Kandungan tomat sangatlah bermanfaat untuk hidup yang sehat.
Kandungan tomat sangat beragam, mulai dari vitamin C hingga kalsium.

Kandungan tomat sebagai buah ternyata sangat bermanfaat untuk hidup yang lebih sehat. Buah berwarna merah yang memiliki rasa asam ini mengandung berbagai macam vitamin, zat mineral, hingga senyawa tumbuhan yang luar biasa!

Mari mengenal kandungan tomat untuk memotivasi Anda mengonsumsi lebih banyak asupan sehat ini!

Kandungan tomat yang bermanfaat

Kandungan tomat tidak hanya datang dari dagingnya saja, tapi juga kulitnya. Itulah sebabnya, kandungan tomat tidak boleh dipandang sebelah mata.

Kalau selama ini Anda mengonsumsinya dalam bentuk saus, cobalah konsumsi tomat dalam bentuk buah segar, dan rasakan berbagai kandungan tomat ini!

1. Serat

Dalam 100 gram kandungan tomat, terdapat 1,5 gram serat di dalamnya. Sebagian besar serat (87%) yang pada kandungan tomat adalah hemiselulosa, selulosa, dan lignin.

Kandungan tomat yang satu ini sangat dibutuhkan oleh sistem pencernaan kita untuk mencegah sembelit dan penyakit sistem pencernaan lainnya.

Tidak hanya itu. Serat juga bisa menjaga kadar kolesterol dan gula darah di dalam tubuh.

2. Vitamin C

Satu buah tomat berukuran sedang ternyata sudah mengandung 28% rekomendasi asupan harian (RAH) vitamin C. Kandungan tomat yang satu ini dianggap sebagai nutrisi esensial dan antioksidan yang bisa mencegah berbagai macam penyakit.

3. Kalium

Dikenal dengan nama lain potasium, zat mineral yang dikandung oleh tomat ini sangatlah baik untuk menjaga tekanan darah dan pencegahan penyakit jantung.

Menariknya, kandungan tomat yang satu ini lebih banyak ditemukan dalam bentuk tomat kering. Per cangkirnya, tomat kering sudah mengandung 1.800 miligram atau setara dengan 50% RAH kalium!

4. Vitamin K1

Vitamin K1 adalah kandungan tomat yang sangat penting untuk proses pembekuan darah dan juga kesehatan tulang. Dalam 100 gram tomat kering, terdapat 43 mikrogram atau 36% RAH vitamin K1!

5. Folat (Vitamin B9)

Tomat
Kandungan tomat yang bikin sehat

Folat atau vitamin B9 adalah kandungan tomat yang tak kalah penting. Folat dianggap sangat baik untuk pertumbuhan jaringan tubuh dan fungsi sel. Ditambah lagi, ibu hamil juga membutuhkan folat!

Sebuah penelitian membuktikan bahwa satu tomat mentah memiliki folat sekitar 4,1-35,3 mikrogram folat.

6. Kalsium

Siapa sangka kalau tomat memiliki kalsium, sama seperti produk susu. Kandungan tomat ternyata memiliki 18 miligram kalsium, lho!

Sebagai salah satu zat mineral terpenting yang dibutuhkan tubuh, kalsium adalah kandungan tomat yang sepatutnya Anda cari. Sebab, manusia membutuhkan kalsium untuk membentuk dan menjaga tulang. Tak ayal, 99% kalsium yang disimpan dalam tubuh, terdapat pada gigi dan tulang.

7. Likopen

Likopen adalah senyawa tumbuhan yang dimiliki oleh kandungan tomat. Salah satu jenis karotenoid ini ditemukan melimpah di kulit tomat.

Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menjaga kulit dari matahari, meningkatkan kesehatan jantung, hingga menurunkan risiko kanker.

8. Beta karoten

Warna hijau maupun kuning pada tomat dipengaruhi oleh beta karoten, senyawa tumbuhan yang dimiliki kandungan tomat. Saat dicerna oleh tubuh, beta karoten akan diubah menjadi vitamin A yang memiliki segudang manfaat kesehatan.

9. Naringenin

Senyawa tumbuhan yang dimiliki kandungan tomat ini ada pada kulitnya. Narigenin dianggap sebagai salah satu jenis flavonoid.

Dalam sebuah riset pada hewan uji, naringenin menunjukkan kemampuannya dalam mengatasi peradangan dan mencegah berbagai macam penyakit.

Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia tentunya dibutuhkan.

10. Asam klorogenik

Tomat
Kandungan tomat yang bermanfaat

Asam kolorogenik masuk dalam daftar antioksidan terkuat yang bisa mencegah penyakit datang menyerang tubuh. Bahkan, kandungan tomat yang satu ini pun berpotensi menurunkan tekanan darah pada pengidap darah tinggi.

Catatan dari SehatQ:

Setelah mengetahui berbagai kandungan tomat di atas, apakah Anda tertarik untuk mengonsumsinya secara rutin?

Perlu diingat, mengonsumsi tomat saja tentu tidak akan memberikan efek besar terhadap kesehatan Anda. Makanlah berbagai buah dan sayuran sehat lainnya untuk memaksimalkan manfaat kesehatannya untuk tubuh Anda!

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/tomatoes#nutrition
Diakses pada 26 Juni 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983
Diakses pada 26 Juni 2020

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/pictures/foods-high-in-potassium/
Diakses pada 26 Juni 2020

NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19449809/#:~:text=The%20content%20of%20folates%20in,with%20ripening%20stage%20was%20observed.
Diakses pada 26 Juni 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/273031#nutrition
Diakses pada 26 Juni 2020

Artikel Terkait