Menilik Kandungan Sperma dan Manfaatnya


Sperma diperkaya oleh sejumlah kandungan nutrisi, seperti zinc, potasium, hingga magnesium. Akan tetapi, kadar nutrisi tersebut terbilang sedikit sehingga tidak berdampak signifikan terhadap kesehatan tubuh.

(0)
19 Mar 2021|Rhandy Verizarie
kandungan spermaSperma mengandung sejumlah nutrisi seperti protein dan vitamin C
Kandungan sperma konon katanya memiliki sejumlah manfaat. Beberapa mengatakan bahwa sperma bermanfaat untuk kulit, yakni bisa menghilangkan jerawat hingga mencegah penuaan dini. Benarkah demikian? Lantas, apa saja komposisi sperma tersebut? Berikut informasinya.

Kandungan sperma

Saat ejakulasi, normalnya pria akan mengeluarkan 100-500 juta sel sperma (spermatozoa). Sperma keluar bersama dengan cairan yang diproduksi oleh kelenjar prostat dan vesikula seminalis. Gabungan antara sperma dan cairan tersebut lantas dinamakan sebagai semen atau air mani.Nah, pada cairan semen tersebut terdapat kandungan sejumlah zat yang turun menyusun komposisi sperma. Berikut ini adalah beberapa komposisi penyusun sperma:

1. Spermine

Kandungan sperma yang pertama adalah spermine. Zat ini merupakan salah satu bentuk senyawa polyamine. Menurut kabar, spermine dapat membantu mengatasi jerawat pada kulit wajah. Pasalnya, menurut penelitian spermine di dalam sperma memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Zat antioksidan dan antiinflamasi diketahui dapat membantu mengatasi permasalahan pada kulit, termasuk jerawat. Akan tetapi, bukti ilmiah yang bisa mendukung hal ini masih belum cukup sehingga dibutuhkan studi lebih lanjut guna memastikannya.

2. Protein

Penelitian tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Andrology menyebutkan bahwa pada cairan semen yang berisi sperma juga terkandung protein.Untuk setiap 100 ml cairan semen, terkandung kurang lebih 5.040 miligram protein. Saat ejakulasi, pria mengeluarkan sekitar 5 ml air mani. Artinya, terdapat sekitar 252 mg protein setiap kali ejakulasi.

3. Mineral

Selain protein, kandungan pada sperma lainnya adalah mineral. Masih dari penelitian yang sama, terdapat tiga jenis mineral yang terkandung dalam sperma beserta cairan mani. Ketiga mineral yang turut menyusun komposisi sperma, yaitu:
  • Zinc
  • Magnesium 
  • Potasium 
Bahkan, kandungan zinc dalam setiap 1 sendok teh sperma mampu memenuhi 3 persen dari total kebutuhan zinc harian. Itu sebabnya, banyak juga yang beranggapan bahwa menelan sperma akan mendatangkan manfaat. Namun, sekali lagi hal ini belum bisa dipastikan karena bukti ilmiah yang ada masih sedikit.

4. Vitamin C

Vitamin C adalah kandungan sperma yang juga disebut-sebut memiliki manfaat. Sejumlah rumor mengatakan bahwa kandungan vitamin C pada sperma bahkan setara dengan buah jeruk. Sebagaimana diketahui, satu buah jeruk ukuran sedang mengandung 70 miligram vitamin C. Vitamin C sendiri memiliki sejumlah manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, membantu produksi kolagen, hingga mencegah penyakit jantung.Sayangnya, belum ada bukti ilmiah yang dapat memastikan apakah pada setiap cairan sperma yang keluar saat ejakulasi, kadar vitamin C-nya memang benar setara jeruk atau tidak.Selain keempat zat di atas, sperma dan air mani juga diketahui mengandung beberapa komposisi lainnya, seperti:
  • Fruktosa
  • Sodium
  • Lemak 
  • Kolesterol
  • Vitamin B12

Ciri-ciri kandungan sperma yang sehat

Mengetahui ciri-ciri kandungan sperma yang sehat tentu tidak bisa secara kasatmata. Perlu adanya analisis laboratorium untuk memastikan apakah sperma yang Anda keluarkan mengandung komposisi yang ideal.Satu hal, ciri-ciri sperma yang dianggap baik dapat dilihat dari sejumlah faktor, yaitu:
  • Kuantitas (volume) sperma saat ejakulasi
  • Bentuk sperma
  • Pergerakan (motilitas) sel sperma
Apabila salah satu dari ketiga faktor di atas mengalami masalah, hal ini bisa berdampak pada menurunnya kesuburan seorang pria.

Cara menjaga kandungan sperma tetap baik

Terlepas dari klaim manfaat yang beredar, kandungan sperma mungkin akan memengaruhi kualitas dan kemampuannya dalam membuahi sel telur wanita, alias kesuburan. Lantas, bagaimana cara agar sel sperma senantiasa sehat dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik?Faktor gaya hidup menjadi hal utama ketika berbicara mengenai kualitas kandungan sperma. Itu sebabnya, Anda disarankan untuk menerapkan sejumlah pola hidup sehat berikut ini sebagai cara meningkatkan kualitas sperma:
  • Hindari atau hentikan kebiasaan merokok
  • Hindari minum minuman beralkohol
  • Makan makanan bergizi (buah, sayuran, atau ikan)
  • Mengontrol berat badan
  • Menghindari paparan zat kimia berbahaya seperti pestisida
  • Menjaga suhu testis
Dengan menerapkan pola hidup sehat di atas, diharapkan proses pembentukan sperma (spermatogenesis) dapat berjalan dengan lancar sehingga kualitas spermatozoa yang dihasilkan juga akan baik.

Catatan dari SehatQ

Mengetahui kandungan sperma bertujuan agar Anda bisa lebih memperhatikan kesehatannya sehingga sperma yang dihasilkan berkualitas tinggi dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.Untuk mengetahui lebih lanjut seputar sperma dan bagaimana cara agar memiliki kualitas sperma yang baik, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter langsung dari smartphone di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang juga di App Store dan Google Play.

spermakesehatan priareproduksi pria
Healthline. https://www.healthline.com/health/semen-calories#5.-Are-there-any-other-nutrients-in-semen? Diakses pada 4 Maret 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/is-sperm-good-for-skin#acne Diakses pada 4 Maret 2021Journal of Andrology. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.2164/jandrol.04104 Diakses pada 4 Maret 2021Medical Hypotheses. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/8524182/ Diakses pada 4 Maret 2021PubChem. https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/spermine Diakses pada 4 Maret 2021WebMD. https://www.webmd.com/infertility-and-reproduction/guide/sperm-and-semen-faq Diakses pada 4 Maret 2021WebMD. https://www.webmd.com/diet/features/the-benefits-of-vitamin-c Diakses pada 4 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait