11 Kandungan Ikan Salmon Ini Bantu Jaga Kesehatan Tubuh


Kandungan ikan salmon amat beragam karena mencakup protein, omega-3, vitamin, dan mineral. Salmon juga mengandung antioksidan astaxanthin yang bermanfaat bagi tubuh.

(0)
30 Jan 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kandungan ikan salmon bermanfaat bagi tubuh kitaIkan salmon mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh
Ikan salmon merupakan salah satu makanan yang sangat bergizi di muka bumi. Panganan ‘bebas karbohidrat’ ini dapat menjadi divariasikan dalam diet karena mengandung beragam vitamin, mineral, protein, serta asam lemak omega-3. Simak apa saja kandungan ikan salmon yang membuatnya populer dalam budaya hidup sehat.

Kandungan ikan salmon yang menyehatkan tubuh

Berikut adalah beragam kandungan ikan salmon yang membantu menyehatkan tubuh Anda:

1. Lemak

Setiap 85 gram salmon mentah mengandung 5,4 gram lemak. Dari lemak total tersebut, sekitar 1,5 gramnya merupakan asam lemak omega-3, termasuk DHA dan EPA. Lemak jenuh sebagai kandungan ikan salmon hanya kurang dari 1 gram saja.Kadar asam lemak sebagai kandungan salmon dapat bervariasi antara salmon liar dengan salmon ternak. Namun, salmon ternak cenderung mengantongi kadar lemak yang lebih tinggi dibandingkan salmon liar.

2. Protein

Salmon mengandung protein yang dibutuhkan tubuh kita. Dalam setiap 85 gramnya, salmon liar mentah mengandung sekitar 17 gram protein. Salmon ternak biasanya mengantongi protein dengan kadar yang lebih sedikit.Walau kadarnya berbeda, salmon tetap menjadi sumber protein yang baik bagi tubuh. Ikan ini juga mengandung semua jenis asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh kita.

3. Vitamin B12

Vitamin B12 atau kobalamin turut menjadi kandungan ikan salmon dengan kadar yang sangat mengesankan. Setiap 85 gram salmon mentah mengandung 3,53 mikrogram vitamin B12, yang mampu mencukupi hingga 147 persen kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin ini.

4. Vitamin D

Salmon merupakan salah satu dari sedikit makanan yang memiliki vitamin D. Setiap 85 gram salmon mentah mengandung vitamin D sebesar 9,27 mikrogram. Kadar tersebut mencukupi sekitar 46 persen kebutuhan harian vitamin D harian Anda.

5. Vitamin B6

Selain vitamin B12, salmon pun memiliki vitamin B6 atau piridoksin. Konsumsi salmon dengan berat 85 gram dapat mencukupi kebutuhan harian vitamin B6 kita hingga 40 persen.

6. Vitamin B3

Kandungan ikan salmon lainnya adalah niasin atau vitamin B3. Setiap 85 gram salmon mentah mengandung 6,796 miligram vitamin B3. Kadar tersebut memenuhi kebutuhan harian vitamin B3 kita hingga 42 persen.

7. Vitamin B5

Vitamin B5 juga termasuk kandungan ikan salmon. Setiap 85 gram salmon mentah mengandung sekitar 0,875 miligram vitamin B5. Jumlah tersebut mampu mencukupi kebutuhan harian vitamin B5 kita hingga 18 persen.

8. Selenium

Selenium merupakan jenis mineral mikro yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit. Setiap 85 gram salmon mengantongi hingga 26,7 mikrogram selenium. Jumlah tersebut mencukupkan kebutuhan harian tubuh kita terhadap selenium hingga 49 persen.

9. Fosfor

Mineral utama lainnya yang menjadi kandungan salmon adalah fosfor. Kadar fosfor dalam setiap 85 gram salmon mencapai 221,85 miligram sehingga mencukupi sekitar 32 persen kebutuhan harian kita terhadap nutrisi ini.

10. Kolesterol

Salmon juga mengandung kolesterol dengan kadar yang sedang. 85 gram salmon mentah diperkirakan mengandung 39,10 miligram kolesterol – mencukupi kebutuhan harian tubuh kita hingga 13 persen.Namun, kolesterol tersebut cenderung tidak meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

11. Astaxanthin

Salah satu fakta menarik terkait kandungan ikan salmon adalah kandungan astaxanthin-nya. Astaxanthin merupakan zat antioksidan dalam golongan karotenoid yang amat bermanfaat bagi tubuh. Zat inilah yang memberikan warna merah pada daging salmon.

Kandungan ikan salmon lainnya yang tak boleh dilupakan

Selain kandungan ikan salmon yang utama di atas, ikan ini juga mengantongi beberapa mineral dan vitamin lain dengan kadar yang cukup. Vitamin dan mineral lainnya yang terkandung dalam 85 gram salmon, yaitu:
  • Vitamin B2: 8 persen dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian
  • Vitamin B1: 7 persen dari AKG harian
  • Vitamin A: 2 persen dari AKG harian
  • Vitamin E: 2 persen dari AKG harian
  • Kalium: 7 persen dari AKG harian
  • Tembaga: 6 persen dari AKG harian
  • Magnesium: 6 persen dari AKG harian
  • Natrium: 3 persen dari AKG harian
  • Zinc: 3 persen dari AKG harian
Salmon juga mengandung folat atau vitamin B9 yang bermanfaat dalam menjalankan peran penting dalam tubuh kita.

Berbagai manfaat dari kandungan ikan salmon

Kandungan ikan salmon di atas memang sangat beragam, mengantongi beragam jenis vitamin dan mineral. Berkat nutrisi yang dikandungnya, salmon menawarkan sejumlah manfaat berikut bagi tubuh Anda:
  • Menjaga kesehatan jantung karena kaya dengan omega-3
  • Menurunkan kadar trigliserida
  • Bermanfaat untuk menjaga berat badan
  • Melawan peradangan di dalam tubuh
  • Memelihara kesehatan otak
  • Menjaga fungsi tiroid karena tinggi selenium.

Catatan dari SehatQ

Kandungan ikan salmon amat menakjubkan sehingga bisa Anda variasikan dalam diet. Kandungan salmon mencakup vitamin, mineral, protein, asam lemak omega-3, bahkan antioksidan astaxanthin.Apabila masih memiliki pertanyaan terkait kandungan gizi ikan salmon, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi nutrisi terpercaya.
makanan sehatmakanan mengandung omega 3nutrisi
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-benefits-of-salmon
Diakses pada 18 Januari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/307811
Diakses pada 18 Januari 2021
Nutrition Value. https://www.nutritionvalue.org/Fish%2C_raw%2C_pink%2C_salmon_nutritional_value.html
Diakses pada 18 Januari 2021
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/salmon-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4106641
Diakses pada 18 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait