Mengenal Gizi dan Manfaat Ikan Cakalang untuk Kesehatan


Manfaat ikan cakalang cukup beragam untuk kesehatan. Mulai dari menurunkan kadar gula darah, hingga menjaga kesehatan jantung bisa didapatkan dari cakalang.

(0)
28 May 2020|Salis Annisa
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat ikan cakalang untuk kesehatanIkan cakalang yang masih segar
Dikenal sebagai makanan olahan khas manado, ikan cakalang punya kandungan nutrisi yang dianggap memberikan manfaat bagi tubuh manusia. Ikan ini masuk ke dalam keluarga tuna, yaitu Scombridae. Meski begitu, kandungan gizinya sedikit berbeda dengan jenis ikan tuna lainnya.

Kandungan gizi ikan cakalang

Ikan cakalang mengandung jumlah lemak yang lebih sedikit dibandingkan jenis-jenis tuna lainnya, tapi ikan ini justru juga memiliki jumlah protein yang sedikit lebih tinggi. Menurut penelitian, ikan ini memiliki kandungan lemak 2 persen lebih rendah dibandingkan jenis tuna lainnya, begitu pula dengan kadar airnyaDi dalam 102 gram ikan cakalang setidaknya terdapat 124 kalori, 26 gram protein, dan 1 gram lemak. Jumlah protein ini lebih banyak dibandingkan dengan protein yang terdapat di dalam 112 gram tuna yaitu, hanya sekitar 20 gram.Selain mengandung protein, kalori, dan sedikit lemak, ikan cakalang juga memiliki vitamin serta mineral lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam 102 gram ikan cakalang, terdapat 4,8 mcg vitamin B12, 15 mg niacin, 43 mcg selenium, 270 mg fosfor, dan 8 mg vitamin D.Bahkan, ikan cakalang juga termasuk ke dalam jenis ikan tuna yang memiliki kadar konsentrasi merkuri yang rendah. Setidaknya di dalam 85 gram ikan cakalang hanya terdapat sekitar 12 mg merkuri. Jumlah ini jauh lebih sedikit dibandingkan dengan ikan tuna ekor kuning dan mata besar.

Manfaat ikan cakalang

Berikut adalah manfaat ikan cakalang yang berpotensi Anda dapatkan.

1. Menjaga kadar gula darah 

Ingin menjaga kadar gula darah agar tetap normal? Anda mungkin bisa memasukan ikan cakalang ke dalam menu sehari-hari Anda.Seperti ikan tuna lainnya, ikan cakalang tidak mengandung karbohidrat dan memiliki beragam nutrisi yang diperlukan penderita diabetes. Salah satunya adalah asam lemak omega-3.

2. Menjaga kesehatan jantung

Ikan cakalang mengandung nutrisi yang umumnya terkandung di dalam suplemen untuk menurunkan trigliserida dan membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler. Beragam nutrisi tersebut, di antaranya omega-3, EPA, dan DHA.

3. Mencegah anemia

Ikan cakalang mengandung vitamin B12 yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah anemia. Gejala anemia dapat mencakup penglihatan yang terganggu, otot menjadi lemah, dan kelelahan ekstrem. Kondisi ini juga dapat menimbulkan komplikasi, seperti infertilitas.

4. Mengurangi risiko demensia

Asupan asam lemak omega-6 dan omega-3 yang seimbang dapat membantu memperlambat perkembangan demensia, terutama pada pasien cedera otak dan stroke.Asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam ikan ini dapat membantu mengatasi peradangan pada tingkat sel sehingga menurunkan risiko gangguan demensia dan kognitif vaskuler.

5. Sumber protein lengkap

Perlu diketahui, ikan cakalang merupakan salah satu sumber protein. Bukan sumber protein biasa, iIkan laut satu ini memiliki kandungan protein yang lengkap.Cakalang kaya akan kandungan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Apapun jenis cakalang atau tuna yang dikonsumsi, dapat memberikan kadar protein dalam jumlah besar yakni sekitar 24-30 gram protein per 85 gram.Protein yang lengkap dari ikan ini mampu menjaga jaringan tubuh untuk berfungsi dengan baik. Mulai dari pembentukan hormon, enzim, kolagen, antibodi, hingga menjaga jaringan otot yang bekerja di dalam tubuh.Itulah kandungan nutrisi dan manfaat ikan cakalang yang bisa Anda dapatkan. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, cobalah untuk menyertakan ikan ini ke dalam menu sehari-hari Anda.Anda juga bisa mengolah ikan cakalang dengan berbagai cara, mulai dari menumisnya, membuat nasi goreng ikan cakalang, hingga memasukkannya ke dalam campuran cabai. Selain itu, karena rata-rata jenis ikan tuna mengandung merkuri, maka Anda perlu memerhatikan jumlah ikan cakalang yang Anda konsumsi setiap minggunya. Adapun takaran yang direkomendasikan adalah sekitar tiga porsi ikan per minggu.Jadi, tetaplah bijak dalam mengonsumsi ikan ini demi kesehatan Anda. Ingat, sesuatu yang berlebihan tidaklah baik bagi kesehatan.
makanan sehat
Research gate
https://www.researchgate.net/publication/286440779_Nutritional_Composition_of_Skipjack_Tuna_Katsuwonus_pelamis_Caught_from_the_Oceanic_Waters_around_Sri_Lanka
Diakses 16 Mei
Check your food
https://www.checkyourfood.com/ingredients/ingredient/988/skipjack-tuna
Diakses 16 Mei
Verywell fit
https://www.verywellfit.com/tuna-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4114019#varieties
Diakses 16 Mei
Healthline
https://www.healthline.com/nutrition/mercury-in-tuna#contamination
Diakses 16 Mei
Whfoods
http://www.whfoods.com/genpage.php?tname=george&dbid=97
Diakses 16 Mei
SF Gate. https://healthyeating.sfgate.com/much-protein-tuna-have-7562.html
Diakses pada 27 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait