Kalori Telor Ceplok dan Manfaatnya bagi Kesehatan

(0)
02 Jun 2020|Salis Annisa
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Di balik rasanya yang lezat, ternyata kalori telor ceplok tidak terlalu banyakTelor ceplok yang disajikan bersama nasi goreng
Mengonsumsi telor ceplok ditambah dengan nasi hangat dan kecap merupakan serangkaian hidangan yang familiar bagi masyarakat Indonesia. Bagi sebagian orang, menu ini bahkan termasuk ke dalam comfort food mereka karena kemudahan membuat telor ceplok.  Meski sering mengonsumsinya, tahukah Anda kandungan kalori telor ceplok dan manfaatnya bagi kesehatan?

Kalori telur ceplok

Sebuah telor ceplok mengandung setidaknya 97 kalori. 27 kalori berasal dari protein, 71 kalori berasal dari lemak, sedangkan dari karbohidrat tidak ada kontribusi kalori. Berdasarkan kandungan ini, satu telor ceplok memberikan sekitar lima persen dari total kalori harian yang dibutuhkan.Selain kalori, telor ceplok juga mengandung sekitar 184 miligram kolesterol, 95 miligram sodium, dan 70 miligram kalium.

Manfaat mengonsumsi telur

Telur mengandung beragam mineral dan vitamin yang penting bagi pola makan sehat. Di samping nutrisi yang telah disebutkan di atas, sebuah telur juga mengandung 6 gram protein, 5 gram lemak, dan beragam vitamin, seperti vitamin A, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2, dan vitamin E.Selain itu, telur juga mengandung asam folat, fosfor, selenium, zinc, dan kalsium. Bahkan, ada pula telur yang diperkaya dengan omega-3 sehingga kadar asam lemak omega-3 di dalamnya menjadi lebih tinggi. Begitu pula dengan kandungan vitamin A dan E-nya.Berdasarkan ragam nutrisi di atas, berikut manfaat mengonsumsi telur yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan kolesterol baik

Mengonsumsi telur, termasuk telor ceplok, dalam jumlah yang tepat dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi dua butir telur setiap harinya selama 6 minggu dapat meningkatkan jumlah HDL hingga 10 persen.Kadar HDL yang tinggi dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan bahkan masalah kesehatan lainnya. 

2. Memperkuat otot

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, telur mengandung protein yang cukup tinggi. Protein yang ada di dalam telur dapat membantu tubuh Anda dalam memperbaiki dan menjaga kesehatan otot.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tidak hanya dapat memperkuat otot karena proteinnya, telur juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah terkena penyakit. Manfaat ini didapatkan dari kandungan vitamin A, vitamin B12, dan selenium yang terdapat di dalam telur.

4. Membantu menjaga kesehatan mata

Manfaat selanjutnya didapatkan melalui kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin yang ada dalam telur. Kedua nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh manusia untuk menjaga kesehatan mata. Dengan asupan yang cukup, lutein dan zeaxanthin bahkan dapat membantu mencegah katarak dan degenerasi makula.

5. Menurunkan trigliserida dalam darah

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi telur yang diperkaya asam lemak omega-3 dapat menjadi cara efektif untuk menurukan kadar trigliserida dalam darah. Pasalnya, mengonsumsi lima butir telur yang kaya omega-3 setiap minggunya selama 3 minggu terbukti dapat mengurangi kadar trigliserida hingga 18 persen.

6. Menjaga kesehatan janin

Selama masa kehamilan, memenuhi kebutuhkan nutrisi merupakan hal yang penting demi kesehatan Anda dan janin. Mengonsumsi telur, termasuk telor ceplok, dapat menjadi salah satu langkah yang tepat.Pasalnya, telur mengandung asam folat yang dapat membantu mencegah cacat bawaan seperti spina bifida.Supaya mendapatkan manfaat di atas, metode memasak telur juga perlu Anda perhatikan. Cara masak yang lebih sebentar dan tidak terlalu panas, dapat menurunkan oksidasi kolesterol sekaligus membantu mempertahankan sebagian besar nutrisi telur.  Semakin lama dan semakin panas Anda memasak telur, maka akan semakin banyak nutrisi yang hilang. Selain mengonsumsi telor ceplok, Anda juga dapat beralih ke telur rebus sebagai alternatif yang lebih sehat. Kandungan kalori telur rebus juga lebih rendah jika dibandingkan telor ceplok.
makanan sehattelur
Tarladalal
https://www.tarladalal.com/calories-for-Sunny-Side-Up-Eggs-Breakfast-Recipe-42311
Diakses 20 Mei
Nutritionix
https://www.nutritionix.com/food/eggs-sunny-side-up
Diakses 20 Mei
Healthline
https://www.healthline.com/nutrition/10-proven-health-benefits-of-eggs#section1
https://www.healthline.com/nutrition/eating-healthy-eggs#The-bottom-line
Diakses 20 Mei
Medical news today
https://www.healthline.com/nutrition/eating-healthy-eggs#The-bottom-line
Diakses 20 Mei
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait