8 Kandungan Jeruk Nipis yang Tak Boleh Diremehkan

(0)
18 Aug 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kandungan jeruk nipis sangat kaya akan nutrisi seperti vitamin C dan kalium.Meskipun berukuran kecil, jeruk nipis memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa.
Walaupun berukuran kecil, jeruk nipis memiliki kandungan nutrisi yang sangat besar. Ditambah lagi, kandungan jeruk nipis kaya akan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh kita.Mari mengenal berbagai macam kandungan jeruk nipis beserta manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Kandungan jeruk nipis yang luar biasa

Jangan tertipu dengan rasa asamnya yang “menyentil” lidah. Buah dari keluarga sitrus ini memiliki banyak nutrisi yang penting bagi kesehatan. Dengan mengenal berbagai kandungan jeruk nipis, diharapkan Anda akan lebih termotivasi untuk mengonsumsi makanan sehat seperti buah yang kecil ini.

1. Protein

Jeruk nipis
Protein, kandungan jeruk nipis yang luar biasa
Dalam satu jeruk nipis berukuran sedang (67 gram), terdapat 0,5 gram protein di dalamnya. Perlu diketahui, protein adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Sebab, protein sangat berperan dalam membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh, serta memproduksi hormon. Ditambah lagi, protein berperan besar untuk menyehatkan tulang, otot, kulit serta darah!

2. Serat

Pernah mendapatkan saran untuk lebih mengonsumsi makanan berserat tinggi? Tidak heran, serat memiliki peran yang sangat penting untuk tubuh. Selain menyehatkan pencernaan, serat dipercaya bisa menurunkan kolesterol, menjaga kadar gula darah, menurunkan berat badan, hingga memperpanjang usia.Dalam satu jeruk nipis berukuran sedang (67 gram), terdapat 1,9 gram serat di dalamnya. Bukan jumlah yang sedikit tentunya!

3. Vitamin C

Buah-buahan sitrus dikenal sebagai sumber vitamin C yang baik, tak terkecuali jeruk nipis. Walaupun ukurannya mungkin tidak sebesar jeruk pada umumnya, buah ini juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yakni 22% dari rekomendasi asupan harian (RAH).Vitamin C adalah kandungan jeruk nipis yang dibutuhkan untuk segala proses pertumbuhan, perkembangan, dan perbaikan jaringan tubuh. Vitamin C juga berperan dalam fungsi tubuh, termasuk pembentukan kolagen, penyerapan zat besi, peningkatan kekebalan tubuh, sampai penyembuhan luka.Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa proses penyembuhan luka terbukti lebih cepat pada orang-orang yang mengonsumsi lebih banyak vitamin C.

4. Zat besi

Jeruk nipis
Jangan remehkan kandungan jeruk nipis
Zat besi adalah nutrisi yang tak boleh dilupakan. Fungsinya dalam menyehatkan tubuh bisa dirasakan pada berbagai aspek kesehatan. Misalnya, zat besi bisa mencegah persalinan prematur.Selain itu, kandungan jeruk nipis yang satu ini juga mampu meningkatkan stamina dan mempertajam fokus. Dalam satu jeruk nipis berukuran sedang (67 gram), terdapat 2% RAH zat besi.

5. Kalsium

Siapa bilang kalsium hanya dibutuhkan tulang? Nyatanya, kalsium adalah mineral yang juga berfungsi menjaga kesehatan jantung, otot, dan seluruh saraf di dalam tubuh. Ditambah lagi, kalsium yang “bergotong royong” dengan vitamin D dapat mencegah kanker, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Luar biasa sekali manfaat kalsium ini!Kandungan kalsium dalam satu jeruk nipis sebanyak 2% RAH. Jadi, jangan hanya mengonsumsi susu, tahu, ikan, atau sayuran hijau saja, cobalah jeruk nipis untuk mendapatkan kalsium!

6. Vitamin B6

Vitamin B6, jika dipadukan dengan vitamin B lainnya, dapat membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi yang kita pakai sehari-hari. Ditambah lagi, vitamin B6 juga bisa menyehatkan otak.Dalam satu jeruk nipis berukuran sedang (67 gram), terdapat 2% RAH vitamin B6 di dalamnya. Untuk Anda yang sedang ingin meningkatkan asupan vitamin B6, jangan lupakan kandungan jeruk nipis ini, ya!

7. Tiamin (vitamin B1)

Sama seperti jenis vitamin B lainnya, vitamin B1 atau tiamin juga membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi yang kita pakai untuk beraktivitas.Tiamin juga sangat penting untuk metabolisme glukosa dan berperan vital terhadap fungsi saraf, otot dan jantung. Kandungan jeruk nipis yang satu ini tak kalah hebat dari nutrisi lainnya.

8. Kalium (potassium)

Selain kalsium, kalium juga menjadi mineral yang sangat vital perannya. Kalium membantu tubuh menjaga kadar cairan, kontraksi otot, hingga melancarkan sinyal saraf.Terlebih lagi, mengonsumsi asupan kaya kalium dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah stroke hingga osteoporosis.  Sebuah riset membuktikan, mengonsumsi kalium lewat makanan dapat menurunkan tekanan darah dengan membuang kelebihan natrium di dalam tubuh. Sebab, kelebihan natrium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi.Dalam satu jeruk nipis berukuran sedang seberat 67 gram, terdapat 1% RAH kalium yang dikandungnya.

Peringatan sebelum memakan jeruk nipis

Meskipun kandungan jeruk nipis di atas sangatlah luar biasa, tapi Anda juga harus ingat bahwa jeruk nipis dapat menimbulkan efek samping, terutama bagi orang-orang yang alergi terhadap buah sitrus.Berbagai gejala alergi buah sitrus meliputi pembengkakan, gatal, ruam kulit, dan sulit bernapas. Jika hal ini terjadi, berkonsultasilah dengan dokter secepatnya.Jika mengonsumsi jeruk nipis terlalu banyak, hati-hati dengan kandungan asamnya yang bisa menaikkan asam lambung ke kerongkongan.Perlu diingat, jeruk nipis mengandung asam yang cukup tinggi. Jadi, konsumsilah jeruk nipis dalam porsi yang tidak berlebihan.Selain itu, ada baiknya Anda berkumur dengan air putih, setelah mengonsumsi jeruk nipis. Sebab, asam yang tertinggal di mulut bisa merusak gigi Anda.

Catatan dari SehatQ:

Walaupun kandungan jeruk nipis sangat menggiurkan, tetap perhatikan porsinya sebelum Anda makan. Ingat, apapun yang baik, jika dikonsumsi berlebihan, akan menimbulkan kerugian.
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/limes#2
Diakses pada 4 Agustus 2020
Web MD. https://www.webmd.com/men/features/benefits-protein
Diakses pada 4 Agustus 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983
Diakses pada 4 Agustus 2020
Web MD. https://www.webmd.com/diet/features/the-benefits-of-vitamin-c
Diakses pada 4 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/287228#benefits
Diakses pada 4 Agustus 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/calcium-supplements/art-20047097
Diakses pada 4 Agustus 2020
Live Science. https://www.livescience.com/51920-vitamin-b6.html
Diakses pada 4 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/219545
Diakses pada 4 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait