Kanker Payudara Stadium 3, Berapa Besar Harapan Hidup Penderitanya?


Tingkat kelangsungan hidup penderita kanker payudara stadium 3 didasari oleh usia, ukuran tumor, respons pengobatan, hingga kesehatan penderitanya.

0,0
11 Nov 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kanker payudara stadium 3Kanker payudara stadium 3 berarti kanker kelenjar getah bening di dekat payudara, kulit payudara, dan dinding dada.
Sama seperti jenis kanker lain, kanker payudara memiliki tingkatan stadium yang dapat menjelaskan di mana letak kanker berada, seberapa besar ukuran tumornya, sejauh mana kanker tumbuh ke jaringan terdekat, dan apakah kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat atau bagian tubuh lain.
Jika kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di dekat payudara, kulit payudara, dan dinding dada, kondisi ini menandakan bahwa kanker payudara telah mencapai stadium 3.

Jenis-jenis kanker payudara stadium 3

Sebelum memahami berbagai jenis kanker payudara stadium 3, ada baiknya Anda mengenal sistem TNM. Dokter dapat menentukan tingkat keparahan kanker lewat sistem TNM tersebut. Seperti apa penjelasannya?

T (Tumor)

Di dalam sistem TNM, T adalah tumor. Nomor yang mengikutinya dapat menjelaskan berapa besar tumor. Misalnya, T1 berarti tumor berukuran 0-2 cm. Lalu T2, berarti tumor berukuran 2-5 cm. Sedangkan T3, tumor sudah berukuran lebih dari 5 cm. Terakhir T4, yang menandakan bahwa tumor telah menembus kulit atau menempel pada dinding dada.

N (Nodus)

N atau Nodus dapat mendeskripsikan status kelenjar getah bening. Contohnya N0, berarti dokter tidak bisa merasakan kelenjar getah bening. Kemudian N1, artinya dokter dapat merasakan kelenjar getah bening yang membengkak.Kemudian N2, dokter bisa merasakan kelenjar getah bening bengkak dan benjol. Terakhir ada N3, yang bisa mengartikan bahwa kelenjar getah bening di dekat tulang selangka telah membengkak.

M (Metastasis)

M0 artinya dokter sudah mengambil sampel kelenjar getah bening dan tidak menemukan kanker di dalamnya. Sementara itu, M1 menandakan bahwa kanker telah menyebar dari lokasi asalnya dan bisa ditemukan di bagian tubuh lain.Berikut penjelasan beserta skor TNM dari masing-masing jenis kanker payudara stadium 3.

1. Kanker payudara stadium 3A

Pada kanker payudara stadium 3A, kemungkinan kondisinya adalah sebagai berikut:
  • Tidak ada tumor di dalam jaringan payudara, namun sel kanker kemungkinan sudah ditemukan di dalam kelenjar getah bening yang terletak di ketiak atau payudara. (T0, N2, M0).
  • Ukuran tumornya kemungkinan mencapai 2 centimeter (cm) atau lebih kecil dari itu dan/atau telah melampaui batas jaringan payudara. Kanker mungkin juga sudah menyebar ke kelenjar getah bening di ketiak atau payudara. (T1, N2, M0).
  • Ukuran tumornya lebih dari 2 cm tapi masih di bawah 5 cm. Kanker juga dapat ditemukan di dalam kelenjar getah bening yang terletak di ketiak atau payudara. (T1, N2, M0).
  • Ukuran tumor dapat melebihi 5 cm tapi belum meluas ke kulit payudara atau dinding dada. Selain itu, kanker juga bisa ditemukan di dalam kelenjar getah bening yang ada di ketiak. (T3, N1, M0).
  • Ukuran tumor lebih dari 5 cm tapi belum berdampak pada kulit payudara atau dinding dada. Sel kanker juga dapat ditemukan pada kelenjar getah bening yang ada di ketiak atau payudara. (T3, N2, M0).

2. Kanker payudara stadium 3B

Untuk kanker payudara stadium 3B, berikut adalah kemungkinan kondisi yang bisa terjadi:
  • Ukuran tumornya kemungkinan bisa kecil atau besar dan telah mempengaruhi kulit payudara atau telah tumbuh ke dinding dada (tanpa melibatkan otot pectoralis). Tumor yang ditemukan juga berpotensi berjenis langka, yakni dikenal sebagai kanker payudara inflamasi. (T4, N0, M0).
  • Tumor dapat berukuran kecil atau besar dan bisa menyebar ke kulit payudara atau dinding dada. Tumor yang ditemukan juga bisa berjenis kanker payudara inflamasi. Selain itu, sel kanker dapat terlihat pada kelenjar getah bening di ketiak atau dekat payudara yang terdampak. (T4, N1, M0).
  • Ukuran tumor dapat kecil atau besar. Tumor yang ditemukan bisa berjenis kanker payudara inflamasi. Kanker juga dapat ditemukan pada kelenjar getah bening di ketiak atau di dalam payudara. (T4, N2, M0).

3. Kanker payudara stadium 3C

Kanker payudara stadium 3C artinya tumor dapat berukuran kecil atau besar, tapi hanya terletak di jaringan payudara saja. Sementara itu, dinding dada dan kulit payudara tidak terdampak.Sel kanker dapat ditemukan di dalam kelenjar getah bening yang terletak di ketiak, di dalam payudara, di atas maupun bawah tulang selangka, atau di beberapa area.Skor TNM dari kanker payudara stadium 3C adalah T (bisa berapa pun), N3, dan juga M0.

Kanker payudara stadium 3 apa bisa sembuh?

Tingkat harapan hidup atau survival rate penderita kanker payudara stadium 3 akan didasari oleh beberapa faktor, di antaranya:
  • Usia
  • Kesehatan secara umum
  • Respons pengobatan
  • Ukuran tumor.
Lantas, apakah kanker payudara stadium 3 bisa sembuh? Dikutip dari Healthline, dengan terapi agresif, kanker payudara stadium 3 bisa sembuh. Namun, sel-sel kanker dapat mucul kembali setelah pengobatan.Menurut The National Cancer Institute, sekitar 72 dari 100 penderita kanker payudara stadium 3 kemungkinan dapat hidup selama 5 tahun setelah diagnosis.Sebagai perbandingan, penderita kanker payudara stadium 0 dan 1 memiliki harapan hidup sebanyak 100 persen. Sementara itu, tingkat harapan hidup penderita kanker payudara stadium 2 sebesar 93 persen.Selanjutnya, jika kanker payudara sudah mencapai stadium 4, tingkat harapan hidupnya menurun hingga 22 persen.

Pengobatan kanker payudara stadium 3

Pengobatan kanker payudara stadium 3 dapat melibatkan obat-obatan serta operasi berdasarkan keadaan dan situasi penderitanya.Perawatan berbasis obat dapat mencakup kemoterapi, terapi target, terapi hormon, atau kombinasi dari semuanya.Kemoterapi kanker payudara stadium 3 dilakukan untuk menghancurkan sel kanker dengan obat antikanker. Namun, jenis pengobatan ini dapat menimbulkan efek samping. Sesaat setelah pengobatan telah usai, efek samping dapat mereda.Berikut adalah beragam efek samping kemoterapi yang mungkin terjadi.
  • Meningkatnya risiko infeksi
  • Anemia
  • Memar dan perdarahan
  • Kerontokan rambut
  • Mual
  • Masalah gigi dan mulut
  • Perubahan pada kulit dan kuku
  • Sulit mengingat dan berkonsentrasi
  • Munculnya gejala menopause
  • Kelelahan.
Jika obat-obatan tak mampu mengecilkan ukuran tumor, dokter dapat menyarankan prosedur mastektomi atau pengangkatan seluruh jaringan payudara. Jika dokter hanya mengangkat tumornya saja, prosedur ini dikenal dengan sebutan lumpektomi.Setelah melakukan berbagai operasi di atas, dokter dapat terus melakukan terapi radiasi dan kemoterapi agar sel kanker tidak kembali.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kanker payudara stadium 3, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
gejala kankerkanker payudarakanker
Cancer. https://www.cancer.net/navigating-cancer-care/diagnosing-cancer/stages-cancer
Diakses pada 25 Oktober 2021
Cancer Research UK. https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/breast-cancer/stages-types-grades/number-stages/stage-3
Diakses pada 25 Oktober 2021
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/stage-3-breast-cancer-429890
Diakses pada 25 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/breast-cancer/prognosis-stage-3-breast-cancer#life-expectancy
Diakses pada 25 Oktober 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323177#life-expectancy-and-survival-rates
Diakses pada 25 Oktober 2021
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/know-your-breast-tumor-size-4114640
Diakses pada 28 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait