Kandungan Tahu yang Dilengkapi Beragam Nutrisi Penting untuk Tubuh

(0)
27 May 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kandungan tahu tidak hanya lezat, tapi juga menyehatkan tubuh.Kandungan tahu sangatlah beragam, mulai dari zat besi hingga kalium.
Kandungan tahu sangatlah beragam, dan yang pasti menyehatkan. Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan kandungan tahu karena harganya yang murah di pasaran. Malahan, kandungan tahu menyimpan berbagai macam nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh kesehatan.Kenalilah beragam kandungan tahu yang sangat bermanfaat untuk kesehatan ini.

Kandungan tahu, si lauk yang mudah dijumpai

Tahu dipercaya sebagai makanan yang menyehatkan karena kandungan nutrisinya sangat tinggi, tapi rendah kalori. Banyak studi yang membuktikan bahwa kandungan tahu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), hingga meredakan gejala menopause.Kenalilah lebih jauh kandungan tahu, supaya Anda lebih memahami betapa bermanfaatnya tahu untuk kesehatan.

1. Protein

Tahu dikenal sebagai salah satu sumber protein terbaik. Tidak heran kalau vegan dan vegetarian yang tidak mengonsumsi daging, sangat suka menyantap tahu untuk mendapatkan kandungan proteinnya.Dalam 122 gram tahu, terdapat 15,57 gram protein. Banyak orang yang lantas mengonsumsi tahu untuk memenuhi kebutuhan harian protein mereka.Protein sangatlah dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Selain itu, tubuh juga membutuhkan protein untuk memproduksi enzim dan hormon. Protein pun memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang, otot, kulit, dan sel darah.

2. Kalsium

Tahu
Kandungan tahu yang lezat dan menyehatkan
Dalam 122 gram kandungan tahu, terdapat 421 miligram kalsium. Zat mineral yang satu ini sangat dibutuhkan tubuh, termasuk untuk menjaga kesehatan tulang.Kandungan tahu yang satu ini sangat diperlukan berbagai organ tubuh untuk berfungsi dengan baik. Mulai dari jantung, otot, hingga tulang.Beberapa penelitian bahkan membuktikan bahwa kalsium, dibarengi dengan konsumsi vitamin D, bisa menjaga tubuh dari kanker, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

3. Magnesium

Magnesium adalah kandungan lain dari tahu yang sangat dibutuhkan tubuh. Dalam 122 gram tahu, terdapat 65 miligram magnesium.Zat mineral ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh, mulai dari berperan dalam ratusan reaksi biokimia dalam tubuh, meningkatkan performa olahraga, mencegah depresi, mengatasi diabetes tipe 2, menurunkan tekanan darah, mencegah peradanngan maupun migrain.

4. Zat besi

Masih dari golongan mineral, kali ini ada zat besi yang dimiliki kandungan tahu. Dalam 122 gram tahu, terdapat 3,35 miligram zat besi.Zat besi berperan penting dalam memproduksi energi, membuat Anda lebih fokus, menjaga fungsi sistem imun tubuh, serta menjaga suhu tubuh. Lebih dari itu semua, zat besi membantu produksi sel darah merah, yang melancarkan perjalanan oksigen di dalam darah.

5. Fosfor

Fosfor mungkin tidak sepopuler zat besi atau kalsium. Namun zat mineral ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dalam 122 gram tahu, terdapat 282 miligram fosfor.Manfaat fosfor sangatlah beragam, di antaranya menjaga kesehatan gigi, mengelola energi yang digunakan tubuh, meredakan nyeri otot setelah berolahraga, membuang racun dan limbah tubuh dari ginjal, serta memperbaiki jaringan tubuh.

6. Kalium

Kalium atau potasium adalah salah satu zat mineral terpenting yang dibutuhkan tubuh. Fungsinya banyak, mulai dari menjaga kadar cairan tubuh, kontraksi otot, dan sinyal saraf. Mengonsumsi makanan berkalium tinggi bisa mencegah tekanan darah tinggi, stroke, hingga osteoporosis.Dalam 122 gram tofu, terdapat sekitar 178 miligram kalium . Cukup banyak, bukan?

7. Zinc

Tahu
Kandungan tahu yang lezat dan menyehatkan
Tubuh tidak bisa memproduksi zinc. Itulah sebabnya, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zinc seperti tahu.Zinc memiliki banyak manfaat untuk tubuh, mulai dari meningkatkan kinerja sistem imun tubuh, mempercepat proses penyembuhan luka, mengurangi risiko penyakit lanjut usia (lansia), mengobati jerawat, hingga mengurangi peradangan dalam tubuh.Dalam 122 gram tahu, terdapat 2 miligram zinc . Itulah sebabnya, kandungan tahu sangat penting.

8. Folat

Folat adalah salah satu vitamin B yang diperlukan tubuh untuk memproduksi sel darah putih dan sel darah merah di sumsum tulang. Zinc juga berperan mengubah karbohidrat menjadi energi, dan memproduksi DNA serta RNA.Dalam 122 gram tahu, terdapat 27 mikrogram folat di dalamnya.

Efek samping tahu untuk beberapa orang dengan kondisi medis tertentu

Mengonsumsi tahu setiap hari dianggap aman. Namun, beberapa orang dengan kondisi medis seperti tumor payudara dan masalah tiroid harus mengurangi porsi tahu dalam dietnya.Pertama, tahu memengaruhi produksi hormon. Sehingga, pengidap tumor payudara yang sensitif terhadap hormon estrogen, diharapkan untuk bisa membatasi porsi tahu.Kedua, orang dengan masalah tiroid juga harus mengurangi porsi tahu karena tahu mengandung goitrogen, yang bisa mengganggu produksi hormon tiroid.Selain itu, bayi di bawah satu tahun sebaiknya tidak mengonsumsi tahu, karena kandungan tahu memiliki isoflavon kedelai, yang bisa mengganggu perkembangan organ reproduksi.

Catatan dari SehatQ:

Kandungan tahu memang sangat baik untuk kesehatan, karena memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Walau demikian, perhatikan juga porsi tahu yang Anda makan, terutama jika mengidap tumor payudara atau masalah tiroid.
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/what-is-tofu#nutrition
Diakses pada 13 Mei 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/278340
Diakses pada 13 Mei 2020
Web MD. https://www.webmd.com/men/features/benefits-protein#1
Diakses pada 13 Mei 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/calcium-supplements/art-20047097
Diakses pada 13 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-proven-magnesium-benefits
Diakses pada 13 Mei 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/278340#nutrition
Diakses pada 13 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/phosphorus-in-diet
Diakses pada 13 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/what-does-potassium-do
Diakses pada 13 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/zinc
Diakses pada 13 Mei 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/287677
Diakses pada 13 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait