Kandungan Masker Wajah Pria Ini Bikin Kulit Cerah & Segar!


Tak hanya wanita, masker wajah untuk pria juga diperlukan agar kulit tetap sehat dan terlihat prima. Cara memilih masker wajah pria perlu disesuaikan dengan kondisi kulit dan kandungan yang dibutuhkan untuk masalah kulit tertentu.

(0)
Masker wajah pria diperlukan untuk membuat wajah lebih cerah dan segarMasker wajah pria yang mengandung arang aktif cocok untuk mengatasi masalah komedo
Masker wajah adalah salah satu rutinitas perawatan kulit yang bertujuan untuk membuat wajah lebih cerah dan segar. Pada wanita, perawatan kulit ini sudah menjadi rutinitas wajib. Lantas, bagaimana dengan masker wajah pria?Ya, ternyata pria juga perlu melakukan masker wajah sebagai salah satu bentuk perawatan wajah pria. Ada beberapa kandungan masker pria agar kulit wajahnya tampak lebih bersih, segar, dan cerah. Apa sajakah itu?

Kandungan penting dalam masker wajah pria

Begitu banyak jenis, kandungan, dan kegunaan masker wajah yang tersedia di pasaran, Anda perlu cermat memilih mana masker wajah pria terbaik sesuai dengan jenis kulit.Terlebih kulit pria berbeda dibandingkan wanita sehingga kebutuhan penggunaan masker wajahnya pun beragam.Berikut adalah sederet kandungan penting dalam masker wajah untuk pria beserta fungsinya yang dapat disesuaikan dengan kondisi kulit Anda.

1. Charcoal atau arang aktif

Salah satu kandungan penting dalam masker untuk pria yang direkomendasikan adalah arang aktif atau active charcoal.Arang aktif adalah bubuk hitam yang berasal dari pemanasan arang dengan suhu tinggi. Bahan alami ini memiliki daya serap yang sangat baik sehingga sering digunakan untuk membersihkan racun, zat kimia, dan kotoran pada pori-pori wajah secara menyeluruh.Masker wajah pria yang mengandung arang aktif sangat cocok digunakan oleh pria yang mengalami masalah kulit seperti komedo, jerawat, dan kulit berminyak. Selain itu, masker charcoal ini juga dapat mencerahkan kulit kusam.Anda bisa menggunakan masker arang aktif 1-2 kali dalam seminggu. Namun, bagi pria dengan kulit wajah sensitif sebaiknya batasi penggunaan kandungan masker pria ini seminggu sekali karena dapat menyebabkan kulit kering.

2. Lidah buaya

Kandungan masker wajah pria yang penting berikutnya adalah lidah buaya. Lidah buaya memiliki senyawa yang bermanfaat bagi wajah. Senyawa tersebut mulai dari antioksidan, enzim, vitamin A dan C, hingga zat antiradang.Jika Anda memiliki masalah jerawat, lidah buaya diyakini cukup efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Tidak hanya itu, kandungan bahan aktifnya juga dapat membantu mengatasi tanda-tanda penuaan di wajah seperti kerutan. Cara terbaik menggunakan lidah buaya untuk masker wajah pria adalah mengambilnya langsung dari daun tanamannya.Anda bisa memotong daun tanaman lidah buaya, kupas kulit aloe vera yang berwarna hijau. Gunakan sendok untuk mengambil gel bening dari dalam daun lidah buaya. Lalu, oleskan pada area wajah secara merata.Anda juga bisa memperoleh manfaat lidah buaya untuk kulit ini menggunakan produk gel aloe vera yang kini telah banyak dijual di pasaran.Pastikan Anda menggunakan lidah buaya sebagai masker pria dengan tidak berlebihan.Pasalnya, enzim yang terkandung dalam tanaman lidah buaya dapat berfungsi sebagai eksfoliator yang apabila digunakan pada kulit secara berlebihan dapat membuat kulit wajah Anda terlalu berminyak atau terlalu kering, tergantung pada jenis kulit wajah.

3. Asam hialuronat

Bagi pria yang memiliki kulit wajah kering, masker wajah yang mengandung asam hialuronat (hyaluronic acid) dapat menjadi solusinya.Senyawa ini berperan untuk mengunci air dalam jaringan kulit sehingga kulit Anda tetap lembap dan sehat. Selain itu, manfaat asam hialuronat bisa membuat kulit wajah Anda tampak awet muda.Untuk mendapatkan manfaat asam hialuronat untuk kulit, Anda tidak perlu pusing-pusing. Kini, telah banyak tersedia masker kemasan, seperti sheet mask, yang mengandung hyaluronic acid.

4. Asam salisilat dan benzoil peroksida

Untuk pria pemilik kulit cenderung berjerawat, masker wajah yang mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida mungkin dapat menjadi pilihan. Kedua zat yang bertujuan mengatasi jerawat ini memiliki fungsi yang berbeda.Asam salisilat (salicylic acid) berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan memicu regenerasi sel kulit baru. Pori-pori wajah pun tidak mudah tersumbat atau terserang bakteri.Sementara itu, benzoil peroksida bertujuan untuk membasmi bakteri penyebab jerawat serta membersihkan minyak dari minyak berlebih dan sel-sel kulit mati.Masker wajah untuk pria yang satu ini juga dapat berfungsi untuk menyamarkan bintik hitam pada kulit. Namun, sebaiknya jangan menggunakan masker pria ini ketika jerawat di kulit wajah sedang meradang, ya.

5. Vitamin C

Kandungan masker untuk pria lainnya adalah yang mengandung vitamin C. Ya, manfaat vitamin C sangat penting bagi kesehatan kulit.Manfaat vitamin C untuk kulit antara lain mencerahkan wajah, merangsang produksi kolagen, mengatasi hiperpigmentasi, menangkal radikal bebas, hingga melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet (UV).Anda bisa mendapatkan manfaat vitamin C melalui masker wajah untuk pria kemasan yang banyak dijual di pasaran. Selain dari masker wajah, kandungan vitamin C juga bisa Anda dapatkan melalui produk perawatan kulit atau skincare, seperti serum wajah.Penggunaan masker hanya salah satu dari banyak cara untuk merawat kulit wajah tetap sehat. Meski sederhana, masker wajah untuk pria bisa sangat bermanfaat apabila Anda memilih kandungan yang tepat.

Setiap kandungan yang terdapat dalam masker wajah pria memiliki kelebihan dan fungsinya masing-masing. Pastikan Anda mengenali jenis kulit wajah dan kebutuhannya. Kemudian, pilih jenis masker wajah pria dengan kandungan yang sesuai.Jika merasa ragu atau kesulitan dalam memilih kandungan masker untuk pria, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit. Dengan ini, Anda akan mendapatkan rekomendasi jenis dan kandungan masker pria yang tepat.Tanya seputar kesehatan kulit dengan dokter terbaik, kini lebih mudah dan cepat melalui fitur chat dokter online di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google PlayGratis!
perawatan kulitmasker wajahkesehatan pria
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/charcoal-mask-benefits#benefits
Diakses pada 27 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/hyaluronic-acid-benefits
Diakses pada 27 Juni 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/benzoyl-peroxide-vs-salicylic-acid-15844
Diakses pada 27 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/vitamin-c-serum-benefits#photoaging
Diakses pada 27 Juni 2020
Baylor College of Medicine. https://www.bcm.edu/news/benefits-using-aloe-vera#targetText=%E2%80%9CIt%20contains%20antioxidants%2C%20enzymes%2C,than%20cystic%20or%20deeper%20acne
Diakses pada 27 Juni 2020
Mens Journal. https://www.mensjournal.com/style/best-face-masks-for-men/
Diakses pada 27 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait