tahun pertamanya akan memudahkan Anda menemukan jawaban seputar kapan bayi bisa melihat. Jangan lupa untuk selalu memeriksakan mata bayi secara rutin. Bayi perlu menjalani pemeriksaan mata saat berusia 6 bulan, 3 tahun, dan saat berusia sekitar 5 atau 6 tahun. Segera hubungi dokter mata jika mata bayi mengalami gejala gangguan penglihatan seperti yang telah disebutkan.
gangguan mataperkembangan bayibayi baru lahir
All About Vision. https://www.allaboutvision.com/parents/infants.htm
Diakses pada 24 Desember 2019
Parents. https://www.parents.com/baby/development/physical/understanding-your-babys-developing-vision/?
Diakses pada 24 Desember 2019
American Academy of Ophthalmology. https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/baby-vision-development-first-year
Diakses pada 24 Desember 2019
American Optometric Association. https://www.aoa.org/patients-and-public/good-vision-throughout-life/childrens-vision/infant-vision-birth-to-24-months-of-age
Diakses pada 24 Desember 2019
American Optometric Association. https://www.aoa.org/patients-and-public/good-vision-throughout-life/childrens-vision/infant-vision-birth-to-24-months-of-age
Diakses pada 10 Juli 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/when-do-newborns-start-to-see#1
Diakses pada 10 Juli 2019
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/infants-first-eye-exam-what-to-expect-3421571
Diakses pada 13 September 2019
WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/newborn-vision
Diakses pada 10 Juli 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait