Kalori Tteokbokki Tinggi, Berikut Manfaat dan Bahaya dari Jajanan Korea Ini


Tteokbokki atau topokki adalah jajanan khas Korea Selatan yang terbuat dari potongan kue beras kenyal, kue ikan, serta telur rebus, yang disiram dengan saus pedas. Di balik kelezatannya, kalori tteokbokki cukup tinggi sehingga sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan.

0,0
13 Jul 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kalori tteokbokki dalam satu porsinya adalah sekitar 330Tteokbokki memiliki kalori yang tinggi
Tteokbokki atau topokki adalah jajanan khas Korea Selatan yang terbuat dari potongan kue beras kenyal, kue ikan, serta telur rebus, yang disiram dengan saus pedas. Kalori tteokbokki tergolong tinggi karena bahan utamanya adalah beras.Salah satu makanan camilan paling populer di Korea Selatan ini cukup mudah ditemukan pada kota-kota besar di Indonesia. Anda juga bisa membelinya dalam bentuk kemasan topokki instan yang bisa dimasak sendiri di rumah.

Kalori tteokbokki dan kandungan nutrisi lainnya

Dikutip dari Nutrition Value, satu porsi tteokbokki sebanyak 250 gram mengandung sekitar 330 kalori. Kalori tteokbokki tersebut terdiri dari 59 persen karbohidrat, 28 persen lemak, dan 13 persen protein.Jumlah kalori yang cukup tinggi ini tidak mengherankan, mengingat topokki adalah makanan berbahan dasar beras yang merupakan sumber karbohidrat. Di samping itu, berikut adalah kandungan nutrisi lengkap pada seporsi topokki instan sebanyak 250 gram.
  • Kalori 330
  • Lemak total 10 g
  • Lemak jenuh 2,3 g
  • Kolesterol 15 mg
  • Natrium 493 mg
  • Jumlah karbohidrat 50 g
  • Serat makanan 2,5 g
  • Gula 4 g
  • Protein 9,8 g
  • Kalsium 50 mg
  • Zat besi 1,05 mg
  • Kalium 250 mg
Tidak hanya kalori tteokbokki yang tinggi, kandungan natrium dan lemaknya juga demikian. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan ini sewajarnya saja dan tidak berlebihan untuk menghindari kenaikan berat badan dan berbagai masalah lainnya.

Potensi manfaat tteokbokki

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi tteokbokki. Namun, mengingat kalori tteokbokki yang tergolong tinggi, sebaiknya konsumsi makanan ini secara wajar dan tidak berlebihan.

1. Sumber karbohidrat

Tteokbokki memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga dapat memberikan energi yang memadai bagi tubuh Anda. Di samping itu, karbohidrat juga membantu menyediakan energi bagi otak, ginjal, otot jantung, dan sistem saraf pusat.

2. Sumber protein

Konsumsi tteokbokki juga dapat membantu memenuhi kebutuhan protein bagi tubuh. Protein memiliki peran penting dalam meningkatkan kesehatan otot, membangun otot, menghilangkan lapar, dan menambah energi.

3. Sumber serat

Seporsi tteokbokki (250 gram) mengandung sekitar 2,5 gram serat makanan yang baik bagi kesehatan pencernaan dan membantu penyerapan berbagai nutrisi di usus.Kandungan serat pada tteokbokki juga dapat meningkatkan bakteri baik dan melindungi sistem pencernaan dari infeksi sekaligus mencegah berbagai gangguan pencernaan, seperti kembung atau sembelit..

4. Sumber zat besi

Kandungan zat besi dalam tteokbokki bermanfaat dalam mencegah risiko anemia karena mampu mendorong produksi hemoglobin dalam tubuh. Mineral ini juga bermanfaat dalam pembentukan otot.Memenuhi kebutuhan zat besi Anda sehari-hari dapat membantu mencegah sejumlah gangguan kesehatan, seperti anemia atau kelelahan kronis.

Bahaya tteokbokki jika dikonsumsi berlebihan

Meski jumlah kalori tteokbokki tinggi, tidak serta-merta makanan ini berbahaya bagi kesehatan. Lagipula, tubuh membutuhkan karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi supaya bisa bekerja dengan baik dan mampu melakukan berbagai aktivitas.Akan tetapi, kalori tteokbokki yang tinggi juga berarti konsumsi makanan ini harus dibatasi. Kandungan natrium atau garam yang tinggi, terutama pada topokki instan, juga wajib diwaspadai. Konsumsi natrium secara berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler, seperti tekanan darah tinggi dan gangguan jantung.Untuk memperoleh manfaat dan mengurangi risiko bahayanya, perhatikan beberapa tips dalam mengonsumsi tteokbokki berikut:
  • Jangan mengonsumsi makanan tinggi kalori sebelum atau setelah mengonsumsi tteokbokki.
  • Sebaiknya pilih tambahan makanan yang kaya protein, vitamin, dan mineral untuk dikombinasikan bersama tteokbokki, misalnya sayur-mayur.
Dengan demikian, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi tteokbokki secara berlebihan atau terlalu sering. Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan tidak sehatkarbohidrat
Nutrition Value. https://www.nutritionvalue.org/Dukboki_or_Tteokbokki%2C_Korean_nutritional_value.html?size=1+cup+%3D+250+g
Diakses 29 Juni 2021
Dr. Health Benefits. https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/food/health-benefits-of-tteokbokki
Diakses 29 Juni 2021
Aspire Fitness Walnut.
https://aspirefitnesswalnut.com/is-tteokbokki-healthy-3-tips-for-weight-loss
Diakses 29 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait