logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan dan Kandungan Gizi Lengkapnya

open-summary

Alpukat digolongkan sebagai superfood, yakni makanan yang kaya akan nutrisi dan baik bagi kesehatan, Cari tahu apa saja kandungan alpukat dan efek sampingnya jika dikonsumsi secara berlebihan.


close-summary

3 Jun 2020

| Salis Annisa

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Kandungan alpukat dipercaya baik bagi tubuh

Alpukat memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh

Table of Content

  • Kandungan alpukat yang menyehatkan
  • Manfaat alpukat untuk kesehatan
  • Perhatikan ini jika ingin mengonsumsi alpukat

Alpukat dikenal sebagai salah satu buah yang menyehatkan. Saking banyak manfaatnya, buah ini sampai dikategorikan sebagai superfood. yakni makanan kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan Anda. Meski disebut mengandung lemak, alpukat juga kaya akan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Sehingga manfaat alpukat untuk kesehatan sudah tak diragukan lagi.

Advertisement

Tahukah Anda kandungan nutrisi apa saja yang ada dalam alpukat? Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita simak penjelasan seputar nutrisi yang terkandung dari superfood ini.

Baca Juga

  • Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan
  • Manfaat Alpukat untuk Kolesterol yang Menguntungkan
  • Manfaat Alpukat untuk Promil, Pasangan Wajib Tahu

Kandungan alpukat yang menyehatkan

Berikut adalah sejumlah kandungan alpukat yang bermanfaat bagi tubuh Anda.

1. Lemak

Kandungan alpukat yang pertama adalah lemak sehat, tepatnya asam lemak tak jenuh tunggal. Jenis asam lemak yang paling melimpah di dalam buah ini adalah asam oleat, yang juga merupakan komponen utama minyak zaitun.

Asam lemak tak jenuh tunggal dari sumber nabati seperti alpukat, disebut-sebut sebagai lemak baik karena dapat melindungi tubuh dari peradangan, penyakit jantung, dan diabetes. Kandungan alpukat ini juga mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

Sebuah alpukat setidaknya mengandung sekitar 4 gram lemak jenuh, 3,6 gram lemak tak jenuh ganda, 20 gram lemak tak jenuh tunggal, dan 30 gram lemak. Sebagian besar kalori di dalam alpukat berasal dari lemak.

2. Karbohidrat

Kandungan alpukat yang tidak kalah menarik adalah karbohidrat. 100 gram alpukat hanya mengandung setidaknya 1,8 gram karbohidrat. Alpukat juga merupakan buah yang mengandung paling sedikit gula dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.

Karena kadar gulanya yang rendah, alpukat juga cenderung memiliki indeks glikemik yang sangat rendah. Oleh karena itu, alpukat dikategorikan sebagai buah yang sehat karena hanya sedikit meningkatkan kadar gula jika dikonsumsi.

Baca juga: Berapa Banyak Jumlah Kalori Alpukat?

3. Serat

Di dalam 100 gram alpukat juga terkandung setidaknya 6 gram serat. Jumlah ini cukup tinggi, bahkan dapat memenuhi sekitar 24 persen kebutuhan serat harian yang direkomendasikan. Kandungan seratnya bahkan memenuhi sekitar 70 persen bagian dari buah ini.

Dengan mengonsumsi banyak serat, Anda dapat mengatur nafsu makan, memberi makan bakteri baik dalam usus, dan mengurangi risiko beragam penyakit; seperti stroke, diabetes, jantung, obesitas, hingga depresi.

4. Vitamin dan mineral

Kandungan alpukat lainnya yang tidak kalah menarik adalah ragam vitamin dan mineralnya. Dalam 68 gram (sekitar setengah cangkir) alpukat saja, Anda sudah dapat memberikan jumlah kalium yang cukup tinggi, yaitu sebanyak 345 miligram.

Selain itu, alpukat juga mengandung 19 miligram magnesium dan 5 miligram sodium. Soal vitamin, alpukat memiliki kandungan vitamin A sebanyak 43 mikrogram, 14 mikrogram vitamin K, 1,3 miligram vitamin E, dan 0,2 miligram vitamin B.

Alpukat juga mengandung folat, tembaga, vitamin C, vitamin B3, B5, B12, zinc, kolin, dan vitamin D. Banyaknya vitamin dan mineral yang terkandung dalam alpukat tentunya bermanfaat bagi tubuh Anda.

Baca juga: Buah yang Mengandung Protein, Mulai dari Jambu hingga Alpukat

Manfaat alpukat untuk kesehatan

Alpukat mengandung vitamin dan mineral serta nutrisi penting lainnya yang baik untuk tubuh. Karena tinggi nutrisi itulah, manfaat alpukat sangat banyak untuk kesehatan, seperti:

1. Menjaga kesehatan mata

Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin yang dapat menyerap gelombang cahaya yang bisa merusak penglihatan. Konsumsi bagian daging hijau gelap yang ada di dekat kulit untuk mendapatkan manfaat alpukat untuk mencegah degenerasi makula pada orang lansia.

2. Menjaga berat badan

Tanpa perlu ditanyakan lagi, manfaat alpukat yang dapat memenuhi ¼ serat harian tentu dapat membantu diet sehat Anda. Setengah cangkir alpukat dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda tidak makan berlebihan. Meski kandungan alpukat didominasi lemak, namun jenis lemak pada alpukat merupakan lemak tak jenuh tunggal yang sehat.

3. Meningkatkan mood

Kandungan gizi alpukat yang tinggi vitamin B9 atau asam folat, dikenal baik untuk menjaga suasana hati. Dalam secangkir irisan alpukat, Anda bisa mendapat sekitar 118 mikrogram folat atau sepertiga kebutuhan asam folat harian. Asam folat atau vitamin B9 ini merupakan zat yang dapat mencegah stres atau antidepresan alami. Folat juga dianjurkan bagi ibu hamil karena bisa mencegah janin cacat lahir.

4. Sumber energi

Kandungan alpukat yang dilengkapi berbagai vitamin B kompleks, termasuk tiamin (B1), riboflavin (B2), dan niacin (B3) dapat menambah stamina dan energi. Kandungan buah alpukat yang kaya niacin dapat melawan peradangan dalam tubuh dan melindungi kesehatan jantung. Hal ini terkait dengan lemak tak jenuh dalam buah alpukat yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, trigliserida, dan tekanan darah.

5. Meningkatkan daya ingat

Alpukat juga mengandung vitamin E yang baik untuk  melindungi diri dari penyakit Alzheimer alias pikun. Seiring bertambahnya usia, daya memori otak akan berkurang dan menurunkan daya ingat serta kemampuan berpikir. Untuk itu, konsumsi alpukat secara rutin dapat membantu mencegah kepikunan. 

6. Memperkuat tulang

Alpukat juga menjadi salah satu buah yang tinggi vitamin K, sehingga baik untuk kesehatan tulang. Kandungan vitamin K pada alpukat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah tulang keropos.

7. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat alpukat yang tak kalah menakjubkan adalah mampu menjaga kesehatan kulit agar lebih awet muda. Ini karena kandungan alpukat yang tinggi vitamin C dan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV dan menjaga elastisitasnya.

Baca juga: 9 Manfaat Masker Alpukat dan Cara Membuat Maskernya

8. Mencegah kanker

Kandungan asam folat dalam buah alpukat juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari kanker usus besar, kanker lambung, kanker pankreas, hingga kanker serviks.

Penelitian menemukan, folat mampu melindungi tubuh dari DNA yang tidak diinginkan. Sehingga, kandungan ini dapat berperan sebagai obat kanker. Fitokimia yang diambil dari buah alpukat juga dapat menghambat pertumbuhan sel prakanker dan kanker dalam waktu bersamaan dan juga meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.

Baca juga: Benarkah Manfaat Alpukat Mentega Lebih Tinggi dari Alpukat Biasa?

Perhatikan ini jika ingin mengonsumsi alpukat

Sebelum mengonsumsi alpukat secara rutin, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu. Pada dasarnya, alpukat cenderung aman untuk dikonsumsi oleh setiap orang. Meski begitu, orang-orang yang memiliki sindrom iritasi usus sebaiknya lebih berhati-hati dalam mengonsumsi buah ini karena berpotensi menimbulkan masalah, seperti diare, kembung, perut bergas, kram perut, atau bahkan sembelit.

Selain itu, mengingat kandungan alpukat yang kaya akan lemak, mengonsumsinya secara berlebihan dalam jangka panjang dapat meningkatkan berat badan Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda menyesuaikan asupan alpukat berdasarkan aktivitas harian Anda dan berapa kalori yang Anda butuhkan dalam sehari.

Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

manfaat alpukat

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved