Kandungan Nutrisi Sereal Gandum dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Kandungan sereal gandum yang baik bagi kesehatan membuatnya punya banyak manfaat
Sereal gandum sedang dihidangkan sebagai sarapan

Sereal merupakan salah satu makanan sarapan pagi yang populer di dunia. Meski demikian, tidak semua jenis sereal direkomendasikan karena kandungan gula dan bahan-bahan di dalamnya justru tidak sehat jika terlalu sering dikonsumsi.

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan sereal gandum sebagai alternatifnya. Sereal gandum, terutama sereal gandum utuh, disebut mengandung banyak nutrisi baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan nutrisi dalam sereal gandum bahkan dianggap dapat mencegah berbagai gangguan kesehatan serius. Apa saja kandungan nutrisi sereal gandum yang diperlukan tubuh?

Kandungan gizi sereal gandum

Sereal gandum terbuat dari gandum atau gandum utuh. Berdasarkan laporan USDA (BPOM-nya Amerika Serikat), gandum memiliki kandungan garam mineral, kalsium, magnesium, kalium, mangan, seng, yodium, tembaga, vitamin B, hingga vitamin E.  Selain itu, gandum juga mengandung antioksidan dalam bentuk beta-karoten.

Selain kaya mineral dan antioksidan, di dalam 100 gram gandum terkandung nutrisi berikut ini:

  • Kalori: 340
  • Air: 11%
  • Protein: 13,2 gram
  • Karbohidrat: 72 gram
  • Gula: 0,4 gram
  • Serat: 10,7 gram
  • Lemak: 2,5 gram.

Manfaat sereal gandum untuk kesehatan

Berdasarkan kandungan komposisi utamanya, sereal gandum memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Membantu menurunkan berat badan

Berdasarkan penelitian American Journal of Clinical Nutrition, sereal berbahan gandum utuh merupakan pilihan makanan yang baik untuk membantu menurunkan berat badan pasien obesitas.

Hal ini disebabkan mengonsumsi gandum yang kaya serat dan mengandung karbohidrat kompleks dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga baik digunakan sebagai makanan alternatif dalam diet untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, ada pula penelitian yang menyebutkan bahwa konsumsi produk gandum utuh, seperti sereal gandum, secara jangka panjang cenderung lebih efektif dalam menurunkan berat badan pada kalangan wanita.

2. Sumber energi tubuh

Berdasarkan laporan the Brain, Performance, and Nutrition Research Centre, Northumbria University, UK, kandungan vitamin B dan karbohidrat kompleks di dalam sereal gandum juga bermanfaat untuk menyediakan energi bagi tubuh.

3. Mencegah diabetes tipe 2

Gandum mengandung magnesium, yakni sebuah mineral pendamping bagi lebih dari 300 enzim yang secara langsung memengaruhi kinerja tubuh dalam menggunakan insulin dan mengeluarkan glukosa.

Mengonsumsi gandum utuh secara rutin dapat membantu mengendalikan gula darah. Lebih lanjut, berdasarkan studi yang dirilis PLOS Medicine, mengonsumsi gandum dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes tipe 2.

4. Mencegah peradangan kronis

Manfaat sereal gandum lainnya adalah mencegah peradangan kronis. Kandungan betaine pada gandum bermanfaat untuk mencegah peradangan kronis seperti pada rematik.

Selain itu, betaine juga memiliki sifat antiradang yang berfungsi mengurangi risiko penyakit lainnya, seperti osteoporosis, penyakit jantung, penurunan kognitif, dan diabetes tipe 2.

5. Mencegah penyakit jantung

Gandum utuh kaya akan lignan yang mengandung enterolakton dapat membantu mencegah penyakit jantung. Produk-produk gandum utuh, seperti sereal gandum, juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko serangan jantung.

Gandum utuh ditemukan mampu menurunkan kadar trigliserida dalam darah, yang akan menghambat perkembangan aterosklerosis dan stroke.

6. Mencegah kanker

Selain itu, gandum termasuk agen antikarsinogenik pada wanita, yang mampu memerangi dampak buruk dari karsinogenik dan mencegah beberapa tipe kanker. Gandum juga mampu mengoptimalkan kadar hormon estrogen agar selalu terkontrol sehingga bisa mencegah kanker payudara.

Rutin mengonsumsi produk-produk olahan gandum, seperti sereal gandum, juga membantu mengurangi sekresi asam empedu dan enzim bakteri di dalam tinja sehingga meminimalisir peluang Anda terkena kanker usus besar.

Fungsi ini kian optimal dengan kehadiran sejumlah antioksidan dan fitonutrien di dalam gandum yang berfungsi meningkatkan kesehatan usus dan mencegah risiko kanker usus besar.

Berdasarkan manfaat di atas, tidak ada salahnya Anda mulai mencoba sereal gandum. Sereal ini cocok untuk dikonsumsi saat sarapan, apalagi jika ditambah dengan buah-buahan segar yang juga menyehatkan.

Healthline.
https://www.healthline.com/nutrition/9-benefits-oats-oatmeal
Diakses pada 8 April 2020

Healthline.
https://www.healthline.com/nutrition/15-healthiest-cereals
Diakses pada 8 April 2020

SF Gate.
https://healthyeating.sfgate.com/nutrient-wholewheat-cereal-3774.html
Diakses pada 8 April 2020

Artikel Terkait