Kandungan Beras Merah yang Tidak Boleh Diremehkan

(0)
12 Jun 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kandungan beras merah yang sangat menyehatkan, mulai dari protein hingga antioksidan.Kandungan beras merah sangat dibutuhkan manusia.
Kandungan beras merah memang benar-benar tidak bisa diremehkan. Sering dijadikan sebagai pengganti nasi putih, ternyata beras merah mengandung berbagai macam nutrisi dan antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh manusia.Kandungan beras merah yang sangat menyehatkan ini menjadi salah satu alasan orang-orang mulai "meninggalkan" nasi putih. Apa saja kehebatan beras merah?Kenalilah kandungan beras merah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh ini.

Kandungan beras merah

Jika dibandingkan nasi putih, ternyata kandungan beras merah memiliki lebih banyak serat dan protein. Lebih dari itu, ada berbagai macam antioksidan flavonoid pada beras merah yang bisa mencegah datangnya penyakit.Maka dari itu, bagi Anda yang masih ragu-ragu untuk mencoba nasi merah, kenalilah kandungan beras merah ini supaya semakin yakin.

1. Zat besi

Mengonsumsi satu cangkir (196 gram) beras merah, bisa memenuhi 5,8% rekomendasi asupan harian (RAH) zat besi. Perlu diketahui, zat besi adalah zat mineral penting untuk tubuh, terutama dalam memaksimalkan fungsi hemoglobin untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.

2. Kalsium

Kandungan beras merah lainnya adalah kalsium. Di dalam satu cangkir atau 196 gram beras merah, ada 1,5% RAH kalsium yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.Tubuh membutuhkan kalsium untuk menjaga kepadatan tulang. Jantung, otot, dan saraf juga memerlukan kalsium untuk bekerja dengan baik.

3. Protein

Beras merah mengandung 4,6 gram protein dalam satu cangkirnya. Bayangkan saja, protein memiliki fungsi yang penting, seperti memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, hingga menjaga kestabilan cairan dalam tubuh.

4. Serat

Dalam 196 gram beras merah, terdapat kandungan serat sebanyak 3,6 gram. Serat sangatlah dibutuhkan oleh tubuh untuk menurunkan kolesterol, menjaga kestabilan gula darah, hingga membantu Anda untuk mencapai berat badan ideal.

5. Kalium

Nasi merah
Kandungan beras merah sangat menyehatkan
Disebut sebagai salah satu zat mineral terpenting, beras merah ternyata juga mengandung kalium. Dalam 196 gram beras merah, terdapat 154 miligram kalium di dalamnya. Kalium mampu menjaga kestabilan cairan tubuh, kontraksi otot, dan sinyal saraf.Jika sering mengonsumsi kalium dari makanan seperti nasi merah, maka manfaat seperti tekanan darah normal dan menurunkan risiko stroke, bisa Anda rasakan.

6. Lemak baik

Beras merah mengandung berbagai macam lemak baik, seperti lemak tak jenuh ganda (0,6 gram), yang bisa membantu tubuh dalam mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Kemudian, kandungan beras merah lainnya adalah lemak tak jenuh tunggal sebanyak 0,6 gram. Jenis lemak ini bisa membantu menurunkan berat badan, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meredakan peradangan.

7. Antioksidan anthocyanins apigenin

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, beras merah memiliki antioksidan yang sangat banyak. Salah satunya adalah anthocyanins apigenin, yang dipercaya bisa mencegah pertumbuhan sel kanker, menghambat pertumbuhan tumor, hingga mencegah diabetes.

8. Antioksidan myricetin

Antioksidan myricetin juga ada dalah daftar kandungan beras merah. Antioksidan ini dikenal mampu mencegah kerusakan radikal bebas di dalam tubuh, sehingga penyakit kanker pun dapat dicegah.Selain itu, Antioksidan myricetin juga digadang-gadang memiliki sifat antiinflamasi, yang bisa meredakan peradangan dalam tubuh. Lebih dari itu, antioksidan yang ada dalam kandungan beras merah ini juga dipercaya bisa memperkuat kesehatan tulang.

9. Antioksidan quercetin

Nasi merah
Kandungan beras merah yang penting untuk kesehatan
Antioksidan quercetin pun dikandung oleh beras merah. Banyak sekali manfaat yang bisa dipetik dari antioksidan quercetin ini, sebut saja mengurangi risiko kanker, mencegah penyakit otak, meredakan reaksi alergi yang mengganggu, mengurangi risiko penyakit jantung, sampai meredakan tekanan darah tinggi.Menurut dr. Adhi Pasha Dwitama dari SehatQ, bahkan kandungan beras merah yang sangat menyehatkan ini bisa membantu Anda menurunkan berat badan, tapi tetap ada syaratnya."Beras merah memang memiliki kalori lebih rendah dari beras pada umumnya, jadi bisa membantu menurunkan berat badan jika takarannya sesuai dengan kebutuhan kalori harian dan upaya lain seperti berolahraga," katanya."Beras merah juga sumber karbohidrat kompleks yang bisa menggantikan nasi putih, terlebih indeks glikemiknya lebih rendah dari nasi putih sehingga baik untuk kesehatan."

Catatan dari SehatQ:

Kandungan beras merah yang bisa Anda rasakan manfaatnya bagi tubuh berupa nutrisi seperti zat mineral. Begitu pula dengan kandungan antioksidannya seperti anthocyanins apigenin, myricetin, dan quercetin yang bisa mencegah berbagai macam penyakit kanker.Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengganti nasi putih dengan nasi merah yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan itu.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/healthiest-rice#recommendation
Diakses pada 29 Mei 2020
Nutritionix. https://www.nutritionix.com/food/red-rice
Diakses pada 29 Mei 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/287228
Diakses pada 29 Mei 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/calcium-supplements/art-20047097
Diakses pada 29 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/functions-of-protein
Diakses pada 29 Mei 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983
Diakses pada 29 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/monounsaturated-fats
Diakses pada 29 Mei 2020
Longdom. https://www.longdom.org/proceedings/health-benefits-of-anthocyanins-30841.html
Diakses pada 29 Mei 2020
Phyto Chemicals Info. https://www.phytochemicals.info/phytochemicals/myricetin.php
Diakses pada 29 Mei 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324170
Diakses pada 29 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait