Jangan sepelekan! Kulit Kapalan Dapat Menjadi Tanda Penyakit Serius Ini

Kulit kapalan yang selama ini disepelekan bisa jadi menjadi tanda dari kanker kerongkongan dan diabetes
Kulit kapalan salah satu tanda adanya kanker atau diabetes dalam beberapa kasus

Kulit kapalan seringkali disepelekan, karena dianggap bukanlah hal yang membahayakan. Padahal, kapalan bisa menjadi satu tanda dari penyakit yang serius.

Kapalan adalah penumpukan kulit yang keras dan tebal karena tekanan atau gesekan pada kulit. Umumnya kapalan ditemukan di telapak kaki, terutama di tumit dan bantalan kaki. Akan tetapi, dapat terjadi pula di telapak tangan, siku, jari, dan lutut.

[[artikel-terkait]]

Kulit kapalan mungkin tanda 2 penyakit serius

Kulit kapalan berwarna kekuningan atau pucat. Kapalan memiliki ukuran yang cukup besar, dan tepi yang kurang jelas. Saat disentuh, kulit kapalan terasa kurang sensitif dibanding kulit sekitarnya.

Kapalan akan terasa menyakitkan saat berjalan sehingga membuat anda merasa seperti berjalan di atas batu. Biasanya kapalan bukanlah sesuatu yang berbahaya,

Namun dalam beberapa kasus, kapalan dapat menjadi parah. Bahkan kulit kapalan bisa menjadi tanda dari penyakit serius. Adapun penyakit serius tersebut, di antaranya:

1. Kanker kerongkongan

Di Amerika Serikat, kanker kerongkongan (esofagus) menempati urutan ke-11 penyebab utama kematian. Berdasarkan sebuah penelitian, beberapa kapalan bukan disebabkan oleh gesekan sepatu atau iritasi kulit lainnya, melainkan oleh bentuk kanker kerongkongan yang diturunkan.

Para akademisi dari Queen Mary University of London menemukan bahwa jenis kanker kerongkongan yang disebut dengan Tylosis, dapat menyebabkan kapalan pada telapak kaki, dan telapak tangan.

Para ilmuwan menemukan, gen di balik Tylosis, yaitu iRHOM2, dapat memengaruhi produksi keratin yang menyebabkan kulit kapalan.

Selain kapalan, gejala lain dari kanker kerongkongan yaitu sulit menelan, sakit di punggung dan perut, sering mulas, hilangnya nafsu makan, muntah, dan penurunan berat badan. Akan tetapi, perlu dicatat, tidak semua kapalan merupakan tanda dari penyakit kanker.

Anda harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebab kapalan yang dialami. Sebaiknya, periksakan diri anda ke dokter bila kapalan dirasa mengganggu, dan tak kunjung sembuh.

Dokter akan melakukan diagnosis, dan memberi penanganan yang tepat untuk kapalan anda.

2. Diabetes

Kapalan terjadi lebih sering dan menumpuk lebih cepat, pada kaki penderita diabetes. Hal tersebut sering kali tak disadari, dan menganggap bahwa kapalan merupakan hal yang biasa. Padahal, kapalan dapat menjadi tanda bahwa Anda memiliki diabetes.

Jika tidak dihilangkan, kapalan akan menjadi sangat tebal, rusak, dan berubah menjadi luka terbuka. Kadar gula yang tinggi, dalam waktu lama dapat merusak banyak area tubuh, termasuk kaki. Oleh sebab itu, banyak kasus amputasi kaki terjadi akibat diabetes.

Jika kapalan malah semakin parah, segera periksakan diri anda ke dokter. Jangan mencoba memotong kapalan sendiri, untuk menghindari infeksi.

Biarkanlah dokter yang memotong kapalan anda, agar lebih aman. Selain itu, Anda juga harus rutin melakukan pemeriksaan gula agar kadar gula darah anda tetap terkontrol.

Penderita diabetes berisiko lebih tinggi untuk mengalami komplikasi yang lebih serius. Oleh sebab itu, anda tidak boleh mengabaikan kulit kapalan yang Anda miliki.

Pakailah sepatu yang sesuai, dan jangan bertelanjang kaki, untuk menghindari terjadinya kapalan dan infeksi yang lebih parah. Ternyata, beberapa kapalan memang bukanlah hal yang sepele.

Kapalan dapat menjadi tanda dari penyakit yang mengerikan. Anda harus selalu waspada, dan memeriksakan apapun perubahan yang berpotensi menjadi bahaya bagi kesehatan.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/amp/315669
Diakses pada 6 Mei 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317504.php
Diakses pada 6 Mei 2019

American Diabetes Association. https://www.diabetes.org/living-with-diabetes/complication/foot-complications/
Diakses pada 6 Mei 2019

Foot Files. https://www.footfiles.com/health/diseases/article/are-your-calluses-actually-a-sign-of-cancer
Diakses pada 6 Mei 2019

Live Well with Unity Point Health. https://www.unitypoint.org/livewell/article.aspx?id=21b4c73a-5d47-46f7-974f-8a5df23874d7
Diakses pada 6 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed