Kandungan Gizi dan Manfaat Jamur Hitam untuk Kesehatan Tubuh Anda

(0)
30 May 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat jamur hitam adalah meningkatkan kesehatan pencernaanJamur hitam disebut-sebut memiliki banyak manfaat kesehatan
Jamur hitam (Auricularia polytricha) atau jamur kuping hitam adalah jamur liar dengan bentuk menyerupai kuping dan konsistensi mirip agar-agar yang aman untuk dikonsumsi. Jamur hitam memiliki tekstur yang kenyal dan renyah saat digigit. Jamur ini biasanya dijual dalam kondisi kering.Jamur hitam banyak ditemukan di Tiongkok dan daerah-daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Jamur ini biasanya tumbuh liar pada pohon atau batang pohon yang tumbang di daerah pegunungan.Berkat berbagai manfaat jamur kuping hitam yang terkandung di dalamnya, pengobatan tradisional Tiongkok telah menggunakan jamur ini sejak ratusan tahun yang lalu.

Kandungan gizi jamur hitam

Selain merupakan makanan rendah kalori dan lemak, jamur hitam juga tinggi protein dan serat. Selain itu, jamur kuping hitam mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.Dilansir dari Livestrong, 100 gram jamur hitam kering mengandung sejumlah nutrisi berikut.
  • 9,25 g protein
  • 70,1 g serat
  • 0,73 g lemak
  • 754 mg kalium
  • 65 persen dari kebutuhan harian vitamin B2 (riboflavin)
  • 39 persen dari kebutuhan harian vitamin B3 (niasin)
  • 10 persen dari kebutuhan harian vitamin B5 (asam pantotenat)
  • 10 persen dari kebutuhan harian vitamin B9 (folat)
  • 7 persen dari kebutuhan harian vitamin B6 (piridoksin).
Selain itu, jamur kuping hitam juga mengandung kalsium, fosfor, dan magnesium. Semuanya merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.

Manfaat jamur kuping hitam

Meski jamur hitam telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok, hingga saat ini penelitian terkait manfaat jamur hitam masih sangat terbatas.Masih diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk membuktikan klaim manfaat jamur hitam. Meskipun demikian, hal ini tidak menutup adanya potensi jamur hitam berdasarkan kandungan yang terdapat di dalamnya dan hasil penelitian awal di laboratorium.

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Salah satu manfaat jamur kuping hitam dalam menjaga kesehatan usus dan pencernaan berasal dari kandungan prebiotik yang dimilikinya. Prebiotik dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap patogen yang bisa menyebabkan penyakit.

2. Membantu menurunkan kolesterol

Manfaat jamur hitam selanjutnya adalah menurunkan kolesterol. Kandungan polifenol pada jamur hitam dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat). Sehingga, risiko penyakit jantung bisa dikurangi.

3. Sumber antioksidan

Jamur kuping hitam termasuk jenis spesies Auricularia yang umumnya kaya antioksidan. Kandungan ini bermanfaat dalam membantu menghalau radikal bebas yang bisa menyebabkan stres oksidatif pada tubuh.Antioksidan juga dapat menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya, seperti kanker dan penyakit kardiovaskuler (yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah).

4. Meningkatkan kesehatan otak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat jamur hitam dapat menghambat pelepasan protein beta amiloid. Ini adalah jenis protein yang beracun bagi otak dan telah dikaitkan dengan penyakit degeneratif seperti Alzheimer.

5. Melindungi hati

Manfaat jamur kuping hitam selanjutnya adalah potensinya dalam melindungi hati dari kerusakan oleh zat-zat tertentu. Sebuah riset mengungkapkan keberhasilan jamur kuping hitam membantu membalikkan dan melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh overdosis acetaminophen.

Bahaya jamur hitam

Potensi manfaat jamur hitam memang cukup banyak. Akan tetapi, di sisi lain, ada juga potensi bahaya jamur hitam yang harus diperhatikan dan cara menghindarinya.
  • Jamur kuping hitam mungkin mengandung residu atau bakteri. Maka dari itu, jamur ini harus dimasak hingga matang sebelum dikonsumsi.
  • Jangan mencari jamur hitam sendiri karena berisiko salah identifikasi dengan jenis jamur lain yang mungkin beracun.
  • Orang yang sedang menjalani pengobatan untuk kelainan darah sebaiknya tidak mengonsumsi jamur hitam karena dapat mencegah pembekuan darah.
  • Berhenti mengonsumsi jamur kuping hitam setidaknya dua minggu sebelum operasi.
  • Wanita yang sedang hamil atau menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi jamur ini dalam bentuk apa pun karena belum terbukti keamanannya dan berpotensi menimbulkan efek negatif pada bayi.
  • Pastikan Anda tidak memiliki alergi jamur hitam sebelum mengonsumsinya dalam bentuk apa pun.

Cara mengolah jamur hitam

Tumis jamur hitam
Jamur hitam dapat diolah menjadi makanan lezat
Cara mengolah jamur hitam sangat mudah. Anda bisa membuat banyak variasi masakan dari jamur kuping hitam, mIsalnya dengan ditumis, campuran bubur, atau dibuat sup. Anda juga disarankan untuk memasak jamur kuping hitam dengan cara direbus karena metode ini dapat meningkatkan kandungan antioksidannya.Jika Anda membeli jamur hitam dalam kondisi kering, jamur ini akan sangat keras dan kasar. Oleh sebab itu, rendam jamur terlebih dahulu hingga mengembang dan lunak. Ini penting dilakukan agar jamur lebih mudah dikonsumsi dan dimanfaatkan. Masak jamur hingga benar-benar matang sebelum dikonsumsi.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/black-fungus#
Diakses 18 Mei 2021
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/329389-benefits-of-black-fungus/
Diakses 18 Mei 2021
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/black-fungus.html
Diakses 18 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait